Konsumsi Rerata Bensin Moge Empat Silinder, Jangan Harap Bisa Lebih Dari 1:18 !

13

Sobat MMBlog sekalian, menarik membaca artikel konsumsi bensin Moge yang dibahas sama blogger senior Om Kobayogas di SINI. Beliau di artikel ini membahas mengenai konsumsi bbm dari Suzuki GSX-S1000F yang dipinjamkan oleh PT SIS. Catatan terbaik pernah diraih oleh di konsumsi bbm 1:22, dan paling parah 1:13. MMBlog pribadi, sebenernya udah ngetest juga konsumsi bbm-nya, kalau MMBlog yang bawa, mau kenceng mau santai di MID hasilnya 1:11, wkwkwk, coba isi full to full juga sama, 1:11 lebih dikit, terus konsumsi bbm moge emangnya bener segitu?

Betul Sob, selama ini ada lumayan banyak yang nanya berapa sih konsumsi bensin moge-moge empat silinder? Rata-rata gak bisa lebih dari 1:17 ! Mas Moel itu, kalau dipake harian, dengan gaya riding yang santai, kena macet, konsumsi bensinnya 1:15. MMBlog udah melakukan beberapa kali pengujian, ya hasilnya segini-gini aja. Kalau baca di forum, bisa tembus 1:18, kok irit? Ya iyalah, disono kan motor bisa masuk tol. Gigi 6 lari 110 kilometer perjam ya pastinya irit ajeee, efisien itu bensin sama putaran mesin dan kecepatan.

Yamaha MT-09 malah masih lebih bersahabat, bisa 1:17 atau 1:18, motor ini punya torsi yang asyik, makanya gak terlalu butuh putaran mesin tinggi untuk bisa lari kenceng duluan. Suzuki GSR750 juga mendingan nih motor, bisa 1:18-an. Suzuki GSR600 malah lumayan hausnya tuh 1:13/14 , wkwkwkwk. Susah kalau pake mesin supersport mah, rata-rata pada haus motornya Sob, apalagi kalau demen melintir gas sampai 10.000 – 12.000 baru shifting, udah dah, swoooooooorrrrrr !!!

kalo ini mah irit

Kalau dua silinder ya beda, ER6n, CB500, dll, konsumsi bensinnya bisa di atas 1:20. Mayan irit, malah bisa lebih irit dari yang 250 CC. Lagi-lagi ya itu, karena torsinya bagus! Pelintir gas dikit aja, motor udah melaju cukup kencang. Oke dah, sebenernya kagak oke sih ngebahas konsumsi bensin motor gede, tapi berhubung banyak yang nanya, ya kurang lebih segitu dah. Jarang ada yang bisa lebih dari 1:18, kalau sampai ada ya keren banget! Mungkin kalau ketemu lampu merah, motor di matiin, terus kalau ketemu pintu kereta, motor didorong 😆 . kalau ini baru bisa irit buanget!

 Semoga berguna yah!

13 COMMENTS

  1. kunci iritnya, torsi bawah gede, tangan kanan gak sering “kepleset”, sama kaki kiri jangan kelamaan “diem”

    jadi moge yg ideal buat harian itu moge 2 silinder keq honda 500-series, kawasaki 650-series, dkk kah?

  2. Bwang…. mau tanya nih bwang. kan situ udah pernah nyobain HD, kan HD itu rerata kompresinya rendah. Bisa is premium gak bwang??
    Maksasih ya bwaangg

  3. z800… gigi 6 rpm 4000 bisa dapet 25 km/lt lebih… itu sudah lari 80-an km/jm … kalau doyan ngebut mah ga sampek 20 km/ltr…

    • Iya, itu kalau di MID mas, udah coba itung real? Fullin, jalan dengan jarak 100 km, abis itu isi lagi, pasti gak sampe 1: 25

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here