Moge Second/Bekas Impian: Yamaha R6, Melimpah Tapi Fokus ke Kondisi Mesin!

15

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi ke artikel moge second/bekas. Di artikel kali ini, MMBlog mau sharing pengalaman pribadi/temen ketika pengen membeli sebuah supersport beken dari Yamaha yakni Yamaha R6. Yamaha R6 adalah supersport yang lumayan di idam-idamkan oleh sebagian besar bikers, posisinya “dream bike”-nya seimbang lah jika dibandingkan dengan Honda CBR600RR. Nah, MMBlog coba kasih gambaran, apabila temen-temen mau meminang bekasan moge ini, lanjut.

Tahun Produksi dan Surat Menyurat

Yamaha R6 bisa dibilang sebagai supersport Yamaha yang punya masa bakti lama. Yang beredar di Indonesia adalah Yamaha R6 tahun 2004 hingga tahun termuda yakni sekarang. Yang tahun lama, sebelum tahun 2006 modelnya masih lebih membulat dan lebih humanis, sedangkan unit tahun 2006, motor ini sudah berubah menjadi lebih lancip masbro, hmmm. Hampir semua tahun produksi Yamaha R6 ada di tanah. Surat menyurat-nya pun bervariatif, ada yang kosong, ada juga yang resmi. Komposisinya MMBlog perhatikan banyak yang surat resmi sih, nah. 60 : 40 kali yah.

Harga

Untuk tahun agak tua, sepenelusuran MMBlog, Harga Yamaha R6 bener-bener menarik masbro. Untuk unit tahun 2003-2006, motor ini dijual oleh pedagang moge dengan harga 110-130 jutaan. Mungkin kalau masbro beruntung bisa ketemu sama pemakai, motor ini bisa dijual lebih murah lagi. Untuk Yamaha R6 tahun 2006 ke atas Yamaha R6 dijual dengan harga 140-200 jutaan sekennya masbro. Kalau tahun muda banget katakanlah tahun 2014/2015, yaa harganya lumayan, 200 juta lebih.

Mesin

Ini dia yang menarik, fokus ke sini masbro. Yamaha R6 adalah supersport dengan redline tinggi serta kompresi mesin yang tingginya bener-bener serius. Motor ini secara ergonomi emang udah track oriented banget, jadi ownernya seringkali membawa motor ini untuk ikutan trackday. MMBlog gak mau mengklaim motor yang sering ikut track day bakalan lebih jelek kualitasnya, tapi yaa perkara digeber-geber abis pastinya hal itu dilakukan, apalagi kalau emang bekas balapan serius, hmmm. Ya terserah sih, tentu perhatikan mileage juga yah Sob.

Temen-temen bisa mencari Yamaha R6 bekas di forum jual beli, atau website jual beli moge, atau di sosial media. Unitnya banyaaaak, dan tentu saja menantang untuk dipinang, tinggal pinter-pinter aja Sob. oke deh, semoga berguna yah!

15 COMMENTS

  1. Mas, bagaimana rekomendasi untuk Benelli BN600? Saya lagi iseng iseng merhatiin moge sambil nabung, kok liat BN600 sepertinya lumayan…tapi gak tau juga makanya nanya mas Vandra barangkali punya pendapat…makasih sebelumnya

    • bung riza … sepertinya mas vandra beberapa kali buat ulasan tentang bn600 coba di cek, di forum jual beli ada beberapa tuh, yang harga nya miring

  2. Mantabh jadi bursa jual beli moge nih,oh ya bahas moge anti mainstream macam honda dn01 atau b-king dll donk,coz saya tertarik sm yg anti2 mainstream gitu sekennya gimana pasarannya?thanx..

  3. Yamaha R6 meskipun red line ada di angka 16.500 namun aktualnya putaran mesin mentok di 15.800an RPM kabarnya, itupun udah paling tinggi diantara supersport the big four Japan, selain itu R6 capaian Power puncaknya di RPM tinggi, lebih tinggi daripada kompetitornya, sehingga menuntut pembalap musti pintar2 gantung RPM supaya putaran mesin gak ngedrop. kalo buat harian sih akan terasa lebih lemot dibanding CBR600 yg lebih linier dlm urusan power delivery.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here