Negara Rugi 23 Milyar Gegara Moge Bodong, Makanya, Pajak Moge Murahin Pak, Kan Nanti Moge Bodong Gak Ada, Duitnya Masuk Negara Semua! SUKSES!

48

“Asumsi kami, kalau berasumsi 1000, berarti dalam satu tahun negara kehilangan 5 juta dikali 1000 stnk, dikali 5 tahun, kita bisa bayangkan pendapatan Negara yg hilang seperti itu,” kata Kombes Pol Umar Surya Fana, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar – Tribun News.

Sobat MMBlog sekalian, penggalan kalimat diatas menunjukkan kalau sebenernya, moge itu bisa ngasih sumangsih pendapatan yang gede ke negara. Dari sini, sesuai judul, makanya Pak (bapak yang berwenang mana aja), Pajak moge itu kalau bisa dimurahin aja Pak. Kalau mahal dan gak rasional kayak sekarang ini ya mana ada yang mau beli Pak? Income ke negara juga dikit, terus moge bodong jadi banyak, yang rugi kan negara juga Pak? Hehehe.

Logika ini sebenernya sederhana temen-temen. Moge atau motor dengan kubikasi 250 atau 400 CC ke atas, saat ini bisa dikatakan sebagai korban PPNBM paling enggak rasional. Mobil CC gede, mungkin kena pajak tinggi masih bisa sedikit diterima, karena mungkin akan banyak makan bensin, bobot berat, dan paling buanter diisi sama dua orang. Lah moge, udeh mahal, ridernye tetep keujanan kepanasan, jalanan juga ngawur, wkwkwkwk, aneh bener emang kalau kena PPNBM tinggi.

Gini dah:

Dengan pajak sekarang = setahun laku 20 moge (satu moge nyetor pajak pertahun 4 juta) = negara dapet 80 juta

Dengan Pajak moge murah dan wajar = setahun laku 100 moge (satu moge pajak pertahun 4 juta) = negara dapet 400 juta!

Mas, tahu darimana kalau pajak moge dimurahin terus moge bisa lebih laku lima kali lipat kayak contoh di atas. Ye iyelah tau, kebanyakan yang beli moge itu mundur, begitu tahu harganya amit-amit! Coba kalau Yamaha R6 160 Juta, CBR 600 165 juta, Yamaha MT-09 145 Juta, ER6n 90 Juta, Versys 95 Juta, ZX6R 160 juta, Z900 155 juta. Inget waktu Z800 harganya masih 169 juta rupiah, itu motor lakunya gila banget! Setahun 600 unit! Ludes! Begitu harganya jadi 212 juta, SERET! Sampai akhirnya KMI ngasih promo cicilan bebas bunga kan? NOH!

Makanye Pak, mungkin di awalnye duit masuk dari moge gak segede sekarang Pak, tapi coba kalau banyak, di awalnye dapet duit lumayan, tiap tahunnye juga lumayan. Kalau enggak, pajek tahunan moge naekin aje dikit juga gak pape kok Pak, nyang penting infrastrukturnye makin asik! Tau sendiri kan pak, kalau sekarang ada banyak Kids Zaman Now yang bisa nodong emak bapaknye buat belin moge? Atau cowok yang pengen dibilang gagah terus akhirnya beli moge? Inget pak, trend moge sebenernye lagi bagus, coba deh itung-itung lagi perkara pengenaan pajak, MAKMUR Pak! Terus moge bodong kagak ade lagi, lah ngapain beli bodong kalau yang surat resminye aje murah? Iye gak Pak? Hehehehehehe. Kalau menurut temen-temen gimana?

48 COMMENTS

  1. GPajak dimurahin?
    Jangan ngarep..
    Yg sekarang aja bingung buat nutupin utang yg makin menggunung :v
    apa2 mau dipajakin.. Ada tax amnesty lah apa lah.. Hp aja mau dipajakin (liat twit rizal ramli) :v

    • Om, negara ngutang juga buat kemakmuran situ.. orang mau buka usaha aja juga butuh modal, lah situ mau hidup enak nikmatin infrastrukur enak, jalanan enak dan fasilitas negara lain mau yang enak2 tapi masa ga mau kluar modal,, dasar fakir..
      ada tax amensty itu karna banyak banget rakyat kita yg ga patuh pajak, dari ratusan juta penduduk cuma segelintir wajib pajak yang bener2 bayar pajak dan jalanin kewajibannya…
      situ kira pemerintah itu tuyul yg tiba2 bisa punya duit dalam sekejap…. coba klo semua rakyat patuh bayar pajak, negara juga ga perlu hutang besar2 mgkn, secara penduduk kita ada 200juta lebih dan terus bertambah..
      Pajak itu WAJIB, tapi tetep harus di kaji ulang besarannya.. semua boleh dipajakin, tapi harus tetap sesuai proporsi nya…

    • Pajak makin agresif krn pengeluaran besar pemasukan seret
      Negara berhutang lalu belanja di infrastruktur sengan harapan ekonomi “meroket” lalu pajak masuk lebih banyak, tapi kan nyatanya tidak semulus itu.
      Hutang harus tetap dibayar.. Pajak di genjot.. Yg bayar pajak ekonomi stagnan.
      Sepertinya akan jual aset buat bayar hutang

      #bukanBahasMotor

    • infrastruktur itu manfaat jangka panjang, dananya gak balik modal pas jadi.. tapi butuh waktu panjang untuk merasakan manfaatnya
      infrastruktur itu sama sekali tidak menghasilkan profit, tapi benefit..
      infrastruktur enak, mobilitas enak, ekonomi jalan, rakyat makmur

      baru tau pas tinggal di eropa 40% pendapatanmu dibayarkan pajak, belom ppn dan tetek bengek lainnya.. nangis nangis dah lu.. syukur di indonesia cuma 5%

    • Dieropa pndapatan rakyatnya diatas 15jt/bln, orng miskin pun makannya ditanggung negara, klo pjakk sperti yg ente blg 40%, ya ga msalah lah.
      Klo di indo,, dpetin gaji 3jt/bln aja susahnya minta ampunn,, ditambah presiden aja takut takutan naekin ump.
      Wkwkwkwkw

    • @brebet @vtec
      Semuanya itu udah dipajakin, dri makan,minum, tidur, smpe beoL pun di pajakin,,
      Tp yg skrg emng jauh lbh parahh majakinnya,
      Klo cuma ngbangun infrastruktur, tp rakyat tetap pda nganggur ya bwt apa,, tetap aja ga da manfaatnya.
      Yg makmur cuma kontrktor jlanan.
      Pmbngunan infrastruktur itu hrus sesuai dgn pndapatan negara, bukannya malah asal bngun dgn hsil Ngutang.
      Akhirnya malah cuma mnguntungkan sgelintir orng aja.

    • Satu hal lg,
      Yg dibangun itu kbnyakan Jalan ToL,
      Bukan jalan umum yg bs bwt motor,,
      Brarti apa ?? Prcuma negara Ngutang buanyakk,
      Trnyata yg nikmatin jalannya cuma sgelintir orang, tp yg disuruh bayar utangnya sluruh rakyat indonesia.
      Wkwkwkwkwk

    • Bro, infrastruktur itu banyak faedah nya,, distribusi lancar itu menentukan juga tingkat produktivitas..
      lu tau skrg pabrik gw udh makin dikit ekspor gara2 kalah saing harga sama china? padahal upah buruh kita mirip2, tapi apa? infrastruktur mereka jauh lbh baik, distribusi bahan baku lbh mudah dan murah, ujung2 nya buyer gw jd banyak beli ke china skrg… pesenan banyak otomatis buruh yg bisa kerja makin byk toh? pesenan dikit malah makin banyak pengurangan buruh, yg ada jd makin byk yg nganggur..
      situ bilang yg byk jalan tol dan pemotor ga nikmatin? memang, tapi yg mau nikmatin pajak juga kan bukan pemotor doank, rakyat kita byk bgt loh.. dgn adanya jalan tol otomatis angkutan umum sprti bus dan roda 4 lainnya akan lbh luas daya jangkau nya dan lbh hemat dlm penggunaan bhn bakar di banding lewatin jalan2 kecil berlika liku dan macet, yg nikmatin juga saudara2 kita yg masih senang naik bus dll utk pulang kampung atau sekedar jalan2.. akses ke ibukota dan juga antar kota lainnya makin mudah apa bukan sesuatu yg baik?

  2. Bener sih om, pakai prinsip grosiran aja. Biar untung kecil tapi laku berkesinambungan dan konstan. Lama2 yang sedikit tadi di tumpuk2 jadi segunung.
    Serakah amat ini orang2 pemerintahan.

  3. Ya, setuju sih dg catatan ada jaminan dari produsen motor untuk produksi moge di RI biar bisa nambah. Kalo masih impor mah malah menuhi jalan

  4. masi banyak minusnya tapi terutama soal kecelakaan, motor cc kecil aja pada ngebut alay apalagi anak tajir baru dikasi motor langsung moge?, perlu diimbangin ama pendidikan safety ato ada kelasan kaya diluar kali ya umur sekian makenya mentok 125 cc dulu

  5. Comment: sependapat bro idenya, tapi kembali lagi yg bikin kebijakan ini yg susah,, mngkin perlu digalakkan petisi lagi kayak yg dilakukan om Leopold kmaren,, sah2 aja kan, namanya warga negara berhak memberi saran yg masuk akal thd pajak yg gak Masuk akaL

  6. Ada untungnya jg pajak moge tinggi.. jadi poulasi moge gak terlalu banyak jd lebih eksklusif kl punya moge. Masyarakat kita belum siap punya moge. Pake sport cc kecil aja udah sruntulan arogan di jalan. Yg pake moge kadang di jalan minta di istimewakan, pengguna jln yg lain terusik. Biarlah jadi barang mewah dan motor hoby aja moge di sini…. Imho

  7. moge itu impor semua, klo impor barang produktif yang bisa ngehasilin devisa, pasti ,haqqul yakin tu pajak moge bakal diturunin, lah moge itu sekedar barang pakai, barang hobi, ga bisa menghasilkan devisa makanya pajaknya dibikin mahal, biar imbang antara pemasukan negara dengan defisit pengeluaran negara gara gara impor tu barang dari LN

    yang pas itu, pajak moge buatan dalam negeri yang dibikin rendah, mkanya yg dillakukan YIMM dengan bikin moge di indo bisa jadi pintu masuk dan musti kita dukung biar ada celah ke negara untuk menurunkan pajak moge buatan dlam negeri, tentunya dengan bahan baku dan TKDN minimal 90 % asli indonesia…

  8. Rugi dari mana?……
    Unit Motor, Spareparts, Bensin pemilik beli sendiri…
    nah cuma negara dak dapat pemasukan BETUL tapi bukan RUGI
    Lain hal klo oknum pejabat yg nyunat subsidi rakyat (klo ada)

  9. SETUJU!!

    Tapi kalau diterapkan PPnBM dikurangi, apa pabrikan mau nurunin harga jual produknya??

    Gak yakin misalnya skrg harga Z900 itu 225 juta, trs setelah PPnBM diturunkan kawasaki langsung ganti pricelist Z900 jadi 155 juta..

  10. Setuju mas vandra. Di luar negeri yg pendapatan perkapita nya gede aja gak semahal itu harga moge. Masa di Indonesia udah gila2an harga nya.

  11. ane sih setuju bro Vandra.. tapi seiring kemampuan beli moge, harus diiringi juga dengan mentalitas rider nya.. jangan sampe moge di kendarai alay, yg ada malah tambah celaka di jalan..
    penjenjangan SIM itu harus dan mutlak klo bgtu..
    seperti kata Uncle Ben: From great power comes great responsibility….
    kekuatan besar harus di iringi tanggung jawab (dalam penggunaanya), yg dalam hal ini yaitu penggunaan moge yg powerfull,, jgn smpe yg make gag berkendara dgn penuh tanggung jawab…

    • Yang bikin mewah enggak mewahnya itu kan pemerintah sendiri mas. Saya di artikel ini malah maunya membumikan moge. Moge diluar negeri mah bukan barang mewah mas, parkirnya aja di trotoar

    • Elu yg ga nyampe bro
      Elu uda taat bayar pajak, bagus
      Elu yakin pajak moge dimurahin, pada yakin mw bayar pajak?
      Yg pake mbeat aja 200-300rb setahun masi banyak yg ga bayar. Masi belum nyampe?

      Yg pajak mobil sejuta umat cuman 3-4 jt setahun apalagi.
      Moge barang mewah, wajar kena pajak mewah. Mau pajak moge murah, pindah ke ostrali, beli moge di sana, pake di sana aja.
      Kesimpulan ny apa? Masi banyak yg punya mental ngerasa rugi 7 turunan bayar pajak. Mau yg naek mbeat, mobil, moge seharga mobil.

  12. Lah gebleg dah.. pajak moge minta murah supaya harga moge lebih murah dan bisa dibeli banyak orang… Lah udah sadar banyak kids jaman now yg gampang banget dibeliin moge ama orang tuanya mau jadi apa nih jalan raya wkwk mending kita ngaca deh perilaku berkendara kita udah bener atau belom.. hih ga kebayang banyak bocah dibeliin moge berkeliaran di jalan raya

  13. Pemerintah untungan pajak sekarang lah mas, dari ppnbm aja 125% kalo motor 160 jt pajak awalnya pemerintah udah dapet 200 jt setara pajak tahunan selama 40 tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here