Lebih Dekat Dengan Honda CBR600F, Sport Touring Ganteng! – Galeri

17

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang udah MMBlog mention di artikel baru-baru ini kalau MMBlog lagi ada tamu istimewa yaitu Honda CBR600F. Motor ini adalah motor yang unik, super langka, dan spesial di Indonesia. Alhamdulillah, MMBlog udah riding menggunakan motor ini selama beberapa hari dan impresi berkendaranya sudah MMBlog dapatkan. Sebelum artikel impresi ridingnya, di artikel ini MMBlog akan bahas secara detail mengenai motornya, Honda CBR600F 2011, alias Honda CBR600F generasi terakhir yang dibuat oleh Honda. Di generasi terakhir ini, kelihatan banget Honda ngasih motor yang spesial untuk edisi perpisahan.


Sebelumnya lagi nih ya, MMBlog udah pernah ngulas mengenai Honda CBR600F. Link udah MMBlog taro di bawah ya. Jadi untuk sejarahnya, temen-temen bisa klik aja link di bawah nanti, jadi fokus kita akan bahas Honda CBR600F last gen ini sebelum diganti sama Honda CBR650F Made in Thailand. Pertama-tama, Honda CBR600F ini adalah unit yang hanya diproduksi sama tiga tahun, dari tahun 2011-2013. Kayaknya, Honda agak sayang ngebiarin mesin hebat di Honda Hornet 600 kalau enggak dijejelin di body dan ergonomi motor sport, jadilah Honda CBR600F!


Pertama bahas desain. Honda CBR600F adalah motor sport yang ganteng. Motor ini enggak gede-gede amat, bahkan sama Ninja 250 baru aja gedenya sama, wkwkwk. Area depan sampai belakang tampil mengalir proporsional dan enak dilihat. Lampu depan, khas Sport Touring Honda yang menggunakan Single Headlamp. Terkesan lebar, simpel, futuristik, dan bersahabat. Area tengah ada tangki yang bentuknya oval memanjang dan disambut sama jok yang menyatu antara rider dan penumpang, gak lupa ada setang jepit yang posisinya. Menarik! Area samping ada fairing yang enggak full banget nutupin body layaknya supersport, Area knalpot masih terekspose soalnya. Di bagian buntut, terlihat simpel dengan stoplamp yang berbentuk diamond, serta ada coakan untuk grip ketika pengen dorong motor, mantab! Instrumen full digital dengan bentuk yang memanjang dan sempit tapi gampang buanget dipantau, kecuali takometernya yah, hehehe.


Sekarang bahas kaki-kaki. MMBlog bilang motor ini menggunakan kaki-kaki yang superb di kelasnya. Suspensi depan menggunakan suspensi upside-down, UPSIDE DOWN ASLI, BUKAN MODIF, FULLY ADJUSTABLE. Dengan dilengkapi oleh kaliper rem nissin tiga piston, jadi total ada enam piston di rem depan, WOW! Secara tampilan-pun amat sangat atraktif karena menggunakan warna emas. Suspensi belakang menggunakan suspensi monoshock yang bisa disetting. Remnya depan belakang sudah menggunakan rem combined ABS, sebuah perangkat pengereman yang safety, hmm, kaki-kakinya superb yah untuk motor 600 CC non supersport! Ban depan 120, ban belakang 180, ban standar moge lah.

Sekarang ngomongin mesin, ini motor menggunakan mesin 600 CC empat silinder, dengan bore x stroke 67 x 42.5 mm, wuah, overbore banget ini, bahkan ukuran borenya lebih lebar ketimbang Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer. Rasio kompresinya 12 : 1, klaim Honda, motor ini bisa mengeluarkan tenaga maksimum hingga 102 daya kuda! Mantaaab! Mesin motor ini mendapatkan update menarik dari mesin generasi sebelumnya macam profile cemshaft, per klep yang di double, hingga piston dan plat kopling yang ditambah satu pcs, wah joosss! Mesin model begini adalah mesin yang napasnya panjang, dan high-revv! Untuk review mesinnya bakalan MMBlog ulas di artikel test ride yak!

Intinya sih, ini motor spesial banget Sob. Masterpiece lah. Apalagi yang bikin ini motor adalah Honda Italia, Ngerih! Gimana? Ada komentar? Oke deh, semoga kepengen yah!

Honda CBR600F4i, Supersport Bekas Yang Menarik! Kalau Ada Unit Seken Terlebih Nastro Azzuro, SIKAT!

17 COMMENTS

  1. shape lampu depan ada aroma CBR 150/250 cbu yang sering di-cengin dengan julukan “syempak bercahaya” … tapi ane demen nih model jok tandem khas tourer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here