Motor Simpanan, Mesin Sih Awet, Tapi Seal Tetep Gak Awet!

7

Sobat MMBlog sekalian, di serba-serbi motor bekas, terkadang calon pembeli atau buyer akan sangat antusias kalau mengetahui motor incarannya mendapatkan label “motor simpanan”. Setuju, MMBlog juga girang, terlebih kalau mileagenya juga rendah, wih sedap banget nih! Tapi jangan bergegas kegirangan dulu, part-part besi dan plastik mungkin masih baik kondisinya, nah kalau karet gimana?

Karet di motor biasanya berbentuk seal. Di tiap sambungan, baik body ataupun mesin biasanya ada yang namanya seal atau karet. Fungsinya macam-macam, ada yang fungsinya sebagai peredam, dan ada juga yang fungsinya sebagai sumbatan/penahan kebocoran cairan baik itu oli ataupun radiator. Nah, biasanya, waspadai kalau umur motor udah masuk ke tahun ke lima, karena disinilah usia karet udah mulai getas masbro. Seal dan packing mulai bocor disana-sini, siap-siap hunting dan siap-siap rogoh kocek buat reparasi.

Thunder 250 udah beberapa kali ganti seal karet yang bocor. Seal intip oli pernah rembes, seal stut kopling pernah rembes, seal as gear depan juga pernah rembes, ya motornya juga di pake sih Sob. Mas Winarso apalagi, Full Packing dan Seal Set nya malah udah diganti, wkwkwkwk. Giliran si Merah aka Kawasaki ER6n nih yang seal waterpumpnya bocor, terlihat si merah mulai demen pipis kalau dipanasin pagi-pagi, coolantnya netes-netes. Hmm, kudu di ganti nih seal sekaligus sama coolantnya. Padahal Si Merah bisa dibilang gak sering-sering amat dipakainya, tapi yang namanya seal, pasti kena. Alhamdulillahnya, seal mesin yang nahan oli gak ada yang bocor selama lima tahun pemakaian.

Oke deh, semoga artikel ini bisa nambag referensi temen-temen supaya makin aware sama motornya yah. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna

7 COMMENTS

  1. Satu lagi tamparan keras untuk momok yg selalu bilang mending rondho kalo bukan merek yamaha lagh, ngah ngah ngah

  2. Gk pernah rembes oli sama sekali ya dari whip hole water pumpnya… i pny cm rembes oli, tp coolant tidak… sampai yg rakitan thn 2015 jg rembes… walau gk byk…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here