Honda CBR600F4i, Supersport Bekas Yang Menarik! Kalau Ada Unit Seken Terlebih Nastro Azzuro, SIKAT!

4

Sobat MMBlog sekalian, ketika kemarin MMBlog menghadiri launching varian dan update baru dari Suzuki Satria F150 Fi di Burtor 2017 SCBD, di jalan pulang menuju parkiran motor, MMBlog melihat ada seorang rider yang baru datang dan menggunakan Honda CBR600F4i. Honda CBR600F4i? Motor apa ini Mas? Bukannya Honda CBR600 itu adanya Honda CBR600RR? Nah, kita lanjut lagi yuk untuk pembahasan Honda CBR600F4i.

Sebelum ada  Honda CBR600RR, sebenarnya Honda telah memiliki varian honda CBR600 yang diberikan kode huruf F sebagai embel-embelnya. Honda CBR600F adalah varian sport yang sebenarnya enggak sport-sport amat. Ya bisa dikatakan sebagai sport touring gitulah. Karena memang Honda CBR600F, punya ergonomi yang bisa dikatakan nyaman untuk ukuran motor sport!

Motor Ini pertama kali dibuat pada tahun 1980-an.  CBR600F generasi awal memang terlihat sederhana dengan lampu kotak, gak lama, beberapa tahun kemudian dilanjut lagi dengan kelahiran CBR600F2 (1991 – 1994). Setelah F2 selesai, dilanjut lagi dengan honda CBR 600 F3 (1995-1998). Setelah eksistensi CBR600F3 selesai, pada tahun 1999 hingga tahun 2000 muncul CBR 600 F4, nggak lama setelah itu, muncul lagi generasi Honda CBR 600 F4i. Honda  CBR 600 F4i muncul pada tahun 2001 hingga tahun 2006. Sebuah masterpiece kalau MMBlog bilang.

Honda CBR600F4i punya power yang bisa dikatakan lumayan dan pas untuk motor 600 cc. Klaim dari Honda, Motor ini punya power hingga 110 daya kuda! Tentu lumayan banget untuk motor tahun 2000-an awal! Secara dimensi, Ini motor punya ciri khas ala motor gede tua yang emang secara dimensi terlihat besar! Tapi jangan salah, motor ini bobotnya ringan! Berat kotornya semua 200 kg aja! Mayan kan? Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik konvensional dengan ukuran 43 mm yang dipadu dengan ban depan lebar 120, sedangkan ban belakangnya punya lebar 180. Honda CBR 600 F4i punya dua varian ada yang joknya menyatu, dan ada juga yang joknya terpisah.

Lalu Emangnya motor ini ada yang masuk ke Indonesia mas? Ada! kalau temen-temen suka lihat di forum jual beli motor gede, suka ada yang jual motor ini mas bro. Cuma ya seringnya motor ini dijual dengan kondisi yang surat yang tidak ada. Namun bukan berarti nggak ada yang surat resmi lho. MMBlog pribadi pernah melihat iklan Honda CBR600RR yang punya dokumen lengkap dan dijual dengan harga 125 hingga 140 juta Rupiah.

Pernah juga melihat ada yang jual HONDA CBR600F4I NASTRO AZZURRO! Nah kalau ini mah collector item banget! Sikat Mas Bro kalau ada! Tapi harganya Ya lumayan! Kemarin MMBlog lihat secara langsung motornya, ternyata memang keren! Suaranya garing, merdu, dan kalem. Memang sih masih menggunakan knalpot standar, tapi alus banget, mantap lah pokoknya.

Gimana sob? tertarik? Emang oke banget sih ini motor karena emang unitnya nggak pasaran. 600cc moge look abis, harga rasional, kenceng, relatif nyaman, injection, irit, dan punya review positif! kalau ada unit second nya buruan dah! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here