Pengen Ban Yang Bikin Motor Empuk, Pilih Yang Aspect Ratio-nya Tinggi

4
sumber foto : kilaubiru.wp.com

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog ditanya oleh teman komplek yang menggunakan motor 150 CC. Van, gw baru ganti ban, tadinya pake Swallow yang kotak-kotak itu, sekarang ganti FDR, tapi kok jadi kerasa keras yak bagian belakangnye? Ukurannye padahal sama, sama-sama 120, tapi kok jadi beda, kurang nyaman aje, jedak-jeduk, kenape ye? MMBlog langsung ngeh, Ban Swallow kotak-kotak? Pas MMBlog kasih gambar SB-117 dia langsung meng-iyakan, browsing lebih lanjut Swallow SB-117 ternyata punya spek 120/80-17. Ban FDR sekarang speknya 120/70-17, ya iyalaaaaahhh šŸ˜† :mrgreen: šŸ˜† .

michelin anakee punya spek 140/80 malah

Terlihat, aspect ratio dari kedua ban, biarpun lebarnya sama, aspect rationya berbeda. Yang pertama SB117, aspect rationya 80 yang artinya punya tinggi/ketebalan yang lebih dari pada ban FDR yang aspect rationya 70. Makin tebal ban, makin empuk motor jadinya, efek sampingnya, motor juga jadi terasa lebih tinggi. MMBlog juga udah pernah punya pengalaman sama hal ini. Thunder 250 menggunakan ban 120/70 dibandingkan dengan 120/80 ya beda, lebih nyaman yang 120/80, walaupun, untuk cornering jadi gak selincah yang aspect ratio rendah.

Jadi, kalau temen-temen mau bikin motor nyaman dari sisi ban, silahkan cari yang aspek rasionya tinggi.

ditambah pasang suspensi yang maknyuss bisa lebih enak lagi

Gak heran, ban-ban motor dual purpose atau motor touring, punya aspek ratio yang tinggi. …/80 atau …/90 . gak hanya itu, malah ditambah dengan ring yang lebar macam ring 18! Pastinya, untuk menghajar lubang, empuk-empukan, dan meringankan kinerja suspensi, ban begini bener-bener bikin betah ridernya untuk riding lebih jauh, dan lebih jauh lagi Sob. gimana? MMBlog pribadi sih lebih demen ban begini, karena MMBlog riding nyari nyaman, walaupun beloknya kayak belok pake sepedah, xixixi.

Oke deh, semoga berguna yah!

4 COMMENTS

  1. SB 117 bukannya pake ban dalem ya? Setau saya kelebihan ban tube type itu memang punya karakter lebih empuk krn faktor Ada karet tambahan (ban dalam) selain ban luarnya. Soalnya ada temen yg keukeuh gak mau pake tubeless alasannya spt itu. Selain itu ada faktor usia ban juga. Kalo ban baru stok lama yg udh kadaluarsa memang jadi keras bgt komponnya. Banyak faktor yg mempengaruhi jg sih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here