Knalpot Orisinil Motor, Full System Atau Slip-On Nih?

12
knalpot dua dikanan

Sobat MMBlog sekalian, hukum mengganti knalpot standar bawaan motor dengan knalpot aftermarket bagi sebagian bikers tampaknya sudah semi wajib. Memang saat ini banyak kasus-kasus penggantian knalpot yang berurusan dengan yang berwajib, tapi bahasan kita kali ini gak ke arah situ sob. Melainkan membahas opini sahabat semuanya, perihal sistem yang ada di knalpot. Dikenal ada dua sistem, yakni full system dan slip-on.

Knalpot Full System adalah knalpot yang tidak bisa dibongkar pasang, ya bahasa betawinya segelondongan gitu deh .sedangkan knalpot slip-on, mufflernya bisa dilepas dari headernya. Pabrikan sepeda motor ada yang mendesign motornya dengan knalpot full system dan ada juga yang mendesain dengan knalpot slip-on. Beberapa motor seperti milik MMBlog, Kawasaki ER6n 2012 menggunakan knalpot dengan model full-system, padahal sebelumnya yang ER6n generasi pertama dan kedua, knalpotnya menggunakan slip-on. Nah, jujur Sob, buat MMBlog pribadi, MMBlog lebih prefer ke knalpot orisinil pabrikan dengan sistem slip-on.

knalpot

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal ini. Pertama adalah simplisitas. Knalpot orisinil slip-on dapat diganti mufflernya saja, tanpa harus ribet-riber bongkar-pasang header! Dengan mengendurkan beberapa baut, lepas muffler orisinil, pasang muffler aftermarket, beres! Suara yang diinginkan di dapat, motor juga jadi gak terlalu nembak! Coba kalau fullsystem, bongkar header, terus begitu dipasang biasanya nembak-nembak, otomatis setting AFR atau pasang piggyback! Ini perkara simplisitas loh ya, kalau ngejar performa ya lain soal sob, hehe

Kedua adalah dari segi harga. Biasanya knalpot full system itu harganya dahsyat bener! Full system untuk motor-motor besar harganya bisa sampai belasan atau bahkan puluhan juga. Untuk motor berkubikasi sedang juga yang fullsystem, harganya lebih mahal ketimbang yang slip-on! Seumpama saja harga knalpot fullsystem 8 juta, tapi slip-on 4-5 juta. Nah, dengan membeli knalpot slip-on dana 3-4 juta yang udah disiapkan bisa untuk membeli aksesoris lainnya sob. Hmm, ini opini pribadi aja loh, hehe.

knalpotnya ituloh

Nah, bagaimana dengan teman-teman? MMBlog pribadi sih lebih prefer kalau knalpot motor bawaan pabrik itu modelnya slip-on seperti yang udah MMBlog ceritain di atas. Silahkan dishare opininya sob

12 COMMENTS

    • Setuju dengan jawaban ricolakrus mending standar dengan ganti header stainless karna oe tinggal dikampung yg demennya motor brisik dan samping rumah ada bengkel motor yg sampe jam 12 malam ngeblar2 motor

  1. Klo ane lbh suka knalpot ori yg slip on dengan alasan yg sama persis dengan Mas Vandra!
    Klo utk power, apalagi klo motor nya 250cc ke atas, ga perlu banget lah yg namanya upgrade power gila2an lg, tenaga nya udah sangat lebih dr cukup untuk harian, nah yg pgn sensasi suara n lbh hemat kan enak klo bs slip on..
    Toh power tetep terdongkrak kog klo pake slip on sekalipun..
    Dan klo catcon nya ga di lepas jadi tetep ramah lingkungan 😉

  2. Salah kaprahnya org indo itu, karena udh biasa nyebut knalpot “resing” jadinya banyak yg ganti knalpot cm buat nyari suara “motor resing” padahal Hal yg paling utama dari knalpot yg seharusnya disebut knalpot aftermarket itu adalah menambah power/torsi mesin. Jgn sampe ganti knalpot tapi power ngedrop.
    Minimal, nih Paling minimal yah, ganti knalpot harus bisa bikin torsi atau orang sini bilang, “tarikan bawahnya” lebih manteb. Karena jaring euro 3/4 itu Paling bikin torsi jd kecekek!!

    Jangan sampe ganti knalpot yg ngeblar ngeblar tapi dijalan disalip sama matic 110cc standar yg dibawa mbak2 pake rok.

  3. Kalo ane pengen knalpot yang suaranya adem, kalo bisa lebih adem dari orinya, tapi pingin torsi ma powernya naek trus tampilannya cantik n harus ringan om.

  4. plh full system. performa dpt bngt,suara jls lbh dpt. dgn full system,header jd lbh plong mulai dr pangkal mesin smpe silincer otomatis suara lbh menggelegar. perubahan di mesin antara full system vs slip on sngt signifikan. saran ane klu mw bikin header full system,minimal pke stainless steel bahan 304 jgn yg 201.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here