Safety/Defensive Riding Course Untuk Moge Bareng YRA, Kudu Sering-Sering Nih!

3

Sobat MMBlog sekalian, pada tanggal 18 Februari 2018 , hari Minggu, MMBlog bersama dengan temen-temen dari komunitas CBU Yamaha dan temen-temen dari YROI, mendapatkan kesempatan untuk belajar riding yang oke dan benar dari Yamaha Riding Academy (YRA). Acara ini, dikhususkan untuk rider CBU Yamaha, karena memang, berkendara moge itu selain harus rutin, tentunya perlu juga lho Sob ada pelajaran normatif-nya baik itu teori ataupun praktek.

Acara ini dilaksanakan di Pabrik Cargloss di bilangan Citeureup, Bogor Jawa Barat. MMBlog riding kesana menggunakan Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer. Eh, ternyata di sana sudah disediakan hampir semua line-up sepeda motor Yamaha mulai dari Yamaha MT-09, Yamaha MT-09 Tracer, T-Max, Yamaha R6, WR250, X-Max, R25, dan MT-25. Acara dimulai dengan coaching clinic oleh Mas Arifin dari YRA. Dalam kesempatan kali ini, tentu pembahasan dititik beratkan kepada sebuah pemahaman tentang diri rider itu sendiri, pemahaman tentang motor, dan kesiapan sebelum berkendara.

MMBlog ngerasa, tiap ada coaching gini, pasti ada ilmu tambahan yang masuk. Intinya, rider, motor, semuanya harus dalam kondisi prima dan sehat. Dijelaskan juga mengenai tata cara dan etika touring/riding berkelompok yang bener. Yang paling berkesan sih mengenai jarak aman, untuk jarak aman berkendara sama kendaraan di depan, menurut Mas Arifin adalah dua detik. Cara ngitungnya gimana? Sebut aja “seribu satu” kalau setelah ngomong “seribu satu” kita ada diposisi kendaraan di depan, berarti itu jaraknya satu detik, tambah lagi “seribu dua”, itu dua detik.

Kelar dari coaching, langsung ke tempat praktek. Asli deg-deg-an euy 😆 . di tempat praktek, ada Mas Setyo Suyarko yang udah gak asing lagi sama MMBlog, wong tiap test ride/undangan motor baru beliau selalu hadir, hehe. nah, di area praktek ini, diajarin gimana caranya ngerem yang efisien, smooth, dan safety, gileee, selama ini MMBlog ngerem serampangan berarti Sob, jiakakakak. Yang benernya paling pake dua rem, rem depan dan rem belakang aja 😆 . abis itu slalom, nah slalom ini juga menarik karena kita gak perlu “olah badan untuk” menari bareng motor, cukup dengan hentak dan kendorin gas doang, mantaaap!

Lastly, MMBlog apresiasi penuh acara ini, karena emang riding menggunakan bigbike atau moge itu perlu yang namanya latihan selain emang kudu rutin riding. Mantaapp, akhirnya bisa jajal moge Yamaha kayak Tracer 900 sama MT-09, mantaaap! Review nyusul yah Sob!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here