Motor High Performance, Udah Gak Zaman Pake Ban Cungkring!

4

Sobat MMBlog sekalian, virus atau trend sepeda motor memang dinamis. Dulu, amat sangat sulit menemukan motor versi pabrikan, atau motor standar yang menggunakan ban besar atau lebar. Di era 90-2000-an, motor-motor yang diproduksi lokal ban belakangnya biasa maksimal 100-110, itu laku, bahkan hanya ada satu motor yang pake ban lebar yakni Thunder 250 dengan ukuran lebar 120, itupun malah susah laku (ya karena harga Thunder juga lumayan tinggi sih saat itu). Motor bebek atau matik? Jangan harap, bannya pada tipis-tipis semua! Sekarang, udah gak zaman lagi motor ban cungkring, semua menggunakan ban lebar!

ane lagi ngegas GSX nih

Bisa dibilang, bahkan, motor-motor 150 CC zaman sekarang pun sudah menggunakan ban dengan profil lebar dan tipis. Honda gacoan 150 CC-nya menggunakan ban 130, bahkan Yamaha dengan R15-nya berani menggunakan ban dengan lebar yang sama seperti kelas 250 CC yakni lebar 140! Gak lain gak bukan, hal ini karena permintaan pasar. Makin lebar, makin bagus! Pe er sebenernya sih buat pabrikan, ban lebar tapi tenaga kudu mantap, hmmm. Nah, tapi lain soal dengan motor-motor pekerja, macam verza atau megapro, ban tipis tapi gak boleh tipis-tipis amat masih dapat diterima oleh pasar.

Gimana dengan ban ayam jago? Ini dia, MMBlog melihat sepertinya pasar ayam jago yang semakin surut dan tipis harus dibuat lebih bergeliat dengan sebuah dobrakan bin gebrakan. Salah satu caranya adalah dengan melihat karakter ayam jago yang kaki-kakinya tipis dan kering, dibikin lebih kejal dan tebal dengan menggunakan ban yang lebih lebar! Gak usah lebar-lebar sampai 130, 110 atau 120 aja dengan profil tipis udah bagus. Lihat si MX King, Yamaha berani kan ngasih ban lebar untuk motor yang kategorinya moped aka bebek? Hasilnya? Ini motor laku terus!

Makanya MMBlog bilang, udah enggak zaman lagi sekarang motor ala pabrikan dikasih ban tipis. Kalau mau ban tipis, udah serahkan aja semuanya ke konsumen, wkwkwkwk, ya itu, modif ban cacing (kayaknya modif ban cacing juga udah mulai turun trendnya yah). Gimana? Ada opini tambahan masbro? Silahkan taro aja di kolom komentar ya. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

4 COMMENTS

  1. Tapi uang yang disiapkan harus lebih juga, karena semakin lebar semakin mahal. Tapi sepertinya kalau motor performa tidak perlu dipertimbangkan ya, kecuali motor fungsional mungkin harus dipertimbangkan. Saya mah standar aja hehehe..

  2. wkwkwk.. setuju Van.. semestinya dr awal sonic 150 bikin pake ban lebih lebar dr Fu, misal 90/80 depan sm 100/70 blkg.. buat diferensiasi.. apalg velg udh lbh lebar dr FU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here