KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure, Moge Dua Silinder Inline KTM Yang Menjanjikan!

5

Sobat MMBlog sekalian, sebenernya motor KTM 790 CC dua silinder ini bukan barang baru. Tahun lalu, KTM udah memperlihatkan kepada public sepeda motor ini dalam bentuk prototype. Hanya saja, si Scalpel, sekarang ini sudah terlihat jelas wujudnya di EICMA Milan sana masbro. Diluar dugaan, ternyata KTM juga mengeluarkan motor adventure dengan kubikasi 790 CC, lebih tepatnya sih sebenernya 800 CC ini motor masbro! ya, mau gimana lagi, pasar motor-motor adventure dengan CC menengah dan multi silinder memang diminati.

Ngomongin KTM Duke 790, kalau melihat desainnya, ini motor mengingatkan MMBlog sama KTM Duke 390 yang udah pernah ngekos di kandang MMBlog. Motor terlihat memang seperti scalpel atau pisau operasi yang bergairah untuk menyayat jalanan, tajam dan runcing serta shiny! KEREN ABIS! Sebagai streetbike, motor ini emang special, siap tempur melawan rival pasukan Jepang kayak MT-07, Kawasaki ER6n, atau rival Italinya macam Ducati Monster dengan kubikasi 700-800 CC.

Kalau MMBlog bilang, malah KTM Duke 790 ini lebih superior karena punya power yang lebih besar yaitu 105 daya kuda, dan torsi yang juga pastinya lebih besar karena dua silinder. Kalau melihat video test ridenya, suara mesinnya memberikan kita gambaran bahwa platform mesinnya adalah mesin yang firing ordernya bukan 180 derajat, melainkan 270 derajat, jadi cita-rasa mesin V-Twin yang memang udah jadi trademark KTM tetap menghantui.

KTM 790 Adventure juga demikian, ini motor bener-bener kelihatan garang! Totalitas KTM dengan memberikan pelek ruji juga patut diacungi jempol! Ya memang sih, KTM gak pernah tanggung-tanggung kalau ngasih fitur di motor-motornya. Pasukan entry levelnya aja dikasih rem radial semua kan? Udah ABS juga lagi. Headlamp depannya bisa dikatakan unik kalau enggak mau dibilang aneh, hmm, belum final sih buat yang adventure.

Lalu, menarik sebenernya kalau versi Adventure ini ada varian 390 CC-nya atau mungkin 250 CC-nya. Kalau dari KTM, yakin bisa moncer banget! Oke deh, semoga kepengen yah Sob! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna! Ready To Race banget daaaah!

5 COMMENTS

  1. Salam, @pulsarmania, saya pikir kalau untuk menekan harga jual sepertinya tidak sepenuhnya demikian; betul produksi 1cylinder lebih murah,tapi jangan lupa karakter 1cylinder yang torquey difokuskan untuk motor2 sport commuter mereka. Kota2 di eropa topografi nya 11-15 dengan dengan kita , dimana stop and go, twisties,uphill & downhill lebih sering dijumpai,dan disitu pula torsi yang terpakai,bukan top speed. Untuk performa di traffic kota2 kita kalau harus memilih;ya pasti DUKE 200,250,390

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here