Musim Hujan, Banyak Yang Harus Disiapkan! Perhatikan Kondisi dan Usia Ban!

5

Sobat MMBlog sekalian, bisa dibilang dari 2 bulan yang lalu, negeri kita tercinta ini sedang mengalami musim penghujan. Bagi bikers, musim ujan adalah musim yang penuh tantangan, beresiko, dan perlu perhatian khusus. MMBlog bikin artikel ini, karena sempet ngelihat ada rider ER6n yang crash ketika touring. Terlihat jalanan basah, becek, pas belok ke kanan, motorpun rebah dan masuk jurang. Beritanya sih Alhamdulillah, rider aman Sob. Nah, kalau begini ada beberapa yang perlu diperhatikan masbro, paling kentara sih Ban sama Rem Sob.

Kalau rem, tentu rem ABS akan sangat menolong dan safety. Tapi kalau motor temen-temen belum ABS, ya di ABS-ABS-in deh, wkwkwkwk. Pastikan kampas rem masih empuk diajak ngerem, presisi, dan predictable. Nah yang penting lainnya itu Ban! Ban kalau bisa dipastiin dah Sob. Umur ban jangan lebih dari 3 tahun, 3 tahun maksimal, lebih dari itu, itu ban udah kayak lendir belut sawah, licin! Apalagi udah botak, beneran bahaya dah, ngilu! MMBlog pernah jajal moge yang pake ban 4 tahun, tapi itu bannya masih baru, itu aja berasa licinnya, hmm. Cari juga yang kembangannya gak akur sama air, yoih, bisa dengan baik ngebuang air dari permukaan ban.

Limitasi juga penting. Namanya ujan jangan over-pede. Jangan pecicilan, udah santai aja lah. Coba bersahabat sama kecepatan. Kalau becek doang mungkin kita masih bisa ngira-ngira karena visibilitas bagus, tapi kalau ujan juga gimana? Even itu gerimis, pandangan rider juga pasti enggak bagus-bagus amat. Faktor jalanan juga enggak oke, aspal yang tadinya lengket, bisa jadi licin karena ada air yang mengandung pasir atau tanah merah. Kalau udah begini, yaudahlah, maksa sama dengan nyungsep. Buat ridernya, ya macam jaket anti air adalah satu hal yang wajib dibawa dan digunakan. Sarung tangan sama sepatu basah mah biasa, hajar aja.

Intinya kudu lebih ya hati-hati Sob. Artikel reminder juga nih. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

5 COMMENTS

  1. Setuju… Jadi inget tahun lalu touring surabaya-tawangmangu-lanjut wonogiri- Pacitan. Hujan sejak tawang mangu -wonogiri-pacitan 4jam lebih. Jalur pegunungan yg asyik jadi serem gara-gara air hujan mengalir bercampur pasir di sepanjang kelokan. Tambah lagi kondisi ban udah usia 4 tahun πŸ˜‚…beberapa kali slide untung masih diberi keselamatan. πŸ™

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here