Komparasi Yamaha MT-09 VS Rival – Honda CB650 – Kawasaki Z800 – Suzuki GSR750

8

Sobat MMBlog sekalian, ada request terhadap MMBlog untuk bikin artikel komparasi Yamaha MT-09 VS Rival. Oke deh, kebetulan, semua motor udah pernah MMBlog review secara komprehensif. Impresinyapun masih anget banget di memori otak, gak perlu loading lama-lama untuk mengingat kembali. Adapun motor-motornya adalah Honda CB650, Suzuki GSR750, dan Kawasaki Z800. Sebenernya menarik kalau dibandingkan sama Triple Eropa kayak Brutale dan Triumph Street Triple, tapi nanti dah, di artikel terpisah aje kali yee. Lanjut masbro!

Yamaha MT-09 VS Honda CB650F

Konyol sih sebenernya ngebandingin dua motor ini, wkwkwkwk. Tapi mau gimana lagi, Honda kan enggak punya varian empat silinder atau tiga silinder di rentang CC 750 – 900. Malah Honda CB650F bagusnya ditandingin sama Yamaha MT-07. Kalau mau tetep dibahas, ya jauuuhhh lahhh, Honda CB650 jelas lebih inferior ketimbang Yamaha MT-09, dari power, handling, control, Yamaha MT-09 ada di atas angin. Paling unggulnya di sektor “light” aja. Khas Honda lah, shifting ringan dan halus, mesin juga kayak angin, enteng, selebihnya, gak sepatutnya dibandingkan walaupun AHM menjual motor ini hanya lebih murah 20 juta dari Yamaha MT-09 (235 Juta VS 250 Juta). Ya entah kenapa bisa jadi segitu harga CB650F, kagak ngarti sayah 😆 .

Yamaha MT-09 VS Suzuki GSR750

Ini baru boleh diadu! Masih dalam taraf satu kelas. 750 CC empat silinder, VS 850 CC tiga silinder. Mesin Suzuki GSR750 juga turunan dari GSX-R750, jadi siap tempur! Kalau dibandingkan gimana? Lagi dan lagi, Torsi parah Yamaha MT-09 disini unggul mutlak! Suzuki GSR750 memang punya tenaga yang juga besar, motor juga kencang, tapi hentakan tenaga masih berasa lebih smooth. Perkara mesin, MMBlog pegang Yamaha MT-09, lebih entertaining dan ini mesin baru! Handling? Kedua motor sama-sama menggunakan suspensi Upside-Down. MMBlog pribadi sih ya, lebih mudah dan lebih ringan belok menggunakan Suzuki GSR750. Mungkin karena faktor ergonomi juga, Suzuki GSR750 punya ergonomi yang natural ala Nakedbike, sedangkan Yamaha MT-09 lebih unik dengan style ala hibrid motard dengan roadster. Perkara pengereman? Beda jauuhhh! Rem Yamaha MT-09 lebih greget! Selain Radial, Kalipernya juga ada empat piston. Rem Suzuki GSR750 berasa Soft, bukan berarti enggak pakem ya, tapi ngerem pake Yamaha MT-09 lebih enak. Perkara Fun To Ride, Yamaha MT-09 lebih entertaining, kalau Suzuki GSR750 seperti yang pernah MMBlog bahas sebelumnya, kelewat sempurna jadi ya begitulah Sob.

Yamaha MT-09 VS Kawasaki Z800

Inilah mungkin rival Jepang Yamaha MT-09 yang head-to-head, hanya perpaut 40an CC dan beda jumlah silinder satu biji, wkwkwkwk. Tapi lagi dan lagi, urusan variabel riding, MMBlog lebih demen dan lebih pegang Yamaha MT-09! Kawasaki Z800 itu perkara bobot yang bikin dia jadi ribet dikendaliin di low speed, udah gitu, default tinggi jok motor ini kurang bersahabat sama rider yang tingginya kurang dari 170 cm. Perkara tenaga, Kawasaki Z800 punya akselerasi yang lumayan heboh, tapi MMBlog tetep ngerasa kalau Torsi MT-09 lebih nendang dan megang di bawah Sob. Kawasaki Z800 unggul kalau ngomongin tampilan moge yang full size, karena Yamaha MT-09 secara dimensi emang relatif mungil dan slim. pengereman pun sama kayak GSR750, rem Kawasaki Z800 enggak heboh-heboh amat, sedangkan rem MT-09 berasa lebih presisi dan gigit! Kawasaki Z800 disini tampil lebih dominan karena faktor harga, seperti yang temen-temen ketahui, kalau tahun muda Kawasaki Z800, harganya hanya 150-160 jutaan. beda sama MT-09 yang harga sekennya pun masih lumayan tinggi, inilah, kalau jual moge dpakein kuota, hehehe.

Terus, MMBlog pilih mana? kalau ada urutannya, pertama MMBlog pilih Yamaha MT-09 (kalau ada malah XSR900, huehehe), terus Suzuki GSR750, baru Kawasaki Z800. Oke dah, sekian, terima kasih, dan semoga bisa nambah referensi temen-temen yah!

8 COMMENTS

  1. moge kawasaki banyak klub dan tempat service… itu mungkin jadi point berbeda.. terutama di kota kota yg tidak terlalu besar… dan mungkin karena bener bener Big Bike…

  2. Kawi Z900 kan sudah ada, dan banyak sekali upgradenya, bahkan bobotnya lebih ringan dibanding Z800, mungkin komparasi vs MT09 jadi lebih fair tuh mas

    • Ini jg bukan MT09 yg terbaru mas.. meski cm beda styling aja tp ada lah mngkin dikit2 update dari generasi ini.. fair lah kalo menurut saya karena sama2 generasi yg berdekatan

  3. Kenapa strategi harga Kawasaki itu aneh ya?
    Kalo dibanding kompetitor mogenya lebih murah, mocilnya (250cc ke bawah) malah lebih mahal.
    Menarik untuk dibahas tuh..

    • Iya nih menarik banget di bahas harga” moge kawasaki itu worth it, beda jauh di banding moge Ahm yg over price bangett..
      Kalo moge yamaha standar lah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here