250 CC Itu Realistis, 400 CC Itu Nyaman, 600 CC Itu Rasional, 1000 CC Itu Total + Mubazir

27

Sobat MMBlog sekalian, mungkin temen-temen ngerasa bingung akan judulnya? Atau malah udah tahu maksudnya? Yups, dijudul, MMBlog mencoba untuk menggambarkan CC motor dengan tingkat “kesesuaiannya” di jalan. Kayak yang MMBlog tulis dijudul 250 CC Itu Realistis, 400 CC itu Nyaman, 600 CC itu Rasional, 1000 CC itu Total + Mubazir! Yuk, kita bahas satu per satu, tentu, ini adalah pengalaman empirik MMBlog yah Sob, terlebih untuk 1000 CC, belum lama MMBlog mendapatkan pengalaman riding menggunakan motor berkubikasi 1 liter.

250 CC Itu Realistis

Temen-temen pasti pada setuju kalau 250 CC, sport, adalah jenis motor yang paling realistis untuk digunakan di Indonesia, khususnya jakarta atau kota besar lainnya. Motor ini punya harga yang make-sense alias masuk akal untuk harga sebuah sepeda motor, motor ini juga punya tenaga yang bisa dieksplore seluruhnya, motor ini punya bobot yang relatif ringan, motor ini juga punya panas mesin yang adem, plus, motor ini juga bisa ngajarin ridernya agar menjadi rider yang skillfull dalam berkendara. Entah itu 1 silinder atau dua silinder, 250 CC adalah motor yang realistis.

400 CC itu Nyaman

Saat ini, motor 400 CC lebih identik dengan motor-motor batangan atau motor naked empat silinder. Motor ini adalah motor yang nyuaaamaaan! Enak banget dipakainya Sob! semuanya dapet, nyaman ergonomisnya dapet, halusnya empat silinder dapet, akselerasi yang terukur tapi kencang, suara yang bisa dinikmati hingga high rpm ketika shifting, pokoknya asyik! Sayang harganya kurang begitu oke, yang oke yang gak pake surat, wkwkwkwkwkwk.

600 CC itu Rasional

Motor sport 600 CC adalah sebuah jawaban rasional kalau temen-temen pengen motor dengan performa yang amat sangat baik, suara yang merdu, tampilan moge full size, suara ala empat silinder yang merdu, top speed yang tinggi, serta handling yang superb! Disini, khususnya dahulu, ada banyak sekali variannya, ada sport, sport touring, nakedbike, supersport, dan lain-lain. sekarang, untuk nakedbike, trendnya bergeser ke CC yang lebih besar sedikit, 750 – 800, tapi tenaga dan akselerasi sih masih bisa di pepet-pepet sama 600 CC tahun lawas.

1000 CC itu Totalitas + Mubazir

1000 CC adalah sebuah totalitas, beneran totalitas Sob! 1 liter itu adalah motor yang dahsyat! Motor yang bisa melesat dengan amat sangat cepat, kencang, ngibrit! Tapi percayalah, tenaga motor ini gak akan bisa dieksplore secara penuh dan maksimal di jalanan umum! Kecuali temen-temen biasa atau seneng ngegas di sirkuit, ya jadinya enak dah! Sebenernya, Sentul aja masih agak kurang jos kalau buat 1000 CC, coba kalau ke Sepang!

Motor 1000 CC itu, kalau di hajar kenceng di jalanan umum, baru gas dikit, dalam sekejab, kita udah ada di buntut metromini atau angkot 😆 . makanya, MMBlog bilang mubazir, paling mending kalau ada 1000 CC yang punya power delivery smooth di awal, itu mendingan dah.

Gimana? Ada opini lain? atau satu suara sama MMBlog? Kayaknya asyik nih kalau dibahas satu-satu, oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

27 COMMENTS

  1. Kelas 400CC Brand New yang dimasukin via ATPM resmi apaan ya? Kayaknya hampir nggak ada deh.
    Seandainya varian 400CC JDM dimasukin kemari…. Tapi pasti harganya nggak jelas. Cuma beda tipis sama kelas 500/600/650, malah mungkin harga jualnya lebih mahal.
    Padahal buat beberapa orang 400CC itu paling ngepas untuk ukuran jalan Indonesia.

  2. Mas vandra
    Tolong usulin ke pemerintah buat turunin pajak 300 cc ke atas
    Atau bikinin artikelnya rame rame sama blogger laen
    Kali aja pemerintah baca
    Terus nurunin tu pajak
    Biar bisa dinikmatin banyak orang hehe
    Khususnya biker nyang pas pasan kaya ane hehe

    Salam

    • Kamu lucuk permintaan nya minta pajak moge di turunin, lah jangankan moge yang untuk kalangan berduit yang jelas jelas pada mampu beli barang mewah subsidi untuk kalangan no tiga aja di tarik yang jelas jelas mereka ga cukup mampu untuk mencukupi kebutuhan hari hari nya. Kita Istighfar masal aja untuk keadaan sekarang.

      Bringback 250cc 4 silinder / Crissplane!!!

  3. Bener koq Mas Vandra, Vlogger Moge juga banyak bilang 1000 CC itu Mubazir, suara merdu nya susah kedenger, jarang sampe High RPM, over all paling asyik ya 600 CC 4 silinder.

  4. Iya Bang Vandr, ane setuju banget dengan usul bro HAN, kita bikin rame/viral aja penurunan pajak motor dibawah 500 cc, ntar langsung ane boyong tuh DUKE 390 ke garasi ane…..(udah gak tahan lagi nih mau pinang tu motor…tapi pajaknya itu loh..hadeehh…)
    Lagian juga Bapak Presiden kita biker juga toh, kali-kali aja beliau tersentuh hatinya mau menyamakan pajak motor 400 cc dengan 250 cc..

  5. Anjrit motor honda melulu kan kurang laku mogenya aja teknologi jadul under 2017 harga kemahalan untuk ukuran kelas jepang dan modelnya kurang enak dilihat kecuali moge kawak dan yamaha ok punya, klw mas mul kan punya pribadi ya wajar dipajang

  6. Untuk bro rocky
    Saya hanya usul
    Saya sopan tidak menyindir siapapun
    Gunakan kolom komentar yang baik
    Hargai pemilik blog
    Maaf, saya hanya biker pas pasan
    Yang ngga ngerti apa apa
    Main main lah ke garasi saya
    Saya undang secara pribadi
    Saya ingn lihat anda menertawakan saya :p

    • imho , bro rocky tuh berpendapat kenapa pemerintah musti konsen pada pajek motor cc >250 yang sekarang masuk kategori barang mewah? kenapa musi diturunin/diubah, sementara masih banyak saudara kita yang bermotor untuk menafkahi hidupnya atau saudara kita yang lain masih kerepotan untuk sekedar membayar pajak bahkan mencukupi kebutuhan hidupnya??

      tapi kemudian justru bro rocky malah minta 250cc 4 cyl dikembaliin, ini juga agak gimana gitu.. semacam nggak nyambung deh.. heheheh

      itu menurut saya..

    • @awas, lu aja yg ga sambung. doi cuma ingin punya motor 4 cyl aja dg pajak rendah. makanya minta turun pajak atau 250cc 4 cyl ( biar ga kena ppnbm tp tetap bisa denger suara merdu)

    • Kalau 250 cc 4 cylinder mmg pajaknya gak kena PPNBM. Tapi krn ongkos produksi nya tinggi ya jatuhnya akan mendekati 100jt atau lebih. Hehe… Q

  7. bener om.. z800 aja paling rpm 6k udah ngeri… naksir z/ninja650 baru… tp harga barunya itu lho om.. harmpir sama dengan Z800 seken… ya ambil z800 akhirnya… tp ya itu td om… 2 silinder udah ga main stream… banyak yg punya… hehehe… Moge oh moge…

  8. seandainya pajak roda 2 yang berkapasitas dibawah 500cc bisa diturunkan (sukur bisa “maksimal cuma 25% saja”) maka sebenarnya yang diuntungkan itu Jepang. karena di Jepang penjualan roda 2nya tidak seperti Asia Tenggara, karen tersedianya fasilitas angkutan umun yang sangat memadai dan nyaman (pengalaman pribadi). mereka bingung, produk mereka mau dijual kemana. padahal asia tenggara khususnya indonesia potensinya besar sekali. dengan di turunkannya pajak roda 2, jepang akan dengan mudah “membuang” produk mereka ke indonesia.

  9. Semoga saja diantara para bikers yang berpendidikan tinggi di indonesia ada yang menjadi pemimpin di negri ini
    Agar bisa peka dan merasakan
    Serta merubah regulasi yang ada
    Agar motor diatas 300 cc bisa dinikmati banyak orang yang sudah bosan main di 250 cc dan ingin naik kelas ke cc yang lebih besar

    • Ngapunten sebelumnya Om Bos
      Klo pajak motor diatas 250 cc, mungkin blm saatnya
      Pertama : Motor tersebut, hanya bisa dinikmati golongan tertentu yg punya dana lebih
      Kedua : Pajak dr Motor kubikasi besar yg masuk kategori barang mewah, bisa utk nambah pemasukan pajak
      Ketiga : Dimana2 skrg yg ad kenaikan harga yg dulunya disubsidi, contoh : TDL alias listrik, sampe yg watt kecil yg umum dipake orang aja naik, dll
      Terakhir… Sy inget pas jaman kuliah, dosen Pajak yg mantan petinggi Pajak pnh ngomong “Sy yg ngusulin/minta minuman teh dlm botol kena Ppn dan akhirnya disetujui, masa mau minum teh aja hrs beli, mahal pula, klo emang org mau beli teh dlm kemasan, brarti bnyak duit”
      Cmiiw

  10. Om vandra saya mau nanya ni, saya mau beli motor tapi bingung harus pilih mana cbr250rr atau cb400 superfour, karena harga baru 250cc dan seken 400cc nya mepet2.
    Jadi mending yg mana?
    250cc harga sparepart service dan printilan terjangkau tapi raungan mesin nya kurang
    Dan 400cc kebalikannya
    Mohon dijawabbb thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here