Test Ride dan Review KTM Duke 250, Aduh! Kepatil Lagi Saya!

15

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya nongol lagi nih review motor ala MMBlog, hehe. setelah sekian lama absen ngereview motor karena emang lagi ada kerjaan lain, per hari ini MMBlog berkesempatan untuk mereview motor terbaru dari KTM Yakni KTM Duke 250 2017! Bisa dibilang, MMBlog adalah blogger tanah air yang pertama kali jajal, cieeee 😆 . tadi siang ada tim dari Otomotif yang juga jajal Sob, hehe. lalu gimana? Nah, kalau MMBlog induksikan di awal, ini motor bener-bener siap bikin galau, pusing, waduh, asli dah, emang motor buat semuanya! Lanjut ke review jujur ala MMBlog.

Ergonomi dan Kenyamanan

Ini motor sesuai dengan yang MMBlog prediksi, cita rasa roadsternya lebih kuat ketimbang motardnya! Seperti layaknya motor naked, posisi riding santai tapi sigap. Posisi setang gak terlalu tinggi, dan gak terlalu rendah, lebar setang juga pas, gak kebaplangan dan gak kesempitan. Setang punya posisi atau jarak yang agak lebih jauh sedikit dibandingkan duke lawas, jadi agak selonjor dikit badan masbro, kalau Duke lawas kan deket sama badan tuh. Posisi footstep juga bisa dibilang lurus dengan jok, leg roomnya pun lega, dengkul gak terlalu nekuk layaknya riding pake ER6n, atau Fazer yang kerasa kayak lagi jongkok di jamban 😆 . Jokpun kena revisi, jika di Duke lama ada shape yang membuat sudut di pinggir jok, dan bikin ganjel, nah di Duke 250 baru ini gak ada, jok pun empuk, hmmm, beneran nyaman lho Sob! at least, ini yang MMBlog rasakan sebagai rider motor 250 CC dan 600-an CC model naked/touring! Untuk Ergonomi, saya kepatil!

Mesin dan Performa, Tetap Kencang Namun Smooth!

Oke, trek yang dilalui adalah trek di belakang ruko Green Lake Sunter, weleeh banyak jalanan lurusnya! Oia, sebelumnya MMBlog mau cerita tentang mesinnya. Mesinnya sepertinya sudah mendapatkan banyak rombakan, bisa dikatakan haluuuussss! Suara knalpotpun terasa renyah dan crispy, serta garing! Enak banget di kuping Sob! beda sama Duke lama yang ajaib, wkwkwkwk. Sekilas, feel mesinnya gak akan ngasih hentakan yang heboh, tapi ternyata faktanya berbeda!

Betot gigi 1, kecepatan dalam sekejab sentuh 43 km/jam kena limiter, betot lagi, gigi 2 dalam sekejab kena 75 km/jam kepentok limiter, dan gigi 3 kena 98 km/jam kecekik limiter! Widiihh! MMBlog sih emang gak pake alat ukur apa-apa, tapi berasa banget jambakan dan torsinya masbro! Tenaga paling nendang adalah di rpm 4000-8000 disitu Duke 250 berasa mental-mental. Kalau di spek bilang, powernya lebih kecil dari Duke lawas, emang bener sih, tonjokan dan tampolannya masih lebih nendang Duke lawas, tapi di Duke 250 2017 ini, MMBlog merasakan masih ada banyak sekali ruang luas di power dan torsi apabila temen-temen mau bikin powernya bengkak dengan mudah! Ini motor Cuma kayak ada yang “nahan”, walaupun demikian, ya tetep kenceng!

Handling dan Kontrol

Sayangnya trek kenyakan trek lurus, MMBlog hanya coba untuk Zig-Zag, dan motor emang nimble banget! Nurut! Suspensipun MMBlog merasakan kalau versi baru ini lebih adem dalam meredam getaran, sepertinya KTM ingin memberikan aspek atau sisi kenyamanan lebih di Duke 250 baru ini Sob, versi lawas berasa bener kalau kena lobang, yang baru ini redamannya enak, nyaman dah! Kontrolnya gimana? Ini motor dimensinya relatif kecil Sob, tadi MMBlog ke KTM Sunter bawa Mas Mul aka Yamaha FZ6 Fazer yang punya dimensi relatif gambot, jadi segala tentang KTM Duke 250 semuanya under control!

Rem

Asli, Asli, Asli! Ini rem depannya PAKEM Banget! Presisi! Empuk tuasnya! Bybre Radial emang gak bohong, gak percaya? Jajal aja nanti kalau ada test ride!

Lain-Lain

Visualitas spion tergolong baik walaupun gak bisa dibilang istimewa, ya kacanya kurang cembung, tapi udah oke sih. Tuas kopling aje gile empuknya! Slipper Clutch juga asli enak banget! Gak bikin badan kepontal ke depan kalau down shift. Getaran gimana? Ini dia pasti banyak yang nanya, hehehe. Getaran akan kerasa di rpm 5000 ke atas, tapiiii sekarang hanya kerasa geli-geli dikit di footstep, yang lainnya enggak ada getarnya sama sekali, overall, Duke 250 baru ini punya karakter yang halus, walaupun secara tampilan dia karakternya mean atau kejam. Sedikit kritik mungkin di speedometernya yang masih kayak model lawas, harusnya sih bisa lebih atraktif lagi.

Gawat dah, dengan harga 45 Jutaan, dapet motor Eropa, tampilan keren, nyaman, kenceng, dan yang paling utama bisa dipake! Asli ini motor bener-bener siap lho Sob dipake buat harian, touring, dan lain-lain, karena emang enak pake banget! Buat yang pengen naik kelas ke 250 CC, ini motor bener-bener siap dimasukin ke list motor pilihan, silakan dah jajal nanti kalau ada kesempatan! Enak pake banget! Oke deh, semoga ini artikel bisa nambah referensi temen-temen kalau mau minang KTM Duke 250 yah, awas kepatil lho Sob, wkwkwkwkwk. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini yah!

15 COMMENTS

  1. Yang buat kateem keren nya tuh ga lain dan ga bukan karna “beda” nya kalau dijalanan, kita kan taunya merek jepun

    • kecepatan boleh mirip, tapi tarikannya mah beda jauh bro… jangan cuma berpatokan sama speed nya..
      contoh inazuma, topspeed boleh setara CB150 atau R15 terbaru, tapi jajal gih tarik2an gag bakal nyaingin bos…

  2. sempet liat di yutub ktm 250 yg tahun 2016 pas posisi idle itu kipas sama mesin nya berisik bgt bisa di bilang ngeganggu, nah kalo yg tahun ini gimana ? sama kaya dulu apa udah ngga ya?

  3. kalo masalah getaran mesin masih berasa banget gak gan kayak duke 250 yg 2016?
    sekiranya yg 2017 ini ada perbaikan dari segi sasis, knalpot, dan berat kan beda. siapa tau getaran lebih teredam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here