Komparasi Honda CBR650F dan Honda CBR600F, CC Lebih Kecil Malah Lebih Superior!

10
yang 650 aja masih bohlam biasa dan teleskopik

Sobat MMBlog sekalian, setelah MMBlog membuat artikel mengenai impresi berkendara menggunakan Honda CBR600F, gak sedikit temen-temen yang nyangka kalau motor ini adalah Honda CBR650F yang dimodifikasi. Oalaahh, beda kang mas, beda jauh! Dua motor ini adalah motor yang berbeda sama sekali. Memang, secara tampilan 11-12 alias mirip-mirip, tapi feel berkendara dan impresinya amat sangat berbeda masbro. Yuk, kita bahas bareng-bareng dari berbagai aspek.

Tampilan

CBR650F Dirumah Mbah

Ini emang mirip-mirip, tapi kalau temen-temen lihat langsung, kerasa lho kalau Honda CBR600F punya fairing depan yang lebih lebar. Udah gitu, lampu depannya juga lebih lebar dan lebih sedikit “muka sempak” 😆 . Honda CBR650F, punya cowling atau belly pan plastik di bagian bawah mesin, sedangkan Honda CBR600F, enggak ada cowling, adanya malah katalis yang gedenya luar biasa, wkwkwk. ini motor sasisnya juga beda Sob. kalau bukan moge enthusiast yang demen nyari-nyari info sih pasti fahamnya Honda CBR600F adalah Honda CBR650F.

renyah

Mesin dan Performa

Kalau tampilan boleh 11-12, nah performa mesinnya beda jaaauuhhh! Di atas kertas, Honda CBR600F unggul mutlak ketimbang Honda CBR650F! Tenaganya terpaut 17 HP! CBR600F punya tenaga puncak 102 HP, sedangkan CBR650F hanya 85 HP! Bore piston motor ini sama, 67 mm, tapi langkahnya beda, CBR650F langkahnya lebih panjang. Makanya, torsinya lebih dapet 1Nm ketimbang Honda CBR600F. Terus gimana kalau dirasain.

Seperti yang MMBlog ceritain sebelumnya, kalau Honda CBR600F agak sedikit malas berakselerasi di putaran bawah. Sedangkan Honda CBR650F lebih spontan dan lebih responsif! Tapi, Honda CBR650F punya limiter rpm yang rendah, jadi sebentar aja udah gampang kecekik limiter, napasnya pendek, beda sama Honda CBR600F yang bisa ngitir sampai 14.000 rpm, wuiihh, tengah atasnya enak banget! Power bakalan nyentil-nyentil enak di tengah atas masbro. Keduanya, khas Honda, punya karakter mesin yang halus Sob. MMBlog udah jajal keduanya lho Sob.

Ergonomi

Pas sama dimensi MMBlog yang Indonesia banget

Ergonomi kedua motor bisa dibilang mirip-mirip, tapi Honda CBR600F berasa lebih in the bike masbro. Kalau CBR650F lebih ke sport touring banget.

Pengereman

lihat berapa piston kalipernya

Pengereman kedua motor sama-sama baik, Cuma honda CBR600F punya daya dan kinerja pengereman yang lebih presisi dan greget! Ya iyalaaahh, kaliper rem depannya ada 6 piston, sedangkan CBR650F hanya 4 piston.

Suspensi dan Handling

Jelas, suspensi Honda CBR600F lebih mumpuni, suspensi depannya menggunakan suspensi upside-down yang bisa disetel alias fully adjustable, Honda CBR650F menggunakan suspensi teleskopik konvensional biasa. Untuk handling, Honda CBR600F juara tak terbantahkan, tapi untuk kenyamanan, MMBlog lebih suka Honda CBR650F Sob.

Built Quality

Buatan Italia VS Buatan Thailand kayaknya udah gak usah dibandingin dah. Apalagi Honda CBR600F adalah motor edisi perpisahan 😆 biasanya yang begini ini dikasih superb banget masbro (kenyataannya juga gitu sih).

Oke deh, semoga bisa nambah wawasan temen-temen yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

10 COMMENTS

  1. Mesinnya cbr600rr kah?? Output power cbr600rr lama jg segitu kan, btw ini honda di wss make engine ini buat ngelawan r6 n zx6 ya klo yg 600rr udh usang???

  2. nafasnya gampang ke cekik? mirip ama CBR150RR donk, baru oper gigi udh keluar duluan n minta oper gigi terus begitu sampe gear 6. ibaratnya blm menuju puncak udh kluar. alias letoy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here