Buat Touring, Lebih Demen Bag atau Box Sob?

18
box kiti kanan

Sobat MMBlog sekalian, salah satu aktifitas momotoran yang digemari selain ngebut di sirkuit atau trackday, adalah touring atau berkendara ke suatu tempat yang jauh. Touring biasanya menjadi agenda rutin para bikers die harder yang demen rolling  jauh dan memiliki rutinitas yang bisa dibilang membuat jemu, dengan touring otak menjadi lebih segar walaupun badan rentek dan pulang-pulang kerokan  . MMBlog juga pelaku touring Sob, terus MMBlog mau nanya nih ke temen-temen, kalau touring lebih demen pake Box atau pake Bag (tas)?

Gak bisa dipungkiri, motor tidak memilki kemampuan akomodatif sebaik mobil. Padahal perlengkapan ketika bermotor itu lumayan bikin repot. Ada jas ujan, sendal, pakaian ganti, sparepart, dll. Mau bawa itu semua tanpa membawa box atau bag (tas) pasti jadi ribet, iket sana iket sini. Nah, salah satu solusi yang menarik adalah dengan menggunakan Box. Box yang dijual kebanyakan anti air, punya ruang yang lega untuk nampung barang. Tapi bukan gak ada kurangnya, biasanya center of gravitiy motor jadi berubah, handling jadi gak selincah biasanya, IMHO, dan kudu ada pasang bracket ini itu.

Solusi lain adalah dengan menggunakan Bag atau tas. Tas yang dimaksud bisa tas punggung ataupun tas yang diletakkan di bagian Jok belakang motor atau seatbag. Nah kalau ini memang lebih praktis, tas punggung tinggal bawa di badan tapi sayangnya kalau lama-lama bisa bikin pegel. Seat bag juga asyik, diletakkan di jok belakang, rapih, kompak, tapi ya gitu, kebanyakan seat bag ukurannya gak sebesar box, dan otomatis gak bisa bawa boncenger, karena udah kegusur jok belakang.

Nah, disini MMBlog mau ngajak temen-temen ngasih opininya, mana yang lebih oke antara box dan bag serta testimoninya. Semoga opini temen-temen bisa jadi tambahan referensi bagi temen-temen lain yang pengen touring. Serta mungkin ada tips-tips pemasangan dua benda ini yang bikin segalanya jadi tambah mudah? Silahkan disharing pengalamannya Sob. sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

 

18 COMMENTS

    • Lebih lega, aman kalo berenti dimana2, ga was2 kalo bag aga repot kalo yg bahanya bukan plastik takut ada yg iseng robek trus gampang dibuka orang kalo lengah..opini saye…

  1. Sayang disini gak bisa pakai trailer.
    Pengalaman pakai tas yg diiket pakai tali karet bisa bikin plastik body buritan jadi melendut, nggak pas di bagian sambungan, lagian tali karet gitu lama2 mulur juga.
    Kalau box pakai bracket jadi tidak merusak body buritan motor.

  2. Pakai box.
    Asal gak melebihi stang, InsyaAllah feeling mengendarai motor Masih nyambung & gak nyenggol kiri kanan.
    Lagipula, dgn adanya box, selain gak khawatir isinya kebasahan atau di usili, bisa meredam hasrat untuk selap-selip. Cocok buat orang yang gak sabaran, biar belajar hati-hati, pelan-pelan, biar gak nyenggol.pengguna Jalan lain.
    Sekaligus, biar pengguna Jalan lain juga aware dan jauh-jauh biar gak mepet-mepet motor kita di lampu merah atau kemacetan.

  3. Karena motor hobby saya cbr250rr, saya pake tail bag. Ngancurin estetika sih, tapi yang penting punggung bebas kalau Turing haha.

    Kalau harian mah pake matic yg bagasi gede (aka skywave). Da best motosikal.

  4. biasanya saya lebih milih bawa tas carrier kalau touring. memang sedikit capek, cuman carrier bisa buat bantal kalau mau tidur entah itu di mushola/tempat umum yang lain karena area punggung yang empuk dan tebal busanya. sekaligus buat protector punggung. plus bisa selap selip tanpa takut nyenggol pengendara lain.

  5. Hmmmm….. Jadi inget temen ane yg pakek vixon modif touring pakek top box atas kanan kiri( seriusan top box kanan kiri) dan cuma di pakek rolling malem mingguna doang 😂😂😂 dah kayak tukang sayur langganan emak ane 😂😂😂

  6. Lebih suka sama box .. Selain aman dan gak ribet.. Cuma feelnya pasti berubah dari gak pake box ke pake box, cuma lama2 terbiasa juga kok .
    Point tambahannya bisa buat senderan boncenger wkwkwkwk

  7. Kalo touring cuma deket deket biasanya cuma pake tank bag aja,, tapi kalo agak jauh ya di combo sama top box
    Temen temen sini kalo lagi pake top box stang nya jadi agak godek gk sih?

  8. ane turing sendiri cukup pasang braket aja,bawa carrier/ransel d iket pake tali. klo parkir ato istirahat tinggal gendong.
    kecuali klo bawa boncengan baru deh pasang Box,cewe ribet side box kiri kanan buat barang dia senua,,

  9. Saya udah bandingin selama 7 taun antara box dan bag. Tetep prefer box soalnya jadi gak capek dan gak khawatir barang2 kehujanan. Cuma kelemahannya jadi agak berat belakang. Mau jalan jauh / deket mah sama aja tetep pake box

  10. Saya harian pake top box, maklum orang lapangan yg medannya semi offroad😁. aman dari air n tangan jail. Kalo NMP tanpa box, setir juga udah godek2 dari sananya. Shock belakang ditnggikan dikit, wes lumayan. Tapi gak bisa rebah2an lagi😆. Salam dari blitar mas, kota proklamator

  11. Pake top box enak, perkara stang jadi oleng aka godek godek aka teratasi kalau ada boncenger 1 istri dan 2 anak. maka center gravitynya tetep di tengah. aman! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here