Analisa : Yamaha X-Max 250, Ini Matik Penjualannya Bakal Konsisten

6

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan rilis resmi dari PT YIMM mengenai kiprah dari Yamaha X-Max. Seperti yang udah temen-temen tahu, Yamaha X-Max mendapatkan sambutan yang luar biasa positif. Inden dalam beberapa jam saja bisa sentuh hingga 1000 indent, terus, area bandung merupakan daerah penyumbang prosentase terbesar di Indent Yamaha X-Max 250, 40 persen dari indener berasal dari kota ini masbro, hmmm.  Dari sini, sederhana, MMBlog bisa bilang kalau ini motor akan konsisten ngetopnya.

Fase motor beken biasanya terjadi ketika tiga bulan pertama, yang MMBlog sebut sebagai fase penasaran. Studi kasus seperti Honda CBR250RR yang kondanga banget di awal, namun sekarang, ya AHM harus puas dengan penjualannya yang standar dan biasa-biasa saja, kadang diatas Ninja, kadang di bawah Ninja. Hal ini terjadi karena Honda CBR250RR bisa dibilang sebagai “follower” yups pemain belakang, even itu motor speknya tinggi dan punya fitur segudang, tetep aja statusnya pemain baru, dan segmen sport 250, 70 persen orang beli karena Hobby, sisi praktikalitasnya hanya 30 persen (mungkin).

Gimana dengan Yamaha X-Max? Ini dia maxy scooter lebih punya sisi praktikal yang tinggi, dan X-Max bisa dibilang sebagai first mover maxy scooter 250 CC brand jepang dengan harga yang “rasional”. Ketika Honda CBR250RR mungkin lebih punya appeal ke usia produktif 20-30 tahunan (lebih dari itu, bakalan berasa bongkok pegelnyah), lain soal dengan Yamaha X-Max, range usia penggemarnya lebih luas, muda dinamis yang demen motor simpel tinggal gas rem bakalan kepincut, segmen dewasa pas, dewasa mapan apalagi karena ini motor menawarkan kenyamanan.

Intinya, selain desain yang oke, Yamaha X-Max emang scooter, tambah lagi, scooter yang bisa “dipake”. Ya iyalah, ngomongin kenyamanan, kemudahan, make scooter pasti lebih dan lebih ketimbang motor sport yang nungging, mesti tarik ulur kopling, dan bersuspeni keras serta panas. Nah, YIMM nampaknya emang jeli bener ngelihat peluang ini, kudu dimaintain nih, karena segmennya masih “biru” banget!

Gimana? Setuju Sob? semoga berguna yah!

6 COMMENTS

  1. Yap.. blue ocean.
    Kayaknya dgn segudang fitur dan pricing yg pas. Menetapkan standar maxi scooter yg tinggi utk kompetitor bermain di kelas yg sama.
    We’ll see..

  2. gw sih setuju konsisten, setuju banget malah! ini skutik bagus.. tapi kudunya lo perjelas lagi, konsisten berapa unit? jangan smp sebulan 1000, padahal pengennya 2000, itu namanya konsisten sedikit apa konsisten banyak? Atau yang penting konsisten? hehehe…Soalnya bicara harga ini bukan harga vario, aerox atau Nmax..
    bicara konsisten, r25 juga konsisten loh 😀

    Yang komen kojel kojel dijamin emang gagal paham ama komen guweh.. ngah ngah ngah

    • Lebih menarik lg menunggu hasil penjualan bulan2 berikutnya, akankah pasar sport 250 terdampak dengan kehadiran X-max ini.

  3. saya udah pake hampir sejauh 150km. Perasaan sih biasa aja nih motor. Rem belakang kurang pakem, musti dibantu rem depan. Kalo dibilang praktis buat harian sih, nggak terlalu jg. Berat sih kalo dituntun. Bagasi emang berguna, ga perlu nggemblok tas. Tapi jangan harap bisa selonjoran. Nanggung mah pijakan satunya. kaki tetep nekuk malah bikin kagok. Kalo tinggi badan kurang dari 165cm, jangan beli nih motor. Apalagi pake harian di jalur macet. Untungya jalur ketempat kerja gw ga banyak kemacetan.
    Mending beli NMAX or Aerox mah. Kalo udah duduk diatas motor, feelnya sama aja. Sekarang aja mungkin keliatan lebih keren. 6 bulan lagi dah banyak dijalanan, dah ga istimewa lagi. Mending sekalian beli kymco downton 250i. Lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here