Email Pembaca : Honda CBR250R Seken atau Kawasaki Ninja RR Mono Seken? Ini Pertimbangannya!

24

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu MMBlog mendapatkan surel dari Bro Wahyu yang isinya menanyakan preferensi MMBlog mengenai dua motor, Honda CBR250R atau Kawasaki Ninja RR Mono. Kedua tentu yang dipengenin yang seken atau bekas. Kalau CBR250R sih udah jelas hanya ada unit seken, tapi Ninja RR Mono masih ada unit barunya tuh. Oke deh, MMBlog coba kasih pandangan ya Sob.

Honda CBR250R

Honda CBR250R adalah motor 250 CC yang sebenernya bener kata AHM, paling cocok untuk dipakai di jalanan Indonesia pada umumnya. Motor ini punya karakter ergonomi yang nyaman untuk kelas motor fairing dan setang jepit. Bahkan MMBlog pribadi yang agak susah berdamai sama motor sport aja bisa berlama-lama riding dengan motor ini Sob. MMBlog pernah riding Jakarta – Serpong – Pejaten – Matraman, berboncengan dengan Ibu Negara, dan hasilnya? Enggak pegel lho. Joknya juga empuk baik itu yang untuk rider ataupun yang untuk boncenger. Jadi, untuk yang demen motor sport nyaman, ini adalah sebuah jawaban.

Luar biasanya, ini motor juga iritnya ampun-ampunan! Bagi MMBlog yang biasa bawa motor 650 CC, matik karbu, dan 250 CC karbu, ini motor kerasa banget iritnya. Konsumsi bbm mungkin di rentang 1:35-40/liter.

Motor juga punya karakter mesin yang halus bukan main. Nyaman banget untuk digunakan harian. Tenaganya pun enggak bisa dianggap remeh. Lari 100km/jam aja efforless kok, gampang! Getaran malah bisa dibilang hampir enggak kerasa Sob. Yang MMBlog enggak suka palingan hanya panas mesinnya yang agak menumpuk di ujung tangki yang berhadapan langsung sama si Burung. Untuk ukuran 250 CC sih lumayan yaaa.

Kawasaki Ninja RR Mono

MMBlog udah pernah jajal Kawasaki Ninja RR Mono, tapi gak dijalanan melainkan di sirkuit Sentul! Ini motor emang nawarin ergonomi yang bongkok dan sporty Sob! Belum lagi, motor juga ramping, jelas lebih ramping dari CBR250R. secara dimensi keseluruhan pun demikian, Ninja RR mono lebih mungil ketimbang CBR250R. MMBlog perkirakan, untuk riding harian, bakalan agak bikin pergelangan tangan serta leher akan kerasa pegel, ya tergantung orangnya juga sih, kalau passion mah riding motor sampe jungkir balik juga oke-oke aja, wkwkwkwk.

Karakter mesin, MMBlog ngerasa ini motor punya torsi yang bener-bener asyik dan galak! Belum lagi, mesin juga punya karakter yang harsh, relatif kasar kalau dibandingkan dengan CBR250R. beberapa testimoni yang MMBlog dapatkan, Kawasaki Ninja RR Mono punya kipas radiator yang suaranya juga lumayan ngagetin dan muternya kenceng banget. Urusan performa, lagi-lagi 100km/jam aja dapat diraih dengan amat sangat mudah, kecepatan 150 km/jam juga bisa diraih dengan gaya riding standar, intinya sih menarik.

Terus gimana? Pilih yang mana Mas? Sekarang MMBlog tanya lagi, butuh motor sport yang nyaman atau yang emang bongkok? Butuh yang mesinnya halus banget, atau butuh/seneng mesin motor yang rada-rada kasar dan entertaining? Nah, kalau udah begini, silahkan bro wahyu yang nilai sendiri yah!

24 COMMENTS

  1. Opini pribadi ane.
    Cbr250r
    Karena rrmono atau z 250 sl terlalu ga nyaman buat harian.

    Ana sendiri lagi nyari CBR 250 r nih tapi bukan buat sekarang.
    Buat sekitar lebaran nanti, rencananya mau dibikin naked,
    Nungguin Tiger 250 kaya mimpi sambil melek,
    Ini aja dijadiin Tiger…

    • CBR 250R
      Lebih worthed, karena udah bisa didapat sejak 20 juta, dki-jabar
      Ninja mono masih lumayan diatas cbr250r harga seken nya

    • Sparepart gimana om? Saya mo ikutan ah klo sparepart terjamin
      Bener banget om, dr dulu nunggu tigor reborn gk brojol2, ngasemi…..

    • Kampas rem depan lumayan “mahal” dan ngga ada kw nya, cuma ori sama yg “racing2”.parts lain beberapa ada yg bisa substitusi, sama masih bisa beli di dealer karena populasi cbr250r di luar sana (thailand dll) masih banyak, barunya juga masih keluar. Ane vote cbr250r buat daily ride+ touring jauh 😀

  2. klo pertimbangannya sparepart sih mending mono, kan sport fairing emang kudu bongkok. klo mw tegap ya ambil aja Z250 atau MT25. Honda klo motornya udh gak produksi atau jual gak bakal jual sparepartnya dia, contohnya ya motor2 lama nya yg pernah beredar dimari. Mending Mono dari pada CBR250R klo pertimbangan nya sparepart, klo mw ya beli 2 yang 1 lg buat kanibal (nyari yg buosok aja yg penting ada part yg bisa di ambil klo rusak terutama body part).

  3. Lebih worth it CBR, Sport yg nyaman dan halus mesin nya, cuma “sparepart fast movingnya mahal” nyari substitusinya susah.

    • Ga terlalu susah kampas rem pake merk bendik.. filter pake byson/kaze dan sekarang di bukalapak bejibun om sparepart2 sampe yg langka2 pun ad kaya reserfoir radiator. saya pemilik cbr250 dari th 2013.. CBR 250r memang ga secepat kompetitor.. tapiiii buat harian jauh2 lebih bersahabat dari berat,panas mesin, dan konsumsi bbm.

  4. vote MT25
    pernah buktikan sendiri, untuk motor produksi domestik, spare parts original Y lebih mudah dicari, meskipun udah diatas 15 tahun dari peluncurannya
    Sedangkan brand H, meskipun produk masih sedang laris atau booming, beberapa spare parts orinya susah banget.
    gak kebayang kalo itu motor CBU deh
    Apalagi, MT 25 ato brand Y itu sebagian besar adalah produk global, bukan regional.
    Jadi menurut saya lebih terjamin

    sy bukan fby, sa ya sudah coba 3 merk berbeda (S, H, Y)
    S : jarang rusak, minim perawatan, dapat di service dimana saja, handal, spare part agak susah, agak mahal, aksesoris +performance parts paling susah
    H: gampang bermasalah, perawatan umum lebih baik ke bengkel non resmi, mesin paling halus, spare parts cukup susah, harga mahal,aksesoris + performance parts agak jarang
    Y: berada di antara S & H (minor problem, sekalipun problem, mudah di atasi), perawatan bisa dimana saja, dirumah juga bisa (kayak S), mesin sedikit lebih kasar dari H, spare part mudah, harga spare part murah, aksesoris tambahan + performance parts paling melimpah

  5. Sparepart cbr 250r ya ke dealer aja,tersedia meski untuk part tertentu indent,gampang koq.lagian partnya jg kalau yg ori dan skelas 250 cc ya awet,sesuai harga.kalau part mtor lainnya ya honda banyak banget dan tersedia.

  6. CBR 250r.. sparepart subtitusi susah?? ga juga om2… saya punya dari th 2013 s.d. sekarang nyantai2 aja cbr250r repsol non abs. Rem pake merk bendik, filter oli pake byson/kaze, sisanya masih ori km 27500an blm ad yg ganti2 tuh awet pool.

  7. Vote RR Mono, sparepart lebih terjamin dan awet.
    Bodi kecil mono lebih enak dipake harian serasa naik motor 150 cc namun mesin tenaga 250 cc, tampilan juga beda dengan kebanyakan motor. Kalau CBR 250 banyak kembarannya CBR 150 mirip2.

  8. Kalo emang beneran anak motor ga akan takut sparepart langka, anak motor itu kreatif, kampas rem depan cbr250r susah? Subtitusi aja pake punya megapro dgn cara ditipisin dulu kampasnya diamplas, bisa ttp masuk ko.
    Forum udh bejibun, kalo gatau bisa tanya di kaskus atau mbah google dll.

  9. kalo masih muda dan kuat sih vote RR Mono.. dia pegel ya krn kiblatnya sport “murni”, malah lebih “sport” dr pd ninin 250..
    CBR 250 irit pake banget, handling enteng, suspensi jawara dah, rawat nya gampang tp ga murah.. nyerpis biasa/rutin mah Ahass jg bisa (selama masih standar) skadar reset ecu, cleaning ruang bakar, injector, ganti oli dsb. ga murahnya krn mungkin motor “langka” kali ye,dah gt cbu pula. part ori dah psti impor dr thai, udh gitu ga banyak yg tertarik buat nyetok printilan yg goib (contoh filter oli, pdhl tiap 10rb km musti ganti cmiiw), solusinya cari online, di toko sparepart spesifik, ato merk variasi terpercaya, de el el..

  10. Lebih suka CBR 250R yg lampu sempak 😂
    Atau sekalian aja MT 25, walaupun dari jauh biasa tapi kalau dekat keluar auranya, sangar….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here