Motor Sport 250, Powernya Mau Sampai Berapa?

15

Sobat MMBlog sekalian, bisa dikatakan, biker zaman now ini pada beruntung. Kenapa beruntung? Karena saat ini, pabrikan sepeda motor berlomba-lomba memberikan sepeda motor terbaiknya. Salah satu motor terbaik yang ada saat ini adalah motor sport 250 CC. Masing-masing pabrikan berlomba-lomba pula memberikan fitur, komponen, dan harga yang terbaik guna menarik minat pembeli. Nah, salah satu variabel yang terus menerus di kembangkan untuk menjadikan motor tersebut motor terbaik adalah power atau tenaga, pertanyaannya, powernya mau sampai berapa?

Saat ini, power motor sport 250 CC terbesar dipegang oleh Honda CBR250RR yang powernya hampir tembus 39 HP. Kawasaki Ninja 250 baru-pun tenaganya lumayan melonjak dan mirip-mirip sama Honda CBR250RR. Memang, masih butuh yang namanya test aja uji coba, gimana akselerasi dan top speednya. Next, Yamaha R25 facelift dan Suzuki GSX-R250 juga akan membombardir rival dengan powernya yang pasti bengkak, emangnya bisa dikorek sampai segimana lagi?

39 daya kuda di motor 250 CC adalah power yang MMBlog taksir, belum maksimum amat. Guna mengejar daya tahan part, nyari untung, dan lain sebagainya, maka power dikisaran ini udah lebih dari cukup. Motor 250 CC satu silinder saat ini yang punya power paling gede adalah KTM 250 series yang powernya bisa melejit sampai 33 daya kuda, diikuti dengan Yamaha WR250R yang punya power 30 daya kuda. KTM 250 series bisa meledak gitu powernya karena beberapa sebab, salah satu yang paling kelihatan adalah rasio kompresi!

Betul, KTM 250 series, punya rasio kompresi yang gak main-main tingginya, 12,5 : 1 ! itu baru dari sektor mesin, bobot juga ringan, bikin motor jadi mampu melaju lebih cepat!

Lalu, bagaimana dengan Sport 250 CC dua silinder apabila dijejali oleh rasio kompresi seperti ini? MMBlog gak jago itung-itungan matematis untuk ngukurnya, tapi power hampir 45 daya kuda tentu bukan lagi impian atau omong kosong. Belum lagi kalau pabrikan Suzuki yang bisa memberikan sentuhan VVT-i dan exhaust tunning alpha di Suzuki GSX-R1000 di motor sport 250 CC dua silindernya nanti, byuuhh, kuenceng banget dan powernya gede banget dah! Belum lagi, CBR250RR nanti akan dibesarkan powernya oleh AHM, nah lho?

MMBlog rasa, power motor 250 CC standar akan hebat hingga sentuh 45 daya kuda lebih atau bahkan 50 daya kuda. Resikonya? Ya harganya pasti juga ikutan naik karena menggunakan part spesial. Tapi mas, kalau begitu, nanti motor sport 250 CC jadi gak terjangkau lagi dong buat banyak orang? Eit, tunggu dulu, bisa jadi nanti pabrikan bikin motor twin cylinder yang lebih ramah dikantong dengan menggunakan mesin yang lebih konvensional. Macam mesin DOHC, dua silinder, oil/air cooled misalnya? Jadi bisa kayak ada dua opsi, untuk supersport 250 CC, ya speknya spek dewa, tapi buat sport/nakedbike, speknya lebih downgrade, masuk akal kan?

Next, kita diskusi tentang motor twin cylinder air cooled yah Sob! Power 250 CC dua silinder, temen-temen taksir bisa sampai berapa?

15 COMMENTS

  1. Spek moto 3 om. Tapi harganya keterlaluan. Atau mungkin spek gp mono. 250. mereka hanya 1 silinder.
    Seharusnya yg 2 silinder bisa berbicara lebih. Dan memang bobot motor pasti jadi bertambah

  2. “Belum lagi kalau pabrikan Suzuki yang bisa memberikan sentuhan VVT-i dan exhaust tunning alpha di Suzuki GSX-R1000 di motor sport 250 CC dua silindernya nanti,”

    sinyalemen nih sepertinya!

    +revs 15k, joss!

  3. Suzuki pake VVT-i? Widihhhh…joss donk sampe pake VVT-i ah tp kata ngepbeha gak perlu lah gitu2an. Honda udh ngasih rante keteng itu tandanya lebih joss dari pada GearCam atau VTEC…

    huehehehehe

  4. โ€œBelum lagi kalau pabrikan Suzuki yang bisa memberikan sentuhan VVT-i dan exhaust tunning alpha di Suzuki GSX-R1000 di motor sport 250 CC dua silindernya nanti,โ€

    Ky’a Bocoran halus nih..

  5. Mau digedhe2in powernya gimana juga cm buat gengsi aja, pabrikan mestinya liat perkembangan tren saat ini, sport 250cc udah mulai jenuh, perlahan lahan nasibnya kaya bebek super. Semakin banyak improvement produk dan semakin cepat life cycle produk di kelas ini gak diimbangi dengan hasil penjualannya.

  6. Mau sampe mana nyali biker narik gas motor 250 cc??, liat artikel (yg dipublish blogger) kecelakaan sampe meninggal rata2 motor cc 250, dan rata2 ditempat ane yg bawa motor 250 cuma buat show off (masih pecicilan motor matic)

  7. 40 PS kayaknya maksimal yg masih masuk akal untuk diproduksi dan dijual mas, untuk mendapatkan power segitu bukan cuma kompresi yg naik tapi juga putaran mesin, otomatis butuh part lebih durable yg ujung2nya nambah cost, for example yamaha R25 ane aja yg udah dibikin tembus 15 rb rpm sy harus ganti piston forged yg lebih tahan, harganya 4x lipat piston standar wkwkwkkkk ๐Ÿ˜‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here