Selayang Pandang Test Ride Harian Benelli BN600 (Compared to Yamaha FZ6 Fazer), Empat Silinder Termurah!

9

Sobat MMBlog sekalian, lagi iseng-iseng ngerapihin file di laptop yang makin hari makin sempit memori-nya dan berantakan, ternyata, MMBlog nemuin arsip rerangka artikel test ride harian Benelli BN 600. Temen-temen sebenernya udah banyak yang request ke MMBlog perkara test ride motor ini, nah, untuk lebih jelasnya, silahkan sediain waktu at least 2-3 menit untuk baca artikel ini Sob, selain review, MMBlog juga coba kasih perbandingan dengan Mas Mul. Denger-denger, mesin BN600 juga basic-nya mesin FZ6 lawas yah? Hmm.

Benelli BN600 adalah motor nakedbike 600 CC yang respon mesinnya luar biasa cepet naiknya. Motor ini, cukup dengan pelintiran gas dikit aja, rpm-nya langsung melenting! Yaps, seperti menggunakan gas spontan! Mesin empat silindernya responsif, smooth tapi bertenaga. Sekali pelintir gas, gigi 1 bisa sentuh 80 km/jam, pindahin ke gigi 2, langsung loncat jadi 85 km/jam. Tentu power begini ini berasa “mubazir” kalau digunakan di jalan raya ibukota Sob. Dibandingkan dengan Mas Mul yang napasnya lebih panjang, Benelli BN600 ini lebih Njengat tarikannya masbro. Buat harian sih panas mesin gak nyengat, mungkin karakter mesin empat silinder 600-nya ini memang mirip kali ya sama Fazer, relatif adem Sob.

Buat macet kalau belum biasa agak kikuk bakalan. Respon throttle lumayan agresif, motor jadi berasa endut-endutan. Tapi yaaa, teteplah, suara mesin empat silinder emang merdu dan ngademin! Beda sama Mas Mul yang bisa dibawa santai dan sama sekali enggak endut-endutan masbro.

up-side down gini lebih mantep perawatannya kali yah?
sok belakang

Fari-fairan yah, ngomongin kaki-kaki dan handling, motor ini nawarin performa kaki-kaki yang superb. Suspensi depan USD-nya itu bisa MMBlog bilang spesial untuk ngeredam guncangan, untuk streetbike nyamannya dapet dah. Coba nikung dijalanan hiperbolikpun, motor jinak, berasa antep, dan stabil, gak terlalu keras, dan gak empuk-empuk amat yang bikin motor jadi limbung juga. Bisa jadi juga, motor berasa mantap handlingnya karena unit ini sudah menggunakan ban Michellin Pilot Road 4, jadi ya enak! Remnya pun demikian, menggunakan rem dual disc brake di depan dengan kaliper radial, istimewa dah. Dibanding Mas Mul, ini motor kaki-kakinya lebih asoy untuk agresif riding, mas mul lebih ke motor touring yang nyaman.

MMBlog rasa dengan harga yang sedemikian cucok-nya, terus juga sekennya murah, motor ini layak untuk temen-temen jadiin moge harian alternatif selain ER6n. Di situs jual beli online sih ada aja pasti yang jual masbro. Intinya, untuk harian, motor ini lumayan reliabel, dapat diandalkan, dan menghibur. Level capeknya kalau buat harian, yaa masih lebih capekan ER6n lah Sob, wkwkwk, ini motor jinak, gak kayak ER6n yang relatif lebih berat handlingnya.

Oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen dalam hal permoge sekenan yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

Untuk Galeri Fotonya, temen-temen bisa KLIK DI SINI

 

instagram

Villa Kanaya

9 COMMENTS

  1. Mas,kira2 filter oli bn600 ini bisa disubstitusi sama mobil gak ya?
    Diliat2 kayak e agak gepeng gt.kan sapa tau bisa mengurangi cost filter yang notabene mahal jika beli yg ori bawak an???

    • mas, itu yang dibelakang knalpot, kayaknya bukan filter oli, tapi pendingin oli, ini motor filter olinya di samping, emang kayak fazer sih

  2. Klo pas d jalan ad yg nanya pulsar.y modif d mana jawab aja modif d itali abis itu reving sekenceng2y..?? Secara benelli kan masih sedikit yg tau.. kalopun ad rata2 skutik bongsor yg sering sliweran d jalan..

  3. […] Ngomongin mesin, nampaknya pabrikan Tiongkok ini menggunakan mesin empat silinder yang juga dipakai di Benelli BN600. Mesin yang konon katanya, basisnya diambil dari mesin Yamaha R6 lawas ini (tapi kalau dilihat secara lebih spesifik sih beda banget) dijadikan mesin empat silinder generik untuk motor empat silinder Mocin, respon dan tenaganya? Temen-temen bisa baca di SINI. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here