Motoguzzi Stelvio 1200 NTX, Motor Adventure V-Engine Longitudinal Yang Gak Mainstream!

5

Sahabat MMBlog sekalian, motor adventure/crossover itu biasanya menggunakan mesin dua silinder, ya emang sih ada yang satu silinder, tapi kebanyakan dua silinder. Konfigurasinya pun macam-macam, ada yang inline kayak Versys atau Tenere, V-Engine kayak V-Strom, L-Engine kayak multistrada, dan twin Boxer kayak BMW. Ada satu konfigurasi mesin yang menarik dan dipasang di motor crossover, konfigurasinya V-Twin juga, tapi bedanya ini melintang sob, jadi keluar kesamping motor! Dan motor ini berasal dari pabrikan MotoGuzzi, bernama Motoguzzi Stelvio 1200NTX.

Motor ini genrenya crossover adventure gitu Sob. Terlihat dari beberapa foto, motor ini tampaknya memiliki kemampuan off-road yang bagus. Hmm, selain tampangnya yang eksotis, motoguzzi sepertinya tidak hanya menginginkan motornya menjadi pajangan dan menjadi konsumsi visual saja. Terbukti dari pelek jari-jari yang disematkan, otomatis membuat motor menjadi lebih kejal dan tangguh ketika harus melewati jalanan yang tidak mulus atau off-road!

Motor ini berkubikasi 1151 CC, oil cooler, V Engine melintang, bore x strokenya 95 x 81.2 mm, hmm overbore juga nih mantap, berkompresi 11 : 1, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 105 daya kuda dan torsi badak 113 Nm, weleh, ngejambak ini kang mas, terlebih V-engine pula, full of torque di puteran bawah pasti nih! motor ini punya 6 percepatan, wah berarti buat dijalan aspal juga mantep, napasnya panjang-panjang. Kemudian juga steering angelnya 34 derajat, berarti sama kayak steering angel ER6 series, mumpuni dong jadi motor komuter juga!

Tapi tampaknya Sob, ini motor lebih demen ngacir dijalanan yang gak mulus serta jauh dari hingar bingar perkotaan! Hal ini bisa dilihat dari ukuran peleknya yang serius yakni 19 inci untuk roda depan dan 17 inchi untuk roda belakang! Tangki bahan bakarnya pun gak umum ukurannya, dapat menampung hingga 32 liter masbrooooo, wkwkwkwk, kalau perut mah udah aja kembung  dengan cadangan 7 liter! Dengan ground clearancenya yang setinggi 21 cm, hmm, aman deh nerjang jalanan rusak atau bergelombang! Tapi uniknya, Joknya gak tinggi-tinggi amat yah paling pendek 82 cm dan paling tinggi 84 cm, aje gile masih lebih pendek dari Versys dong!

Tapi, ini motor gak dijual sama Motoguzzi Indonesia, padahal nampaknya, ini motor potensial kalau harganya bisa lebih kompetitif daripada BMW GS. Gimana? Menarik bener yak mesinnya Sob, motor adventure dengan mesin longitudinal, hmmm. Oke deh, semoga berguna yah!

 

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here