Moge Untuk Rider Mungil, Apa Aja Kira-Kira?

26

Sobat MMBlog sekalian, melihat komentar temen-temen pembaca dan juda mendapatkan email dari banyak pembaca yang menanyakan kepada MMBlog, “moge untuk rider yang mungil apa ya?” MMBlog jadi inisiatif untuk menjadikan pertanyaan ini sebagai bahan artikel. Sebenernya, percaya deh, tinggi badan, atau ukuran badan, sama sekali bukan masalah bagi temen-temen untuk riding moge apapun juga. Semua moge bisa kok dipake riding sama orang yang mungil (tinggi 155-160), karena pada dasarnya, riding moge itu adalah latihan, latihan, latihan. Tapi jawaban ini mungkin gak memuaskan temen-temen, dan tetep pengen tahu, moge apa aja yang setidaknya bersahabat untuk rider mungil, oke deh, lanjut.

  • Honda CB500 series. Inilah moge yang saat ini (yang gampang dijumpai dan dibeli) yang paling ramah sama rider. Semua line-upnya, punya dimensi yang gak jauh lebih besar dari motor-motor 250 CC. CB500F yang nakedbike adalah pilihan dasar, Honda CBR500R adalah pilihan alternatif, Honda CB500X adalah pilihan menarik, terus yang paling oke, paling oke nih, adalah Honda CMX Rebel 500! Asli ini motor joknya pendek banget, kecil, pokoknya bakalan napak dah!

  • Kawasaki 650 series. Ini juga masih termasuk ke kategori moge yang ramah sama rider mungil. ER6n dan Ninja 650 lawas, mungkin joknya masih agak tinggi, dan butuh effort serta latihan untuk menghandle berat motor. Varian baru, Z650 dan Ninja 650 baru, nah ini bener-bener mantap untuk rider mungil, percaya deh.

  • 400 CC UJM series. Tanpa ragu, MMBlog mengatakan kalau 400 CC empat silinder UJM macam Honda Superfour, XJR, dan lain-lain adalah moge empat silinder yang ramah dan baik banget untuk pemula. Kekurangan motor ini paling di surat menyurat aja.

  • Supersport? Semua supersport bakalan ramah dengan rider mungil, motornya enteng soalnya, tapi silahkan pertimbangkan untuk memasang lowering kit, karena yakin posisi riding rider mungil akan nyungsep ke depan, paha ketarik, dan kaki bakalan jinjit balet parah. Superbike? Mungkin hanya Suzuki GSX-R1000 yang ramah karena joknya dari sananya udah pendek.

  • Small to Medium Harley Davidson. HD tipe kecil dan sedang sebenernya ramah sama rider mungil, pasti karena tinggi joknya yang rendah. Tapi juga butuh kontrol dan latihan lebih untuk bisa bonding sama HD.
  • latihan, banyakin dan tingkatin rasa percaya diri, maka moge apapun bakalan ramah untuk temen-temen. Seriusan deh, jikalau udah ada rasa minder, rasa ragu, ya siap-siap jatuh bego, sumpah. Tapi begitu pede dan yakin namun respek sama motor, GS 1200 Adventure yang jangkung, gede, dan berat juga bakalan enak dibawa riding. Percaya dah. Terlebih kalau itu moge sendiri, kalau moge pinjeman pasti banyak mikirnya daripada nikmatin ridingnya.

Kalau temen-temen ada yang mau nambahin, silahkan lho, btw, intrusive adsnya gimana? Udah ilang belum nih? minta feedback yah temen-temen. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

Sama kalau ada requestan artikel, silahkan temen-temen request aja di komentar, nanti ane bikinin artikelnya, SIP!

26 COMMENTS

    • mas vandra…
      ente lupa moge2 inggris y…????
      katanya triumph 675cc naked bike 3 silinder oke punya buat rider seukuran ente…????

    • tinggi tempat duduk bukan serta merta agar terlihat moge. ada banyak faktor yang membuat moge (supersports) rata2 posisi ridingnya tinggi. setahu saya motor yang lebih tinggi jauh lebih enak untuk cornering karena CGnya lebih tinggi juga. karena CGnya tinggi motor lebih cepat miringnya.

  1. Saya pake paket data simpati n wifi speedy baik2 aja bang alhamdulillah,
    Mudah2an ga ada halangan untuk truz bikin artikel yg asik dibacanya 👍

  2. ya kawak 650 series terbaru memang sangat amat ramah, motor nya ringan dan ergonomi nya enak bgt buat harian.. yg ninja 650 nya aja tegak bgt,, hehe
    nah klo Duke 690 gimana tuh bro Vand?

  3. Suzuki GW250, bukan moge tapi sangat tidak bersahabat buat rider mungil. ogut yang tinggi 180cm aja kadang masih berasa kegedean, apalagi yg 160cm.. haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here