Email Pembaca : Merawat Motor Empat Silinder dan Biayanya, Sebagaimana Sih?

25

Sobat MMBlog sekalian, semenjak punya Yamaha FZ6 Fazer S2 aka Mas Mul, gak sedikit temen-temen pembaca yang nanya japri ke MMBlog perihal perawatan motor ini. Secara umum nanya, gimana perawatan motor gede empat silinder. Pertanyaan yang menarik, karena MMBlog akan membahas hal ini secara menyeluruh. Moge sekennya, moge barunya, gimana cara ngerawatnya, ongkosnya, dan lain-lain. lanjut dah.

Moge Bekas 4 Silinder

Kalau temen-temen membeli motor gede empat silinder bekas, motor ini pada umumnya dijual dengan kondisi yang cukup sehat. Kebanyakan pada layak pakai, dan gak sedikit yang SIAP pakai. Mas Mul contohnya adalah moge empat silinder seken yang SIAP pakai. Langkah berikutnya adalah bawa ke bengkel untuk service! Trust me, bawa ke bengkel aja kalau temen-temen gak punya skill, kunci-kunci, dan waktu untuk service motor gede.

Biaya service, check-up, tune-up pada umumnya ada dikisaran 200-700 ribu tergantung bengkel. Itu baru jasanya aja, belum oli, busi, dan part lain. selesai dari situ, bawa pulang, motor pasti udah siap diajak riding kemana aja. Kalau udah service dan mengganti part-part yang dirasa udah enggak oke lagi (estimasi 1,5 jutaan), untuk 5000-10.000 ribu kilometer ke depan, bisa dibilang hanya perlu ganti oli aja, murah kan?

Mas, tapi kok temen ane, saudara ane, sekali service atau ganti part motornya mahal bener. Itu karena PILIHAN temen masbro aja. Sebenernya kayak oli, moge bisa aja kok dan aman sentosa pakai oli yang seliternya 60-100 ribu rupiah, kalau ngikutin yang mahal seliternya 300 ribu ya pasti jatuhnya mahal. Kayak busi, motor juga bakalan aman aja kok pake busi yang satu bijinya 100 ribu, empat jadi 400 ribu, kalau mau yang satu bijinya 250 ribu ya untuk ganti businya aja udah 1 juta. Lagi dan lagi, semuanya kembali pada PILIHAN kita masing-masing, mau mahal, atau mau murah.

Penting: kalau dirasa motor empat silinder seken temen-temen idle-nya agak aneh, atau dirasa pincang, monggo minta Throttle Body/Carburetor Syncronize. Di tiap bengkel moge pasti ada yang namanya manometer atau vaccum gauge untuk ngebalance TB atau karbu, dijamin swiinnggg..swiinnggg lagi!

Moge Baru

Moge baru mah enggak butuh perawatan, gas aja, kalau masih reyen, ikutin reyennya. Abis itu bawa ke bengkel buat service, aman sentosa lah selama dua tahun pakai. Yang bikin mahal itu, kalau pemiliknya gak puas sama ban standar, terus ganti ban mahal. Gak puas sama suspensi standar, akhirnya ganti suspensi, gak puas sama performa, akhirnya ganti knalpot, pasang Piggyback, ganti kopling dll, ye itumah jadinye mahal, wkwkwkwk, lagi-lagi, kembali lagi kepilihan!

Lastly, MMBlog Cuma mau bilang, sebenernya punya moge itu gak bikin kantong jebol-jebol amat. Apalagi kalau mogenya Cuma dipake sabtu-minggu dan dipakai ala kadarnya di hari lain. pasti awet dan enggak rewel, dengan catatan moge Jepang ya Sob. untuk ngerawatnya pun enggak ribet dan enggak susah asal motornya enggak diutak-atik sendiri 😆 . gimana? Udah menjawab belum? Mungkin ada temen pembaca yang mau sharing pengalamannya juga dalam hal ngerawat moge empat silinder? Silahkan dicorat-coret yah!

25 COMMENTS

  1. Kemarin Mas Mul di titip ke si Satar, tapi kenapa gg di review sama dia di blog nya , dan kenapa si Satar benci banget dengan Yamaha ya, alasan nya apa ya..
    Tq Vandra…..

    • Mbah sukun (pernah) punya piaraan yamaha kok . Uda prnah ada jg tulisan ttg motr yamaha.
      Mungkin ttg preferensi aja si mw nulis yamaha atw ngga.
      Atw jgn2 ulah ptinggi yahaha dimari yg prnh bkin dia kesel
      Saat ngatain profesi blogger ga ubahnya pdagang vcd bajakan
      Yg prnh trjadi tempo hari

  2. Om Vandra, review Benelli Patagonian Eagle donk, 2 cylinder yang suaranya kek 4 cylinder. Beberapa kali ketemu di jalan antara Bekasi – TG Priok jadi penasaran aja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here