Suzuki GSX250E, Nakedbike 250 CC Suzuki Yang Pernah Menjadi Favorit! Inline Twin, DOHC, Tangguh!

1

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog membuat artikel mengenai kans motor twin DOHC pendingin udara, MMBlog sempet menyinggung  mengenai sepeda motor Suzuki yang bernama Suzuki GSX250E. Nah, banyak ternyata temen-temen yang japri ke MMBlog agar MMBlog membuat ulasan mengenai motor ini. Boleh dah, sikaaat! MMBlog pribadi, lumayan seneng sama ini motor walaupun hanya bisa melihat motor ini di layar monitor. Yuk, kita bahas motornya secara detail.

Secara desain, motor ini khas ala motor-motor tahun 80-an. Punya tangki yang bentuknya simpel, gak terlalu banyak tekukan.  Lampu depan menggunakan lampu model bulat, ya tahun itu emang gak banyak pilihan model lampu. Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik konvensional dan dipadu dengan menggunakan pelek palang casting wheel berdiameter 18. Rem depan sudah menggunakan rem cakram. Kalau diperhatikan cakram depannya mirip sama yang dipake dengan Suzuki Thunder 250, wah mantap.

Area tengah ke belakang juga khas jadul banget. Lempeng bener, dengan jok yang tebal dan panjang. Bakalan nyaman banget nih. Mesinnya yang menarik nih, menggunakan mesin dua silinder segaris, 250 CC, DOHC, 8 Klep, TSCC. Bore X Stroke 60 x 44.2 mm. Rasio kompresinya lumayan oke nih, 10.5 : 1. Gak repot-repot, motor ini gak pakai radiator atau menggunakan oil cooler, mesin engkel aja! Karburatornya ada dua Sob, menggunakan karbu Mikuni BS30SS.

Oleh karenanya, power motor bisa tembus 30 daya kuda. Lumayan banget tenaganya sampe segitu di tahun 80-an. Udah kayak Ninja 250 lawas, kenceng lah! Udah gitu, secara tampilan, mesinnya bener-bener kokoh, gagah, dan berkarakter banget! Kisi-kisinya banyak, terus menggunakan sentuhan chrome yang kental dan blink-blink. Knalpotnya mirip-mirip juga sama knalpot Thunder 250. Top speednya diklaim bisa sampai 137 kilometer per jam.

Dari review-review yang beredar, motor ini punya keunggulan mutlak dibandingan dengan Honda CB250 NightHawk yang merupakan rival terdekatnya. CB250 memang lebih irit bahan bakar, tapi secara performa dan handling, Suzuki GSX250E lebih superior. Hmm, bisa dibilang motor ini adalah masterpiece dari Suzuki. Kode E di belakang nama motor memang bikin motor tampil spesial. Makanya, akhirnya ada motor Suzuki lain kayak GSX400E dan GS500E yang mesinnya identik, hanya beda CC doang.

Jadi pengen. Oke deh, semoga berguna bisa nambah wawasan temen-temen yah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here