Efek Domino Kawasaki W175, Gimana Kalau AHM Bikin CB Klasik Reborn Dengan Harga 27 Jutaan?

16

Sobat MMBlog sekalian, artikel ini bener-bener cuman pemikiran MMBlog aja ya. gak ada bisikan, atau informasi masuk mengenai motor klasik yang akan diproduksi sama AHM. Melihat pergerakan Kawasaki W175, menarik karena ini motor akan sedikit membuka tabir pasar motor retro yang sebenernya amat sangat menggiurkan untuk digarap. Kawasaki W175, akan memancing pabrikan besar seperti Honda yang sudah sukses duluan dengan Honda CB100 klasiknya dulu. Emangnya Honda mau aja ikutan mas?

MMBlog teringat perkataan pejabat AHM kalau ditanya mengenai “gimana respon AHM setelah pabrikan A mengeluarkan motor X , itu motor laku lho?” jawabnya selalu “AHM gak fokus kepada kompetitor, tapi fokus kepada pasar atau market atau konsumen”. Jawaban yang amat diplomatis, Kalau pasar/konsumen/marketnya laku, pasti dijabanin, dan akhirnya produknya dibikin :mrgreen: . emang sih, untuk saat ini pasar matik entry level, terlebih penjualan Beat dan Scoopy emang lagi jaya banget. Tapi mana tahu, apakah pasar sport 150 CC bakalan terang benderang lagi penjualannya kayak tahun-tahun kemarin di masa yang akan datang?

Motor retro entry level adalah oase di padang pasir yang bakalan bikin trend motor sport semakin berwarna dan berkembang. Pasar ini luas, luas banget! Untuk orang yang udah gak naik motor lagi alias sekarang mobilan, begitu lihat motor dengan tipe ini dan harganya masuk akal serta masuk dompet, maka aksi untuk membelinya pun besar kemungkinan akan terjadi. Ya dipake sih mungkin enggak sering-sering amat, tapi untuk dilihat, jalan-jalan sore, atau boncengin anak. Kan asik? Sebuah segmen emosional, inilah yang sepatutnya dipikirin dan digarap sama pabrikan. Kawasaki, tampaknya tahu betul akan hal itu.

Selain Kawasaki, yang punya potensi sebenernya ya AHM dengan mereborn CB series, platform mesin udah ada tuh banyak. Yamaha juga bisa dengan menggunakan mesin Yamaha Scorpio atay Byson. Suzuki, punya basis mesin kuat Thunder 250. Kalau udah ramai, yakin dah motor retro bakalan jadi trend dan atmosfir jalanan bakalan kayak tahun 70-an lagi, mantap!

16 COMMENTS

  1. Klo W175 laku keras ya pasti AH* jd follower, sudah tradisi setelah CS1 gagal di pasaran, lebih suka wait, see and action. Sepertinya hampir semua class type motor seperti itu.
    Tapi ya konsumen yang diuntungkan, banyak type motor dari berbagai pabrikan dan perkembangan teknologinya jg bakal semakin cepat krn efek kompetisi untuk memperebutkan market share

  2. Andai chasis frame nya model w800 kek gini atawa binter merzy.. Sayang malah chasis tipe GL yg di pake.

    Sempet waiting & kesengsem tpi W175.. Ahsudahlah

  3. Betul sekali Mas Vandra, sy sekarang mobilan, dirumah ada vespa tua 2 biji, mau pake masih aras arasen, tp klo motor retro ini pada nongol, sy tertarik beli….buat koleksi dan saya pengen pake buat ngantor…. coba sampeken sama AHM, menarik tuh CB nya

  4. Kalo ada rejeki, mau minang W175 tapi berusaha buat cash deh, ga pake riba2an… Hehe
    Kecuali bisa nyicil yang tanpa riba boleh lah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here