Test Ride Singkat Yamaha X-Max 250 Oleh MMBlog, Cinta Pada Putaran Gas Pertama!

6

Sobat MMBlog sekalian, kemarin MMBlog bikin artikel Yamaha X-Max ketika bersanding dengan Yamaha FZ6 Fazer. Nah, kali ini, MMBlog mau bikin artikel tentang impresi berkendara Yamaha X-Max 250 Sob. ada tapinya nih, MMBlog ngetes enggak jauh-jauh amat dan juga enggak lama. Hanya di sekitaran Rempoa, Ciputat. Action cam dan foto riding juga enggak ada, karena asli dah, ini test ride bener-bener dadakan! Tapi Insya Allah, temen-temen bisa dapet input dari artikel ini, cie elah 😆 .

Ngomongin ergonomi, MMBlog udah pernah bahas di artikel ini (KLIK). Nyaman? Pastinya! Jok lebar, lumayan empuk, setang tinggi, walaupun jangkauannya masih agak jauh. Area dek atau leg room lega, enaklah. Tapi tinggi joknya nih, MMBlog yang punya tinggi badan 167 cm aja agak dibikin kewalahan kalau mau mundurin motor karena jinjitnya lumayan. Tapi okelah, gak sesetres pas jinjit pake BMW GS kok, wkwkwkwk.

Aspek performa, Yamaha X-Max ini punya yang namanya takometer, jadi rpm bisa dipantau. Idle di rpm 1500-an, suara khas mesin satu silinder masbro. Kalau gasnya dipelintir, jarum rpm naik dengan cepat. Motor pas rpm 2500, mulai melaju perlahan, pas di rpm 3000-an baru jalannya enak. Kalau di bawah-bawah atau pas start sih yang MMBlog rasain hentakannya ya sama-sama dan mirip-mirip dengan matik 150 CC, namanya matik ya ngeloyor gitu deh Sob.

Tapi lain kalau rpm sudah main di 5000-7000-an, gileeee, tenaganya ngisi terus masbro! Kecepatan 90 km/jam dapat diraih dengan amat sangat gampang pake sekali! Gak ada yang namanya ngeden, terus aja ngelaju, gak perlu shifting dan lain-lain, makin dipelintir, ya makin kenceng, makin ngacir! Disinilah pasti yang banyak bikin rider kepincut.

Handling dan Suspensi

Trek yang MMBlog lewatin adalah trek yang lurus-lurus aja, gak ada belokan yang bisa nguji handling secara maksimal. Tapi untuk ukuran matik sebesar ini, Yamaha X-Max 250, lumayan gampang dipakai selap-selip dan gak kehilangan karakter scooter yang notabene nimble. Buat zig-zag pun gampang, nurutlah motornya, gak kayak Si Merah, wkwkwkwk. Redaman suspensi gimana? Menurut MMBlog sih cukup baik, dengan karakter yang masih cenderung ke arah stiff. Entahlah, mungkin karena sebelumnya berpuluh-puluh kilometer riding pake Yamaha FZ6 Fazer aka Mas Mul yang suspensinya empuk banget kali ya.

Rem

Entah karena motor masih baru banget atau apa, MMBlog merasakan kinerja remnya termasuk dalam kategori biasa-biasa aja, tidak terlalu istimewa. Ya cukuplah untuk pengereman yang berencana, apa karakter ABS-nya memang seperti begini atau emang karena belum bedding brake pad-nya, MMBlog juga kurang tahu. Intinya sih cukuplah remnya, apalagi kalau dibejek bareng-bareng rem depan dan belakang, OKEH!

Variabel ridingnya ya kurang lebih itu yang MMBlog rasain. Oke bener untuk matik 250 CC dan harga 55 juta rupiah, ENAK! Terlebih ini motor di jalan banyak bener yang ngelihatin, wkwkwkwk. Belum umum nih Yamaha X-Max. Gimana Sob? tertarik? Silahkan di Indent dah yah, sekian, terima kasih, dan semoga berguna.

*kalau ada yang nanya kok X-Maxnya warnanya beda? Itu di repaint lagi sama Cargloss dan nambah kurang lebih 6,5 juta, dapet helm, jaket, sarung tangan branded. Mantap!

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here