Pengalaman Service Mas Moel (Yamaha FZ6 Fazer) Di Yamaha DDS Cempaka Putih, Rapih Kerjanya dan Ini Estimasi Biayanya

22

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog menyempatkan diri untuk men-service Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 di Yamaha DDS Cempaka Putih. Setelah melakukan beberapa observasi, fix, DDS Cempaka Putih MMBlog pilih karena beberapa faktor (nanti MMBlog ulas di artikel terpisah). Pas hari sabtu, MMBlog udah sempet mampir dan nanya ke Service Advisor atau Mekaniknya, waktu itu Sabtu yang service ngantri, ada 7 Motor masbro, ada FJR1300, R6, dan MT-09, yawis setelah cari jadwal yang agak kosong, MMBlog gelandang Mas Moel ke sana.

Hari itu, ternyata udah ada juga FJR1300 punya Pak Pomal yang lagi service, motor tahun 2016, kilometernya udah 45 ribuan, wkwkwkwk, ngawal melulu sih ye pak 😆 . yaudah, tungguin aja dulu. Setelah beberapa lama. Akhirnya kebagian juga Mas Moel di oprek. Nah, pas Mas Moel dioprek ini, MMBlog kudu keluar, ngacir, karena ada meeting, dan pas balik, Mas Rico yang megang Mas Moel langsung ngasih laporan “Om, tapi throttle body udah di bongkar, kotor banget om, nih saya foto”, gileee, bener-bener berdaki itu throttle bodynya! “tadi hampir abis satu botol cleaner buat bersihin om”, dan emang jadi kinclong lagi.

 Filter udara ternyata sudah menggunakan merek aftermarket yang bisa dibersihkan, udah kotor juga, terus dibersihin dan bening lagi deh! Mantap! lanjut lagi, ternyata busi belum sempet dibongkar, kebetulan, MMBlog udah bawa busi baru yakni Denso IU27A iridium, bongkar-bongkar gak pake lama, ternyata Mas Moel masih pake busi orisinilnya NGK CR9EK Tipe Nikel, wah, udah ganti aja dah! Udah kebongkar juga! Masangnya, mantab pakai Kunci Moment! Jadi anti slek dan dol!

Om, tadi saya udah setting CO-nya, saya naikin karena sebelumnya masih Nol, standar, ini kan motornya udah pake knalpot racing plus filter aftermarket, jadi saya naekin om, biar lebih enak” SIIIPPPP!!! Ternyata setting CO Mas Moel itu gampang banget, dari speedometernya doang. Mas Moel juga merekam 7 failure code yang terekam di diagnostic, semuanya udah direset dan di repair, JOOOOOSSSSSSS!!!

tool kitnya

Oke deh, rangkai semua, dan Mas Moel di jajal. Yang paling jelas adalah distaternya asli jadi gampang banget! Sekali jentik langsung idup! Idle-nya juga jadi lebih adem, alus! Mas Rico bilang, Mas Moel bannya udah kurang oke, dan kampas rem depan udah mau abis, oke daahh! Hunting dan nabung lagi, xixixi.

Saatnya ngurus administrasi. Untuk biaya servicenya, bisa dibilang berbanding lurus dengan kinerja dan pelayanannya, Rp.400.000,- aja Sob. tapi kalau di break down semuanya yakni:

Oli : Rp.300.000,-

Busi : Rp.400.000,-

Jasa : Rp.400.000,-

Total 1,1 juta, tapi karena busi sama oli udah MMBlog cicil dari lama, jadi ya bayar service aja. Oke banget dengan tool kit yang special banget gitu, liat aja nih dibawah fotonya! Nah, inilah pentingnya service motor, jadi ketahuan yang mana yang kurangnya, jadi enak bersih-bersihnya. Next, ya karena udah ganti busi iridium, businya gak perlu dibongkar-bongkar lagi, paling nanti MMBlog bersihin filter udara aja. Siippp! Hasilnya?? Gilee, Mas Moel tarikannye jadi enteng banget! Nguber Chibi 600 Bro Gilkun mah merem melek doang Mas Moel, wkwkwkwk! Gimana? Gak mahal kan miara moge? Asal dicicil dan gak neko-neko sih biayanya wajar aja sob! semoga berguna yah!

MMBlog tanya ke Mas Rico dan Mas Jun, udah pernah megang FZ6 belum? ternyata belum pernah euy, Pernahnya FZ8 atau FZ1. Mas Moel emang langka beut!

instagram

Villa Kanaya

22 COMMENTS

    • Wkwkwk, kalo mau murah ye serpis Honda Win aje broh, jasa 15 rebu, oli 22 rebu, busi 11 rebu ?

  1. Msh murah miara 2 tak laaaa… klo pake olsam yg bagusan dikit bebas serpis 6 bulan. Ganti oli kopling 3 bulan sekali gpp, berisihin knalpot 1 thn sekali 20rb. Murah mana 2 tak vs 4 tak DOHC?

    :v

  2. Cuma mau sharing. Kalo throttle body mau selalu kinclong, kalo memungkinkan, balik ke filter udara standar. Emang si tarikan dll bakal ngga seenak filter after market. Tapi filter kertas bawaan std tu bener2 top utk masalah kebersihan mesin. Motor aing tiap buka filter dalemnya selalu kinclong…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here