500.000 Motor Terjual Di Malaysia Setahun, Tapi Pilihan Mogenya Jauh Lebih Variatif Ketimbang Indonesia, Pajak Oh Pajak :(

8

Sobat MMBlog sekalian, lagi iseng-iseng browsing tentang permotoran dan kaitannya dengan penjualan pertahun sepeda motor, MMBlog dikagetkan dengan informasi bahwa di negara tetangga Malaysia, dalam setahun hanya ada 500.000 unit motor terjual. Kontras dengan tanah air yang bisa 14 kali lipatnya hingga 7 Juta Unit setahun. Anehnya pas lihat artikel Mas Iwb dan Wak Haji yang touring moge Honda di Malaysia, pilihan moge Hondanya buanyak banget! Kontras dengan tanah air yang mana AHM hanya menjual sauprit dari moge-moge Honda yang eksis saat ini. Pabrikan lainpun demikian, pajak oh pajak 🙁 .

kecuali moge ini, nyuusss

MMBlog sendiri, waktu ke Malaysia guna meliput KTM RC Cup, melihat di jalanan, moge bukanlah motor langka yang istimewa. Apalagi di sirkuit Sepang, model BMW S1000RR aja di rontokin buat balapan. Suzuki GSX-R1000 terbaru aja udah dipake dan ditunning. Sedangkan di Indonesia? S1000RR adalah motor mewah, Suzuki GSX-R1000 pun unitnya hanya ada satu dan itu hanya jadi unit pajangan Suzuki Indonesia kalau ada event! Honda di sana variannya lengkap bukan main, Yamaha juga, Suzukipun demikian, Kawasaki? Di tanah air mendingan dah, line-up moge Kawasaki lumayan lengkap di Indonesia. Makanya, moge Kawasaki relatif lebih mudah ditemuu di tanah air Sob.

Tanya kenapa? Ya gak lain gak bukan, semua perkara harga plus regulasi dan infrastruktur. Harga moge di Indonesia emang gak ada logis-logisnya, terlalu tinggi pajak membebani moge sehingga harganya jadi terkerek sangat jauh. Ditambah lagi, regulasi dan infrastruktur di tanah air juga belum compatible sama motor-motor gede. Sebutlah jalanan, pake moge di Indonesia, khususnya kota besar buat harian ya sama aja kayak nyari penyakit, wkwkwkwk. Jadi ya yang mau beli moge di Indonesia kalau enggak di otaknya korslet, susah buang duit, atau punya passion yang memang tinggi sama moge. 6-8 tahun lalu, IU masih menjamur jual moge, sekarang? Selesai, bubar, wkwkwkwk.

Gimane Sob? Ada opini berbeda? Atau mau sumbang opini? Silahkan lho. Biasanya pada banyak yang nongkrong nih kalau bahas moge plus pajaknya. Semoga berguna yah!

8 COMMENTS

  1. bang…
    mau tanya donx

    emangnya di negri seberang harga tuh moge2 berapaan?

    pengen tau kenaikan harga stelah kena pajak disana dengn disini gap nya seberapa…

    maturtengkiyu…

    • Saya lagi di negara sebelah, kalo lihat harga, cicilan dan hitung gaji saya sebulan yang cuma kuli aja sanggup kredit supersport 600cc-an, andai saja di Indonesia gitu, udah nunggang zx636 saya *ngimpi

  2. Moge emang udh gak rasional di indonesia, pajaknya sama/lebih dari harga motornya sendiri
    Apakah dengan pajak mahal akan membuat produsen bikin pabrik di indonesia? Nah, yg ada kendaraan listrik keburu mendominasi kalo nunggu mv agusta bikin pabrik di indonesia
    Pajak di indonesia emang aneh & cenderung untung gede yg penting

  3. Moge atau motor mahal non-moge itu punya pasar sendiri.
    Mau pajeknya berapapun tetep ada yang beli. Tetep laku.
    Apalagi jika jualannya bukan kasta nanggung.
    Makin limited, makin ekslusif, makin mahal, justru gampang jualnya.
    Hal sama berlaku untuk mobil eksotis.
    Mau contoh?
    Vespa 946.
    Itu moge bukan?
    Harga? Udah tau lah ya.
    Laku nggak? Laku tuh.

    Naahh intinya ada alasan kah dari regulator pajak merubah skema ppnbm? Lha wong sekarang aja gampang jualan barang mewah.

  4. Sebenernya ini strategi pemerintah buat melindungi generasi muda mang, jadi yg tua-tua kaya aja yg bisa pake moge, yg masih muda biar ngga bisa beli kecuali yg anak orang kaya kan ngga banyak tuh, just kidding wkwkwk

  5. imho, mestinya pajak moge/mobil CBU itu dikejar tahunan aja…..

    logisnya begini, misal, moge baru kena pajak kapasitas mesin 30%, tp pajak tahunan “standar” ….dibandingkan dg no-bea sama sekali, tp pajak tahuan naik 200% dibanding sebelumnya ……imho, lbh banyak pemasukan opsi yg kedua, karena narik pajaknya tahunan & selama 5 thn, dikali aja berapa unit yg beredar di jalan, banyak to? ……dan org kita umumnya “cuma” ngelihat harga jual, pajak tahuan di anggep “resiko”, dan belum pernah sy ketemu org yg ngeluh pajak tahunan motor/mobil

    ….. ibarat beli hape, harga sejutaan tp anggaran online bisa ratusan ribu sebulan ….. dibandingkan beli hape 6jt tp cuma buat gaya doang …..operator pasti suka jenis konsumen yg pertama to?

  6. iya, motor 600 cc di bawah 100 juta, biar ababil banyak yang make. motor 110 cc aja banyak yang seruntulan (lirik skutik terlaris) apalagi supersport 600 cc. mental manusianya dulu yang dibenerin ok? baru masalah pajak

  7. Ppnbm itu sendiri secara tidak langsung sudah melindungi nyawa kita semua dari sebagian pengguna jalan yang kurang bijak dan bertanggung jawab ketika berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here