Kawasaki Z650 VS Kawasaki ER6n (Literature Review) Bukan Pembaharu, Tapi Memang Beda Karakter!

5

Sobat MMBlog sekalian, salah satu motor yang bikin MMBlog penasaran pengen ngereview dan test ride adalah Kawasaki Z650. Sayang, belum ketemu unit atau ownernya nih yang bisa diajakin kopdar, hehe. yawis, akhirnya MMBlog mencoba untuk membaca dan melihat review-review dari luar negeri. Kalau review yang hanya satu motor tanpa ada komparasi, biasanya ya jas jes jos juga, wkwkwk, tapi kalau ada bandingannya, terlebih dibandingin sama Kawasaki ER6n, baru dah reviewnya menarik!

Yang MMBlog simpulkan dari beberapa review seperti motojournal, visordown, MCN, mayoritas mengatakan bahkan Kawasaki Z650 adalah identitas baru yang memang berbeda dengan Kawasaki ER6n. Timbul pertanyaan? Jadi Kawasaki Z650 lebih baik dari Kawasaki ER6n? Di beberapa sisi memang “lebih baik” tapi karakter ER6n yang ENAK malah enggak ada di Z650. Ada beberapa tester dan reviewer yang malah tetap prefer ke Kawasaki ER6n kenapa gitu?

  1. Kawasaki ER6n punya bobot yang lebih berat, stabilitas di trek lurus dan kecepatan tinggi lebih enak.
  2. Kawasaki ER6n joknya lebih empuk, kenyamanannya lebih.
  3. Setang lebih tinggi, lagi-lagi tambah nyaman
  4. mesin yang dirasa lebih “harsh” berasa naik motornya.
  5. untuk rider berbadan besar dan tinggi, ER6n lebih pas dan cocok.

Nah, untuk kelebihan dari Z650 tinggal ambil opposite dari yang diatas aja. Motor lebih ringan, lebih sporty, mesin halus, dan untuk karakter ridernya, motor ini lebih menyasar kepada rider baru, newbie rider, bukan ke rider-rider tua yang butuh motor simpel dan nyaman. karena dari segi mesin memang, Z650 punya akselerasi yang lebih nonjok, serta pengereman yang lebih oke dari ER6n. Bahkan dari segi desainnya pun, udah bisa kelihatan kan, kalau Z650 memang dibikin lebih seksi, lebih bohay, lebih slim, lebih ringkas ketimbang ER6n yang lebih bulky, terkesan berat, dan lebih humanis.

Sepertinya sih memang, secara kasat mata aja, Kawasaki ER6n tetap lebih nyaman daripada Z650, MMBlog udah pernah ketemu Z650, mencet-mencet joknya, tetep empukan jok ER6n, setang juga kayaknya lebih ngerebah. Gimana Sob? pilih ER6n atau Z650? MMBlog sih nyari yang nyaman ajah! xixixixi. semoga berguna ya! akhirnya ada artikel moge lagih!

Sumber Foto : Motojournal

5 COMMENTS

  1. Enak ini om Z650 motornya masih nurut buat zigzag tanpa tarik kopling ama lepas gas, ukuran moge begini cukup enteng, akselerasi bener sih nampol banget wkwkwk, buat harian masih oke menurut ane om

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here