Hazard, Di Motor Apa Guna “Sebenarnya”?

17

Sobat MMBlog sekalian, Hazard, atau lampu sein nyala kedip bareng-bareng. Fitur ini biasanya ada di mobil dan di motor besar. Beberapa motor CBU yang non-moge juga udah pakai, bahkan sekarang Sport Yamaha 150 CC aja dibekali fitur ini. Nah, MMBlog udah riding selama 5 tahun dengan motor yang ada fitur hazardnya, terus, MMBlog pakai kalau apa?

Ada beberapa salah kaprah dalam penggunaan hazard. Yang paling sering dilihat di jalan adalah penggunaan hazard pas melintas di perempatan dan pengendaranya mau lurus. Biasanya mobil-mobil suka begini nih, sebenernya yang bener itu, kagak usah nyalain apa-apa, itu tanda kalau emang mau lempeng! Terus hazard juga suka dipakai kalau lagi hujan deras, emang sih jadi tanda yang atraktif, tapi tega apa bikin pupil mata pengendara lain kembang kempes karena bekerja menerima dan menormalkan mata karena ada cahaya terang yang berkedip?

MMBlog selama ini bisa dibilang jarang menggunakan hazard di Kawasaki ER6n. Biasanya MMBlog pake itu kalau:

  1. berenti malem di pinggir jalan yang relatif rame, entah itu ngecek hp, nungguin temen, dll. Biar keliatan aja Sob.
  2. riding pelan nyari alamat (gak oke sih sebenernya).
  3. udah kesel gegara macet dua jalan dua arah macam puncak kalau lagi rame (ini juga gak oke sebenernya).

Sebenernya sih, fungsi Hazard yang MMBlog tahu ya dipakai cuman pas berhenti doang. Biasanya di High Way agar pengendara lain notice kalau ada mobil atau kendaraan yang berhenti. Sekarang mah udah jadi trend juga, hazard buat touring dan gagah-gagahan, wkwkwk. terus, biasanya masbro pake hazard buat apa bro? MMBlog udah jelasin yak di atas, ada satu alasan yang oke, ada dua alasan yang gak oke 😆 .

17 COMMENTS

  1. Pas nunggu ini temen dipinggir jalan, sama kalau pas ngerem mendadak karena didepan ada obstacle/kendaraan lain ngerem mendadak biar yg belakang ane waspada/hati2

  2. kalo ujan deres bgt bgt bgt berguna nih hazard. biar ga ketabrak dari belakang. soalnya kadang lampu belakang juga ga keliatan kalo lg kondisi begitu

    • masih ada aja org yang mikir kaya gitu. lampu hazard pas hujan deras cuma menyulitkan pengendara di belakang. kalau masalah kurang kelihatan, kita bisa pakai lampu kabut, dan mobil di depan kita pasti punya mata kucing. bayangin aja, pas hujan lebat kita susah melihat jalan, apalagi diganggu sama kedipan lampu yg sangat terang.

      mudah2an sadar ni org

    • tetotttt… kalau hujan deras cukup nyalain lampu… hazard malah bikin bingung yang di belakang, ni mobil mau ke kiri, ke kanan apa diem di tempat?

    • salah bro, udah di himbau polisi klo hujan ga perlu hazard, cukup lampu senja, karena hazard malah ngebahayain pengguna jalan yg lain.. klo gag hujan sinar nya gag gtu ganggu, begtu kaca kita basah krn hujan, sinar hazard lu itu justru mengganggu karena terpantul oleh bulir2 air di kaca org lain, malah jadi kelewat terang dan mengganggu banget pandangan ke depan, khusus nya klo jarak u sama org d belakang gag bgtu jauh krn jalan padat merayap atau macet..
      jangan lagi yah nak…

  3. Biasanya sih buat berhenti kasih jalan anak2 sekolah yg mw nyebrang msuk ke sekolahan.. Kbetulan jalanan yg ane lewatin banyak sekolahan..

  4. Kalo lg di Indonesia. Ana pakai buat nyebrang lurus di perempatan tanpa traffic light. Juga kalau berhenti dipinggir jalan.

    Karena kalau GA pakai Hazard pas di perempatan jalan kampung. Apalagi jam sibuk. Suka diklaksonin sama orang-orang yang GA sabar.

    Kalau lagi nyetir diluar negeri. Ana driver di negeri orang. Ya GA perlu kelakuan kaya begitu

    • lurus ga perlu hazard. memang benar, tp ga saklek jg yg lurus pake hazard salah, kondisional. tp hanya untuk mobil (:imho ya, ini menurut pandangan pribadi.. bukan peraturan hehe)

      knp kondisional?
      contoh: banyak motor yg memang etika berkendaranya kurang, ketika lamer, banyak motor yg mau belok, merangsek ke depan, sampai memakan space/ marka/ jalur kendaraan yg mau lurus.

      ketika lampu hijau, mobil yg mau lurus (sdh bener di jalur lurus) dng keterbatasan, mungkin mau ngasih tanda ke motor disebelah kirinya yg offside/ di jalur lurus tapi mau belok.

      lha, sayangnya mungkin bbrp jd melihat hal ini sebagai kebiasaan.

      tp klo di lamer ga ada motor yg offside disebelahnya sprti diatas, ya salah nyalain hazard buat yg lurus.

  5. “Yang paling sering dilihat di jalan adalah penggunaan hazard pas melintas di perempatan dan pengendaranya mau lurus. Biasanya mobil-mobil suka begini nih, sebenernya yang bener itu, kagak usah nyalain apa-apa, itu tanda kalau emang mau lempeng!”
    Om Vand, klo liat di vlog nya bule bukannya merek juga pake untuk lurus yak? cmiiw
    lagipula klo di indonesia kita tercintah ini sperti nya perlu Om, karena klo gag pake bahaya kesaru sama org yang mau belok tanpa sein, jadi setidaknya di masyarakat kita itu udh kenal nya klo pake hazard ya lurus, klo belok itu antara pake dan gag pake sein justru,, hahaha..
    yang paling bener ya yg udh d kenal masyarakat dah, kecuali kasih sinyal belok pake2 tangan melambai2 bagaikan mau terbang/kayak orang mau gaplok pengendara di sebelahnya atau pake2 kaki dah kayak Rossi mau nikung,, wkwkwk

  6. Laa om kalo bis terutama di pantura malah dikit2 hazard nya nyala dan yg kesel tuh kalo lampu sein nya dari led dan di tambah lampu2 pasar malem gtu apalagi kalo malem pas ujan sekalian behhhh mantap djiwa tuh wkwkwkkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here