Touring Suzuki GSX-S150 Jakarta – Garut, Menu Lengkap!

10

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini, temen-temen nampaknya akan membaca pengalaman dan review MMBlog akan Suzuki GSX-S150, apabila digunakan touring sejauh 250 kilometer sekali jalan. Dari Jakarta ke Garut, melalui Puncak – Bandung, bisa dibilang, Etape ½ ini adalah etape yang lengkap banget menunya. Oke, MMBlog ceritain dari awal-awal, tengah, hingga akhir perjalanan yah. anggep aja temen-temen lagi baca cerpen perjalanan touring, xixixi.

Sunter – Puncak, macet, macet, dan macet!

MMBlog start dari Sunter pukul delapan pagi. Hari itu adalah hari biasa Sob, MMBlog mikir, dari Sunter ke luar kota, harusnya sih gak macet yah. tapi ternyata, WOW! Luar biasa macetnya Sob! bahkan patwalpun tampak mematikan sirine karena memang lalu-lintas sudah tidak bergerak. Titik-titik seperti di By Pass, Kramat Jati, Cisalak, ini jalan bisa dibilang luar biasa padatnya. Badan masih seger, Suzuki GSX-S150 juga ringan dan mudah ditekak-tekuk untuk selap-selip, jadi memang motor ini highly rekomended untuk riding di kota besar, panas mesin? Kagak kerasa 😆 . pas sampai Bukit Pelangi – Jalan Raya Puncak, lagi-lagi, speed dapat ditingkatkan sembari cornering, , mantap!

Unit nomor 19 ini MMBlog gas normal-normal aja, rpm paling tinggi 12 ribu, gak pernah kecekik limiter, di MID konsumsi BBM-nya 1:36, hmm, ada yang salah sama tangan kanan kali yak nih, wkwkwk.

Yang dirasakan fisik: rute ini badan masih segar bugar! Aman sentosa!

Puncak – Bandung

Istirahat di puncak passs resort yang emang sering jadi tempat singgah rider moge, dari sana ngegas langsung ke Bandung. Jalan raya Labuan Cianjur mah enak, mulus, banyak lurusnya dengan sedikit kelokan hiperbolik, patwal di depan memacu mogenya dengan kecepatan minimal 70, Suzuki GSX-S150 bisa banget ngimbangin, aman sentosa pokoknya Sob. lanjut lagi, ketemu Jembatan Rajamandala, nah disini juga udah mulai kena macet, sempet stuck parah juga euy, gile kejemuuurrr, tapi sama sekali gak ada unit yang overheat, mantap!

Trek Padalarang Gunung Kapur, ini dia, trek yang MMBlog kurang demen, asli dah! Banyak truk-truk tua penganggkut batu yang nanjaknya kayak keong, udah gitu kelokannya banyak, blind spot banyak, yang berlawanan arah juga gak habis-habis! Susah mau overtaking Sob! untung, rpm tinggi Suzuki GSX-S150 menghasilnya power dan torsi yang meledak, dengan ditambah dengan komunikasi sama driver truk yang bersangkutan, rute ini bisa dilewati dengan aman sentosa.

rajamandala

Jalan Soekarno-Hatta Bandung, mantap banget macet lampu merahnya euy! Luar biasaaaahhh! Akhirnya sampai di Bandung dengan 3 menit sebelum sampai, kuyup karena hujan deras, tanggung bener!

Yang dirasakan fisik : (maaf) bokong mulai panas 😆 , yang lain tetep seger!

Bandung – Garut

111 km/jam

Ini bisa dibilang trek paling enak! Enak karena kelokannya banyak tapi jalanannya lega dan relatif mulus! Handling dan Stabilitas Suzuki GSX-S150 diuji disini, untuk nikung cepat emang motor ini amat sangat bisa diandalkan. Grip IRC Exato juga oke banget! Sampai di Garut, udah mau masuk maghrib. Pas nanjak, mesin dipanteng aja di gigi 3, itu enak banget, kalau di gigi 2 rpmnya ketinggian. Performa rem juga luar biasa ngegigit pas nahan laju motor di turunan! Hmm, siap tempur dan siap touring memang nih.

Yang dirasakan fisik : Mata kelilipan karena visor KYT R10 item bener, jadi kudu dibuka kalau udah mau maghrib, wkwkwkwk. Bokong udah mulai pegel, yang lain-lain biasa aja, karena emang riding gearnya nyaman dan pas.

Sampai Garut, MMBlog dan temen-temen masih bisa ketawa-ketiwi dan makan malem. Baru tidur jam 11, abis itu bangun pagi dan gas ke Purwokerto! Mantap touringnya! Tinggal ngakalin gimana biar joknya bisa lebih nyaman lagi buat jalan jauh nih! setelah MMBlog perhatikan, bokong mulai panas setelah 180 km riding. Solusinya bisa berdiri, atau majuin atau geser ke belakang.

Nah, ini pas hari pertama, perjalanan rute kedua nantikan di artikel selanjutnya yah! terima kasih udah membaca artikel MMBlog! semoga berguna, dan semoga menginspirasi.

10 COMMENTS

  1. buset, rumah ane di garut… lagi merantau di purwokerto…

    Perjalanan Garut-Tasik penuh sama turunan jalan mulus
    Tasik-Ciamis jalan ramai dan lurus, jalan mulus
    Ciamis-Banjar kelok-kelok enak kalo pas sepi, jalan mulus
    Banjar-Majenang jalan awal2 bagus kelok2, mendekati majenang ancurrr
    Majenang Wangon awalnya lurus enak, ketemu jalan jelek, terus belok2 enak
    Wangon-Purwokerto lurus tapi jalan gak mulus

    jarak 200km
    waktu tempuh nyantai 5,5 jam rata2 60-70kph
    waktu rekor gaspol 3 jam
    motor cs1

  2. Padalarang trek asik tikungannya,melewati sungai citarum yang besar diatas jembatan rajamandala.truknya tua2 jaman perang tp tenaganya luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here