Setelah Berhasil Podium Pertama Di WSS 300 dan Mengumandangkan Indonesia Raya di Jerez, Galang Hendra Sapa Indonesia!

2

Sobat MMBlog sekalian, bisa dibilang, hari minggu tanggal 22 oktober kemarin adalah hari yang bersejarah untuk pembalap Indonesia. Karena apa? Temen-temen pasti udah tahu, kalau pembalap Indonesia yang lahir di Yogyakarta 18 tahun silan, Galang Hendra, secara tidak diduga-duga, berhasil finish di posisi pertama! Hal ini, tentunya amat penting dan bersejarah karena Galang adalah pembalap Indonesia pertama yang menjuarai kompetisi balapan tingkat dunia! Kemarin, alhamdulillah MMBlog mendapatkan undangan resmi untuk press conference bersama Galang dan Yamaha Indonesia di Head Office Pulogadung.

Di opening speech yang dituturkan oleh Bapak Minoru Morimoto, beliau sama sekali tidak menyangka kalau Galang Hendra dapat finish di posisi pertama. Morimoto, dahulu pernah ikut membalap di ajang balap Eropa, dan ia tahu betul bagaimana atmosfer ketika membalap bersama dengan pembalap-pembalap Eropa. Pembalap Eropa yang berbadan besar, latihan yang sering karena banyak sirkuit, dan gaya riding yang “khas”, bener-bener bisa bikin rider Asia ciut nyali. Tapi beda dengan Galang, ternyata Galang mampu bersaing, bahkan bisa dibilang malah memberikan perlawanan yang sengit!

Sebelumnya, MMBlog pribadi sih udah feeling kalau Galang bakalan ngukir prestasi di WSS300. Karena di Portimao sempet kena problem di elektrikal motor, terus finish pertama di ARRC India, dan yakin, pasti jadi termotivasi abis dah di Jerez. Mantap!

Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah luar biasa ini. Terimakasih juga sebesar-besarnya atas dukungan masyarakat Indonesia dan fans, keluarga, Yamaha Indonesia, tim MotoX Racing dan sponsor. Kerja keras saya, tim dan semua pihak yang terlibat menghasilkan kemenangan ini. Berkompetisi di dua seri WSSP 300 telah memberikan pengalaman sangat berharga karena bertarung dengan pembalap-pembalap dunia. Jam terbang saya di kompetisi dunia pun bertambah. Selain skill rider dan motor yang mumpuni, mental pembalap pun sangat penting. Saya merasakan motor YZF-R3 sangat teruji baik di balapan WSSP 300. Dan mental pantang menyerah membuat saya percaya diri berjuang sampai garis finish yang membuahkan hasil kemenangan. Pastinya tak lupa selalu berdoa sebelum balapan,” ungkap Galang Hendra membagi kunci sukses kemenangannya.

Pencapaian Galang juga didapatkan karena mengikuti program Master Camp VR46 Riders Academy di Tavullia, Italia. Dua kali dia ambil bagian di tahun 2016 bahkan memperoleh kesempatan emas dididik langsung oleh sang pemilik academy itu yaitu legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi. Program itu juga dijalani oleh pembalap-pembalap muda Yamaha dari negara lain seperti Jepang, Thailand, Malaysia. Mereka dimentori oleh rider Moto2 dan Moto3 yang juga murid Valentino Rossi.

Cepat Beradaptasi dengan Tim dan Kebiasaan di Eropa

Selain edukasi yang berhubungan dengan teknis balap, Yamaha Indonesia juga memberikan didikan seputar sikap profesional rider. Galang Hendra dengan baik menerapkannya saat mengikuti dua seri WSSP 300 di Portimao (Portugal) dan Jerez (Spanyol). Dia menunjukkannya dengan cepat beradaptasi dengan tim MotoX Racing. Saat balapan di WSSP 300, Galang bernaung di bawah tim asal Italia itu.

Adaptasinya terutama adalah proses penyesuaian motor yang cepat, menyatu dengan tim sehingga seluruh anggota tim senang dengan kondisi tersebut. Chemistry yang terbangun baik itu memberikan efek psikologis yang positif bagi Galang. Hasilnya dia memecahkan rekor catatan waktu terbaik sirkuit Sagittario International, Latina, Italia (6 September) saat tes di sana. Tes itu dijalaninya sebelum bertarung di seri Portugal WSSP 300.

Saat Free Practice (FP) 2 and Superpole (SP) 2 di Portugal, dia ada di posisi ke-6 dan ke-10. Meskipun dia tidak finish saat race utama karena masalah mesin, sebenarnya hasil itu bagus karena Galang baru pertama kali ikut kejuaraan dunia. Tapi dia tidak puas dengan hasil di Portugal, sehingga ditunjukkannya lewat penampilan cemerlang yang menghasilkan kemenangan di Jerez.

Mantaaap bener dah! Selamat buat Galang dan Yamaha Indonesia atas kemenangan absolutnya di WSS300 seri Jerez! Dahsyat bener pembalap Asia, Wild Card, bisa podium pertama!

 

2 COMMENTS

  1. Pencetak SEJARAH BALAP INDONESIA PERTAMA KALI DI PENTAS DUNIA: GALANG HENDRA bersama YAMAHA dengan YAMAHA R3nya. MotoGP aja mengakui bahwa Galang Hendra adalah orang Indonesia pertama yang memenangkan salah satu turnamen balap dunia.

    Congrats!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here