Intermezzo : Motor 150/250 CC Pakai Knalpot Moge, Bisa Bersuara Kayak Moge Gak?

8
empat silindernya euy

Sobat MMBlog sekalian, suara motor empat silinder inline emang mempesona. Merdua, halus, tapi kalau di tarik, direvving, suaranya bisa melengking dahsyat namun tidak bikin telinga sobek. Nah, berangkat dari hal ini, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan email dari seorang rider muda yang nanya “Bang, kalau motor saya pakai knalpot ori R6 atau GSX600 bisa bersuara kayak GSX600 atau R6 nya gak Bang? Motor saya 150 CC bang”. Kadang bingung juga sama pertanyaan model begini, ini nanya serius, atau cuman iseng yah? okelah :mrgreen: :rockon:

empat silinder segaris

Knalpot moge standar saat ini memang cukup mudah dijumpai di situs jual beli online. Harganyapun relatif murah. Tampilan juga oke. Gak heran, knalpot-knalpot ini bakalan memancing reaksi orang yang “awam” dengan motor. Kalau MMBlog disuruh menjawab pertanyaan di atas, pastinya jawabnya “Ya, enggak bisa bro” :’( maaf ya. kalau motor 150 CC, satu silinder, dipasang knalpot motor 600 CC empat silinder, ya suaranya tetep kayak motor standarnya aja, dum dum dum dum..

Dulu pernah MMBlog lihat ada Ninja 250 yang menggunakan knalpot Gixxer 600. Ya suaranya tetep kayak Ninja, cuman lebih agak ngebass, gak sesenyap kalau pakai knalpot standar Ninja.

empat silinder!

Ya ini artikel intermezzo aja. Di luaran sana, ternyata memang masih ada yang bener-bener awam banget perkara motor. Tapi jujur, waktu awal-awal make motor, MMBlog juga sempet mikir, bisa gak ye Eliminator guwe bersuara kayak Harley? Atau Shogun gue bersuara kayak Bandit? 😆 ya, gak bisa disalahin juga lah, semuanya butuh proses, butuh pembelajaran. Nah, mudah-mudahab dengan artikel ini, sedikit bisa ngasih “kepastian” kalau suara motor yang merdu itu cuman bisa keluar kalau ada empat piston, empat silinder, dan empat header knalpot.

Selamat istirahat ya Sob!

8 COMMENTS

  1. wkwkwk.. polos bener itu bang. 😂

    Tapii…. ya bisa si 250cc kalau itu mesinnya kayak Benelli TNT 250 (untuk ukuran motor yang dijual di Indo yang umumnya 250 2 sillinder segaris) *peace*

  2. Bisa lah, asal semua leher kenalpot bisa pas masuk ke lubang buang dari mesin dan tanpa udahan pada mesin atau kenalpot, klo ada udahan ya ga bisa :v tuh gak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here