Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle, Mirip Fino Tapi Imut dan Gemesin!

3

Sobat MMBlog sekalian, per hari ini tanggal 1 November 2017, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, secara resmi memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle kepada khalayak media di kawasan Episentrum Jakarta Selatan. Acara yang bertajuk Kick Off Test Market Sepeda Motor Listrik di Indonesia, bisa dibilang, acara ini berlangsung dengan meriah dan serius karena dihadiri oleh berbagai pejabat dari lembaga terkait dengan pengembangan motor listrik. Acara ini diadakan dalam rangka memperkenalkan sekaligus uji coba motor listrik Yamaha. MMBlog pribadi, datang untuk meliput acaranya dari awal sampai selesai Sob, dan sempat test ride juga. Emang gimana sih motornya?

Motor ini bernama electric vehicle Yamaha. Sekilas, motor ini tampak seperti Yamaha Fino. Tapi kalau dideketin lagi, ini motor dimensinya lebih imut, lebih kompak, dan lebih cute ketimbang Fino yang ada dipasaran sekarang Sob. Dalam kurun waktu satu bulan ke depan, YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD, akan melakukan uji coba motor listrik Yamaha. Motor listrik tersebut nantinya digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka. Jadi motor ini, mungkin yah Sob, untuk sementara, hanya dipergunakan untuk kendaraan di lingkungan tertentu, belum untuk penggunaan jalan raya Sob.

Sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri dimulai pada tahun 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang “sepeda dengan bantuan elektrik”, telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru. Penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Nah, dengan memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle ini kepada publik, bisa dipastikan, Yamaha adalah Pabrikan Jepang pertama yang berkomitmen dan punya niat serius untuk mengembangkan sepeda motor listrik di Tanah Air. Kalau temen-temen nanya, kapan bisa dijual ke publik dan OTR, nah, kita pantau aja bareng-bareng Sob. MMBlog pribadi sih tertarik sama motornya, soalnya secara tampilan emang cute banget, terlebih, motornya juga gampang banget dipakainya! Untuk artikel pembahasan motor dan test ridenya menyusul yah! selamat buat Yamaha untuk Electric Vehicle!

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here