Review Harian Yamaha MT-09, Ini Point MMBlog Dari Berbagai Variabel Riding!

16

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel review harian Yamaha MT-09. Setelah beberapa hari yang lalu MMBlog bikin dua artikel mengenai impresi berkendara dan juga reliabilitasnya untuk penggunaan harian, sekarang saatnya ngereview motor ini secara detail berikut dengan penilaian point ala reviewer (gaya bener dah 😆 ). Selama satu minggu berkendara dengan Yamaha MT-09, udah cukuplah untuk membuat sebuah penilaian sederhana. Oke deh lanjut yuk ke variabel-variabel berikut penilaiannya.

Riding Ergonomic

Ergonomi Yamaha MT-09 kalau dirasakan secara mendalam, jatuhnya kepada ergonomi yang nyaman tapi unik. Gak ada istilahnya badan membungkuk ke depan, tegap masbro. Setang lebar, tinggi, bikin bahu membuka, tapi tetep rileks. Jokpun nyaman, slim di area rider tapi agak melebar di area boncenger. Footpeg jaraknya jauh dari jok, membuat legroom lega. Berkendara dengan Yamaha MT-09, 3 jam Non-Stop pun enggak capek, ya saran sih riding yang oke tiap 2 jam sekali berenti, biar gak berkurang fokusnya.

Point : 4.5 dari 5 Bintang

Handling dan Suspensi

Unit yang MMBlog pakai milik YIMM ini sudah menggunakan Ban Pirelli Rosso, jadi handling bisa dibilang superb, lengket, dan presisi. Ada banyak reviewer yang bilang kalau suspensi depan motor ini relatif smooth dan lembut, hmm, mungkin kalau diajak rebah ekstrim baru kerasa kali ya? kalau riding biasa aja diperkotaan sih nyaman-nyaman aja. Suspensinya enggak terlalu keras, juga enggak empuk-empuk amat, tapi kalau boncengan, baru kerasa empuk. Manuver-manuver di kota mah eceesss!

Point : 5 dari 5 Bintang

Performa Mesin

Mesin 3 silinder, 850 CC, Crossplane, menggunakan knalpot Leovince Full System, performa motor ini bener-bener…. aahhh, sudahlah, gak perlu diragukan atau dipertanyakan lagi gimana menyenangkan dan liar-nya! Menggunakan mode B, motor jadi asyik dibawa santai, mode standar, asyik untuk Sunmori dan touring, Mode A??? Anda suntuk? Silahkan pakai mode ini! Gigi 1 bisa 111 km/jam, tanpa kesulitan sama sekali!

Point : 7 dari 5 Bintang (malah kebanyakan nih)

Built Quality

Jempolan! Khas Yamaha, built like a tank!

Point : 4,5 dari 5 Bintang

Lain-Lain

Motor ini ringan banget Sob, pendek pula joknya, bener-bener enggak nyusahin. Speedometer tampak mungil di setang, jadi terkesan kayak speedometer variasi, tapi asli lengkap banget instrumennya! Mulai dari speedo, rpm, suhu mesin, suhu lingkungan, trip a dan b, terus ada juga MID, jam, indikator gigi, lengkap dah! Dipantaunya juga gampang, baik dibawah terik matahari atau pas malam hari. Tuas kopling enggak empuk-empuk amat tapi juga enggak keras, rem pakem banget, spion mirip sama yang dipakai oleh MT-25, area belakang clear dipantaunya. Suara tiga silindernya khas, padet banget dengan kesan serak gahar. Intinya sih oke banget ini moge Sob, gak heran laku keraassss!

Udahlah, pokoknya ini motor FIX jadi motor favorit MMBlog masbro. Hmm, kayaknya impian moge nambah lagi nih,MT-09? Sepertinya nanti Yamaha XSR900 juga gak kalah menarik niiiihhh! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah! next, MMBlog bikin artikel komparasi dengan para rival yah! nantikan masbro!

instagram

Villa Kanaya

16 COMMENTS

  1. Yg paling favorit sih emang bobot ketinggian sama enginenya
    Tinggi sama Bobot mirip bawa motor 250 gak kagok buat harian dan selap-selip perkotaan cocok buat ukuran umum rider indo plus engine yg bener” mengagumkan walaupun sih tangan kanan kudu halus banget melintir trothle nya
    Oh iya ngalamin gejala trothle lagi gak om?
    Ane soalnya ngerasa sedikit di unit punya temen ane

    • Haha, iya emang ada kayak gitu. Itu istilahnya snatchy, kayak MV agusta juga banyak kayak gitu

  2. Bwaaangg.. Ini motor kalo eike liat kayanya kok kecil banget ya bwaaang.. kira-kira klo dinaiki sama orang bule kaya apa y? Jarang liat orang bule kita bwang.. “Haloo mister”

  3. kalo reviewer luar bilangnya masalah ini motor ada di sensitivitas throttlenya.. kudu biasa dulu pergelangan tangan kanannya.. kalo nggak gampang ndut2an.. macam JupiMX 135 gen1 lah

    • Buatan YIMM bagus juga kok.. diantara brand2 lainnya produk yamaha termasuk yg bagus finishing dan built quality nya. Sdh masuk pasar eropa jg lg kan produk2nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here