Victory Vision Police Edition, The Super Incredible Cruiser!!!

9

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya blog sederhana ini membahas moge lagi, huhuhu, setelah sekian lama MMBlog gak bahas moge, kesampean juga nih ngebahas moge lagi. Moge kali ini adalah moge yang digunakan sebagai motor patwal, motor denwal yang digunakan untuk mengawal rider dalam petualangan Suzuki Taklukan Batasan dengan Suzuki GSX-S150. Ada dua unit, moge ini spesial banget, moge ini berasal dari Amerika, Victory Vision, The Super Incredible Cruiser!

Kenapa kok MMBlog bilang Victory Vision sebagai “Super Incredible Cruiser”? ini motor bener-bener deh. kaya fitur, desainnya atraktif unik, besar banget, panjang, bermesin V-Twin, pokoknya mantap banget dah! pertama, MMBlog akan coba bahas motor ini secara visual. Secara visual, ini motor punya desain yang kayak daun, yups, gede di depan, tapi punya garis nyusut yang ke belakang yang runcing. Jangan harap ada kesan klasik kayak lampu bulat ala HD Electra, lampu depannya lebar dan besar menggunakan mika yang tebal. Area atau fairing depannya kayak sayap yang siap bikin minder kendaraan dari arah berlawanan. Tangkinya panjang dan besar, setangnya juga tinggi. Area belakang? Ada box tiga biji yang siap nampung segala macam bawaan, mantap!

Secara mesin gimana? Kalau melihat mesinnya, aroma dan aura mesin V-Twin udah jelas banget kerasa. Ada tulisan angka 106 CI yang mengindikasikan kalau CC dari motor ini adalah 1731 CC! Bukan maeeeennn! Yang lebih istimewanya, mesinnya beda sama mesin Harley Davidson yang OHV dan terbiasa menggunakan Push-Rod, Victory Vision menggunakan rantai Keteng dengan empat klep di tiap silindernya. Mesinnya juga gak malu menampilan kenyataan kalau mesinnya 6 speed overdrive! Ada dua knalpot yang mengular ke belakang, dan rute headernya ada dikanan, seperti lazimnya cruiser-cruiser Amerika. Untuk pengabutan bahan bakar, dikerjakan oleh sistem EFI, nyess, bensinnya 1:15 euy! Irit juga yah!

Suaranya itu lho, aje gileeee, gedublar-gedublar brak bruk brak bruk! Wkwkwkw 😆 belum lagi, kalau diblayer ini motor biasanya knocking! Bikin minder bener!

Perkara kaki-kaki, ini motor suspensi belakangnya menggunakan single mototube air adjustable shock yang emfuuukkk, sedangkan suspensi depannya menggunakan teleskopik fork yang besar. Urusan ban, ban depan menggunakan ban dengan ring 18 dan belakang ring 16, khas cruiser banget yang pastinya bakalan nyaman digunakan jarak jauh dan ngelibas lubang. Fitur-fitur lainnya kayak ABS, Cruiser Control, Sound System, heates seat. Heated grip, semuanya udah jadi standar!

Ergonominya Gimana?

Nyaman! asli nyaman banget! MMBlog udah nyoba dudukin. tapi untuk negakin, Innalilahi, beratnya parah! motor kayak gak bergeming begitu MMBlog tegakin. Emang sih ada cara kayak tekuk setang ke arah kanan dulu, baru tegakin, tapi beresiko karena standarnya bisa aja kelipet dan malah bikin motor gedubrak. So perlu latihan dan pembiasaan kalau mau enak dan nyaman, terlebih MMBlog 500 km dan dua hari pake GSX-S150 yang beratnya 130 kg, negakin motor 408 Kg tentu kaget 😆 . setang tinggi, kaki bisa selonjoran, dan jok lebar, ini motor bener-bener memanjakan ridernya! Joknya sih rendah, tapi sayangnya lebar bener, jadi kaki mau gak mau ya ngangkang dah, hasilnya? Tetep jinjit.

Testimoni dari Pak Patwal

MMBlog sempat melakukan interview ringan dengan Pak patwal yang membawa motor ini. Sebagai referensi pertanyaan, MMBlog mencoba memberikan bandingan dengan Electra/Roadglide yang juga udah pernah MMBlog jajal. Pak Patwal mengatakan kalau Victory lebih mudah ditekak-tekuk kalau udah jalan, lebih light handlingnya, dan panas mesinnya jauh lebih adem ketimbang HD Big Size Series. Kalau buat ngawal, pakai Victory Vision lebih friendly ketimbang menggunakan Harley Davidson.

Perkara harga gimana? Ini dia, ternyata harganya pas tahun 2012-2013 ini moge bisa dibilang sebagai cruiser murah! Harga Off The Roadnya 490 juta, atau mungkin 500 jutaan awal untuk OTR-nya! Gimana? minat nyari sekennya Sob? atau beli baru sekalian? eh masih ada gak sih? menarik lho ini motor! semoga berguna yah!

9 COMMENTS

  1. Hm…dulu harga sangat menggoda buat motor cruiser kelas berat kayak gini. Kl skrg?? Mending kredit. Pake 2-3 tahun terus oper deh hahahaha. Kayaknya skrg udah nyentuh 1M ya??

  2. Yg aneh suka dari Victory ini dibanding HD adalah area kompartemen mesinnya terlihat clean, ga ada kabel pating sliwer. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here