Supersport, Yang CC-nya Nanggung Malah Laku, Gak Ikut Balap Malah! Tanya Kenapa?

4

Sobat MMBlog sekalian, di internet, kita bisa melihat ada indikasi dan tendensi bahwa Yamaha, tampaknya tertarik untuk membuat supersport 800-900 CC berbasis mesin tiga silinder dari Yamaha MT-09. MMBlog setuju akan hal ini, dan yakin seyakin-yakinnya, ini motor bakalan laris manis! Gak perlu ikut balapan ina itu, ajang ina itu, gak diiklaninpun, motor sport berkubikasi tanggung ini malah laku. Ah, yang bener? Bener dah, ada dua contoh suksesnya.

Suzuki GSX-R750 dan MV Agusta F3 800. Dua motor ini bisa dikatakan sukses banget penjualannya dibandingkan dengan saudara supersport 600 CC dan 1000 CC-nya. Di Indonesia sendiri, Suzuki GSX-R750 punya value lebih dan jadi superbike incaran, F3 800 pun penjualannya amat sangat baik. Kok bisa gitu ya? sebenernya CC tanggung ini adalah CC yang pas! 600 CC, bagi sebagian orang adalah motor “cewek”, 1000 CC bagi sebagian orang overkill. Diantaranya, rasional!

Tenaga motor 750-800 itu lebih condong kerasa lebih ke 1000 CC, tapi predictable dan entertaining, gak se-plain motor 600 CC, tapi gak seliar 1000 CC. Makanya, Suzuki tetap menjual dan memproduksi GSX-R750, demandnya tinggi!

Yamaha, punya basis mesin tiga silinder 850 CC yang menarik, entertaining, dan siap tunning. Pasang di motor sport, ini mesin pasti bikin appeal motor meningkat! Yamaha R6, mungkin udah terlalu banyak dan familiar, Yamaha R1, superbike ini kecanggihan, supersport 850 CC tiga silinder, ini baru enak! Jadi ada tiga pemain, Suzuki GSX-R750, MV Agusta 800, dan Yamaha R8 (kalau ini namanya). Btw, Kawasaki juga sekarang jual supersport CC nanggung yah, ZX636 yang notabene juga enggak bisa dipake balap, hmm.

Superbike CC tanggung? Ini dia superbike yang eksistensinya bakalan lama!

4 COMMENTS

  1. Namanya Yamaha R9 aja, nanti taglinenya racing generation, knalpotnya dibuat khusus anak negeri, hehehehe…samaan kan namanya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here