Dual Disc Tapi Diameter Kecil, Atau Single Disc Diameter Besar?

12

Sobat MMBlog sekalian, Disc Brake atau rem cakram, adalah perangkat di sepeda motor yang fungsinya amat sangat vital. Rem Cakram, adalah sebuah Evolusi dari sebelumnya penggunaan rem yang populer dengan sebutan rem Drum atau Tromol. Sekarang, rem cakram juga lebih advance lagi Sob, ada tipe floating, terus juga ada perangkat ABS-nya, dll. Nah, selain fungsinya yang vital banget itu, Rem cakram juga punya appeal tersendiri. Biasanya Appeal ini tergantung dari jumlah. Di Moge, biasanya ada dua di kanan kiri roda depan, lewat artikel ini, MMBlog mau nanya ke temen-temen, lebih demen mana dual disc untuk motor 250 CC tapi discnya kecil, atau single disc aja?

Emang ada Mas motor 250 CC yang menggunakan double cakram di rem depannya? Jawabnya ada! motor-motor 250 CC empat silinder jadul mengadopsi hal ini Sob. Bahkan, ada dulu, mocin yang bernama Diablo 200S, sebuah motor sport yang menggunakan mesin Tiger, ini motor menggunakan double disc brake untuk rem depannya! diameternya kecil-kecil! menarik banget! untuk zaman sekarang, ada Benelli TNT 250 yang juga menggunakan dual disc di depan, terus ada juga Hyosung GTR 250 series, hmmm.

sayangnya, itu semua diadopsi oleh pabrikan Non Jepang, nah gimana yah kira-kira kalau diadopsi sama pabrikan Jepang zaman sekarang? katakanlah next R25 Facelift atau Ninja 250 Facelift. Kalau boleh nih, kalau boleh ngasih saran, ngasih pendapat, ngasih masukan, next sport bike ini lebih oke dikasih double disc brake yang kecil-kecil, atau tetep single disc brake tapi lebar? hmm, kalau MMBlog pribadi sih milih yang Double Disc brake tapi kecil-kecil aja Sob, lebih PADET! Gimana? yuk sumbang opini masbro! sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

12 COMMENTS

    • Iya bro, themes lama bikin server berat kerjanya, blog jadi susah di akses. Pake twentyseventeen kemaren susah discroll, jadi pake themes model wak haji/mas iwb

    • Kemarin gak bookmark blog ini gara2 temanya aneh 😂
      Ini cek lagi udah umum. Kaya punyak lek wb langsung bookmark. Hahaha

  1. Untuk safety dan penampilan.
    Pilih double disc wave floating with abs.
    Tapi kalo cuma double disc aja tanpa abs dengan mesin diatas 2 silinder yg karakter nya high rpm. Maka ini cukup bahaya karena rem mudah mengunci

  2. Lebih pilih double sih karena daya cengkramnya pasti lebih baik, tapi itu untuk motor yang powernya besar kalau powernya kecil ya single aja lah udah cukup, yg penting mah ABS kalau buat motor jalan raya. Kalau motor garuk pasir ya jangan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here