Motor 2 Silinder 250CC Non Radiator DOHC, Bagaimanakah Kansnya?

5

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang udah MMBlog jelaskan di artikel sebelum ini, yang membahas mengenai power sepeda motor sport 250cc akan sampai berapa, MMBlog sedikit mention di artikel itu kalau “bisa saja pabrikan sepeda motor membuat motor dua silinder DOHC tanpa menggunakan radiator”. Lalu bagaimana kira-kira kans sepeda motor ini kalau motor ini memang dibikin secara massal? Apakah bisa compete? Yuk kita diskusi bareng-bareng.

Suzuki GSX250E, 2 Silinder, DOHC, 8 Klep, TSCC, Kan Lumayan!

Motor DOHC yang tidak menggunakan radiator atau at least menggunakan oil cooler pernah diproduksi oleh atpm pada tahun 90-an. Suzuki punya line upnya, yakni Suzuki GSX250E. Motor ini punya genre streetbike atau Naked Bike. Kalau memang atpm mau bikin motor begini lagi ya mau nggak mau modelnya harus menggunakan model street atau nakedbike. apabila menggunakan model fairing, ya agak susah sih kayaknya. Kecuali kalau pabrikan mau bikin motor half fairing macam MasMul, itu mungkin bisa, mungkin lho ya.

Dengan tanpa menggunakan radiator, MMBlog yakin motor ini bisa dipangkas harganya. Ketika mungkin nanti motor sport 250 CC yang menggunakan teknologi canggih dan bisa mengeluarkan power hingga 50 daya kuda harganya jadi makin tinggi, motor sport 250 CC twin konvensional ini dijual dengan harga 45 juta, motor ini siap untuk menambah pundi-pundi keuntungan bagi atpm. Konsumen pun senang, dapat motor 2 silinder 250 cc, bertenaga, dan mudah dalam perawatan!

Lalu bagaimana dengan yang namanya emisi gas buang? Bukankah sekarang ini semua kendaraan wajib memenuhi regulasi euro 3? Ya gampang lah, tinggal kasih katalis aja di knalpot yang tebel, yakin motor bakal lolos uji emisi. Nyang penting, motor bisa mengeluarkan suara khas 2 silinder Inline, bertenaga, serta memiliki torsi yang baik.

Bagusnya sih motor begini dikasih di motor Street bike Retro yang menggunakan lampu bulat, tapi kasih sentuhan berotot atau muscle bike. Ya model-model Kawasaki Z900RS gitulah. Bikin Mini nya dengan menggunakan mesin dua silinder non radiator, dijual murah udeh dah, bakalan moncrot itu penjualannya. Pastinya ya mendingan motor model begini daripada motor yang menggunakan mesin V twin. Gimana Sob? Ada tambahan opini gak nih? Silahkan olahraga jempol di kolom komentar yak! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

5 COMMENTS

  1. Motor 250cc air cooled (atau sama oil cooler) sohc/dohc, kalopun lokal & dijual sebagai retro (kayak w250) atau naked bike (kaya cb250 twister) bisa aja laku tapi gak laris2 amat. Setidaknya, mesinnya bisa jadi bahan customan dengan syarat rangkanya yg simple2 aja, dimensi mesin besar, & harga juga mawas diri. Kalo misalnya bisa dibawah 40 jt-an atau pait2nya dibawah 44 jt-an, keqnya ada kesempatan buat laku. Yang jelas, kalo ada atpm yang jual bisa jadi inceran ane beberapa tahun kedepan (daripada bore up verza :v)

  2. kalo ngejar cc.. lah yg di obral 18jt, scorpio 225 non radiator, di boreup over250 pasti bs..
    tp selera pasar bukan cuman cc gede doank..

  3. kaum.kantong pas pasan dan yang demen modif pasti seneng banget tuh,

    instilahnya bikin motor kanvas !
    buat bahan.modif, tapi jualan tetep ayo !

    buruan bikin dah!
    jadi line upnya
    sport fairing 250cc highspec tembus 50-an hp 60-70-an jeti
    naked 250 cc high spec tembus 45-an hp 50-60an jeti

    sport 250cc single high spec 40-45-an hp 40-50 jeti
    naked 250cc single highspec 40an hp 40an jeti

    naked 250cc doble low spec 30-35hp 35-40an jeti

    baru deh kasta < 250cc kebawah dst dst

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here