Yamaha FZ6 Fazer Dari Masa ke Masa, Kalau Enggak Ada Fazer 600, Kelas Ini Motornya Bakalan Biasa Aja!

4

Sobat MMBlog sekalian, ada banyak request terhadap MMBlog, agar MMBlog bikin artikel mengenai seluk-beluk Yamaha FZ6 Fazer. FZ6 Fazer, bisa dibilang sebagai pencetus moge-moge menengah saat ini yang memiliki performa baik. Yups, nampaknya Yamaha selalu jadi “pencetus” motor-motor spesial yah, kayak di Indonesia aja, kalau enggak ada Mio, Honda Beat gak akan kayak sekarang. Kalau enggak ada Vixion ya enggak ada motor-motor sport injeksi kayak sekarang. FZ6 Fazer, memaksa pabrikan lain mengeluarkan nama-nama besar kayak Honda Hornet, Suzuki GSR600 (750 sekarang), Kawasaki Z750 (Z800-Z900 sekarang), motor-motor under 1000 CC yang memukau, mantap!

Yamaha FZS600 Fazer, pertama kali memulai debutnya pada tahun 1997 di Paris Motorshow. Motor ini, ketika rilis, langsung menjadi standar baru untuk motor kelas middleweight allround. Sebelumnya, di kelas ini, line  up motor yang tersedia adalah motor-motor dengan pendingin udara, dengan performa yang “letoy”, dan sasis yang biasa aja, ketika fazer lahir, semuanya berubah. Yamaha FZS600 lahir dengan 95 daya kuda, dengan mengambil basis mesin YZF600R ThunderCat. Ini motor juga menggunakan rem depan monocaliper yang lazim digunakan di motor-motor supersport. Menawarkan performa yang bagus, ditambah dengan riding position yang natural, membuat FZS600 menjadi motor favorit kala itu, FZ6 Fazer generasi pertama ini dari awal peluncurannya sampai tahun 2002, laku hingga 83 ribu unit di Eropa, bukan angka yang kecil lho untuk motor gede!

Pada tahun 2002 alias generasi kedua, Yamaha memberikan facelift berupa lampu yang lebih tajam dan dan fairing yang lebih futuristik, tangki bengkak jadi 22 liter, knalpot stainless steel, instrumen baru, dll. Unit ini ada lho yang jual di OLX, pastinya juga masih menggunakan karburator.

generasi ke 3

Generasi kedua FZ6 Fazer ternyata hanya bertahan sampai usia 2 tahun Sob. pada tahun 2004, Yamaha secara besar-besaran memberikan ubahan yang signifikan terhadap motor yang bermesin 600 CC empat silinder, DOHC ini. Dari sisi mesin, mesin yang digunakan di FZ6 Fazer 2004 adalah mesin yang bisa dikatakan sama “plek” dengan mesin Yamaha R6 di tahun yang sama (2003-2005), dengan suplay bahan bakan fuel injection. Power maksimum meningkat menjadi 98PS di 12000 rpm, yang mana power bawah dan menengahnya jadi enak banget. mesin R6 bisa dibilang menjadi basis dari FZ6 Fazer ini, yang ngebedain adalah profile noken-as-nya yang dibikin supaya lebih ramah dan enak dipakai dilalu-lintas perkotaan. Warna mesinnya silver.

Update lainnya adalah sasis, sasisnya terlihat memeluk mesin, dan menggunakan bahan aluminium yang rigid dan enteng, hmm, pantesan bobotnya berkurang banyak. Kaki-kaki, juga mendapatkan pembengkakan, as sok depan yang tadinya seukuran Byson 41 mm bengkak jadi 43 mm. ban depan yang tadinya menggunakan ban lebar 110, di generasi ketiga bengkak menjadi 120. Ban belakang yan tadinya 160, kini menjadi standar supersport yang ukurannya 180, mantap! ada apaan lagi tambahannya? Penggunaan knalpot undertail yang stunning dan terlihat european style abis! Dengan konfigurasi knalpot 4-2-1 membuat motor menjadi smooth, suaranya berkarakter, dan adanya catalityc converter, membuat gas buangnya lebih ramah lingkungan (waktu itu masih Euro 2). Ditambah lagi, teknologi immobilizer udah dipakai di generasi ke tiga ini, anti maling jadinya. Dan terakhir, muncul Yamaha FZ6 yang merupakan versi naked dari FZ6 Fazer, motor ini langsung mencuri perhatian!

Yamaha FZ6 Fazer S2

Ini adalah generasi terakhir dari Klan FZ6 series. Yamaha memberikan segalanya di motor ini. Bisa dibilang, inilah FZ6 terbaik yang pernah ada! Selain perbaikan sektor performa dari generasi sebelumnya, S2 mendapatkan sentuhan detail dan part-part beken seperti master rem Brembo, kaliper rem monoblock. Swing arm yang diamond shape dengan axle yang lebih rigid, jok yang ada dua kontur, kesat dan halus serta empuk, dan adanya versi ABS! Mesinnya berubah warnanya menjadi warna hitam legam, ya inilah si Mas Mul, hehehehe.

Yamaha FZ6 Fazer, adalah motor yang mendunia, ini motor bener-bener bisa dibilang sebagai motor yang dipasarkan secara global dan eksistensinya lumayan lama. Makanya, di Ebay atau tempat belanja online lainnya, ada buanyak banget aksesoris dan sparepart KW-nya. Ya mungkin kalau di Indonesia udah jadi kayak Honda Win gitu lah, wkwkwkwk. Setelah eksistensinya selesai, motor ini diganti dengan tandem dari Yamaha XJ6 series dan FZ8 Fazer, gile, untuk ngegantiin mas mul, kudu pake dua motor euy, wkwkwk.

Weleh, ini artikel udah hampir 700 kata euy, semoga temen-temen bacanya enggak ngantuk! btw, silahkan disimak ye foto-fotonya. Sumber foto ada di website resmi Yamaha Eropa, mantap ini motor artikelnya buanyak banget! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

 

4 COMMENTS

  1. Tornado GS gw std 13dk@7500rpm, klo digeser ke 9500rpm naik menjadi 16dk@9500rpm diatas mbebek semprot DOHC sebelah yg cuma 15.6ps@9500rpm.

    Not bad lah buat 600cc DOHC ketika itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here