Kopling Keras, Bagaimana Solusinya?

3

Sobat MMBlog sekalian, salah satu hal atau value menarik dari sebuah motor sport adalah tuas kopling yang ringan. Sekarang, bisa dibilang, hampir semua motor sport, baik itu 150 CC, 250 CC, hingga moge-moge sekalipun, koplingnya pada ringan-ringan. Berbagai fitur diterapkan di sepeda motor mereka, mulai dari lekukan kabel yang sedemikian rupa efisien gesekannya, hingga penggunaan assist dan slipper clutch yang bikin kopling motor 900-1000 CC sekalipun rasanya udah kayak kopling motor 100 CC ringannya, tapi bagaimana jika temen-temen menemui unit sepeda motor bekas, bagus, tapi secara default, motor ini koplingnya keras? Take it or leave it? Kalau MMBlog sih Take it!

Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 adalah motor yang punya default kopling keras. Awalnya, MMBlog kirain motor ini koplingnya keras karena Mas Moel adalah motor tidur alias enggak pernah dipake, wong kabel throttle-nya aja pas MMBlog boyong ke rumah agak seret-seret keras gitu kok. Tapi setelah di service sedemikian rupa, enteng lagi throttlenya. Tapi gak begitu sama kabel kopling, udah dibersihin, udah dilumasin, masih aje keras, wkwkwk, bagaimana inih? Semua yang nyoba remes koplingnya pasti bilang koplingnya keras banget! Oke, coba investigasi di forum.

kopling hidraulik

Walah, ternyata emang, secara standar, Yamaha FZ6 Fazer adalah motor yang heavy clutch! Koplingnya lebih keras ketimbang motor lainnya, ya sudahlah kalau begitu. Kopling keras ini disebabkan oleh gesekan yang ada di kabel bagian tengah yang mana, disitu ada selongsong besi yang berbelok, hmm.

Kalau lagi riding gak macet sih enak-enak aja Sob, lupa dah kalau koplingnya keras. Tapi, pas mulai macet, apalagi stuck setengah sampai satu jam, dijamin, tangan kiri lumayan berasa kebas dan pegal, jari-jari bener-bener kayak fitness! SOlusinya? Temen-temen kudu pakai Gloves atau sarung tangan yang nyaman, non-protektor, tapi punya bahan dan kontur yang tebal di bagian tapak tangan dan jari-jari. Kedua, temen-temen kudu latihan atau work-out dengan latihan meremas tangan kiri dengan strengh grip, at least, lakuin 50-100 bejekan setiap hari, wkwkwkwk. Alat ini bisa dibeli di toko olahraga.

MMBlog selalu menerapkan hal ini, hasilnya? Lumayanlah, tangan kiri jadi lebih setrong! Riding jadi gak banyak ngeluh lagi, wkwkwk. Ini solusi buat ngirit, kalau mau canggih ya, silahkan modif hidraulis (walaupun malah bisa ngasih masalah lain kalau mesinnya kepanasan, koplingnya ngelos), atau pasang tuas kopling Accosato atau Galespeed, minimal 5 jutaan dah 😀 . oke deh, semoga berguna yah!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here