Moge Dengan Kilometer Tinggi, Silahkan Dipinang, Dengan Catatan Sebagai Berikut

3

Sobat MMBlog sekalian, moge seken bisa dibilang sebagai komoditi yang amat sangat menarik bagi sebagian besar bikers Indonesia. Moge seken, adalah sebuah jawaban logis nan realistis karena harga unit ini bisa dikatakan udah “wajar” untuk sebuah sepeda motor. Moge baru sekarang harganya udah enggak ada tulungannya, makin mahal dan makin enggak rasional. Nah, moge seken itu ada yang kilometernya rendah, ada juga yang kilometernya tinggi. Bagaimana jika temen-temen mau minang moge dengan kilometer tinggi? Lanjut.

Diluaran sana, ada lumayan banyak moge yang punya mileage tinggi. Biasanya, moge dengan mileage tinggi dialami oleh moge supersport dan nakedbike. Mileage tinggi juga biasanya kejadian di moge karena ownernya demen banget touring. Sebulan mungkin bisa 2-3 kali dengan jarak tempuh sekali touring sampai 1500 – 2000 km. Gak hanya itu, moge ini juga biasanya, dipakai siksa untuk penggunaan harian. Gak heran, kilometernya bisa sampai 50 – 80 ribu, sebuah angka yang lumayan tinggi untuk moge Indonesia, secara Indonesia jalanannya gak nge-TOL buat moge kayak luar negeri. Terus apa aja yang harus diperhatikan.

Pertama, temen-temen baiknya sebelum kenalan sama motor yang akan dibeli, kenalanlah dulu sama ridernya. Ridernya gimana nih? Join di komunitas atau club apa? Naik motornya udah berapa lama? Suka ngerawat motor dimana? Unit punya dia apa tangan pertama atau beli bekas juga? Dan lain-lain, kalau bisa ya personal touching lah. Kalau udah begitu, bakalan enak, kalau bisa diajak temenan lanjut ke motornya, kalau enggak bisa, yaaah, mending mundur aja. Seller kurang asik, biasanya motornya juga enggak asik nantinya Sob, IMHO yah. Tapi biasanya, pada asik-asik sih, minta juga sosmednya, lihat aktifitasnya untuk cek dan kroscek.

Setelah kenalan sama ridernya, baru lanjut ke motornya. Seumpama, motornya udah 60.000 km atau lebih. Tanya, apakah mesin udah pernah dibongkar? Di overhaul? Kalau jawabnya udah, maka itu bagus! Berarti udah buanyak part yang diganti baru. Lebih oke lagi kalau ridernya ngasih bon service atau ngasih tau service-nya dimana. Setelah mesin dirasa oke, halus dan lain sebagainya, merapatlah ke kelistrikan. Tanya juga, apakah ada kelistrikan yang diakalin? Kalau bisa kelistrikan baiknya orisinilan. Kalau udah akal-akalan bakalan gempor banget dah Sob, yakin! Perangkat kaya Sepul, Kiprok, dll, tanyain apakah udah pernah diganti baru atau masih bawaan motor? Hidupkan juga motor beberapa kali, motor sehat denhan kelistrikan oke, biasanya gampang banget distarter.

kecuali moge ini, nyuusss

Kira-kira itulah saran dari MMBlog kalau mau beli moge dengan mileage tinggi. Pertimbangkan juga ketersediaan sparepart yang disediakan sama ATPM atau penjualnya. Lebih enak kalau moge yang di support sama ATPM, kalau macam Mas Mul atau moge tua lain ya kudu sabar-sabar ngumpulin sparepartnya secara online. Intinya, kumpulin data dan informasi sebanyak-banyaknya Sob. Oke deh, semoga berguna yah!

3 COMMENTS

  1. Beli motor moge/motor biasa kalo ownernya akrab/familiar harganya pasti mahal,apalagi yg terawat,,,
    Mau jual motor tapi ngga butuh butuh amat,jual santai harganya juga mahal,,,
    Kecuali yg punya udah kesengsem sama motor baru yg di incar,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here