Yamaha V80, Kisah Bebek Legendaris Pencari Kulit Kayu di TPK Pagotan

8

Sosoknya mungkin sudah tidak selengkap dulu, desainnya juga terlalu sederhana untuk disandingkan dengan sepeda motor kekinian. Tapi motor ini adalah motor yang sama sekali gak bisa dianggap remeh. Salah satu dari puluhan besi tua di TPK Pagotan Madiun, motor ini bertugas mencari kulit kayu, ketika onggokan besi tua yang mampu berlari mampu membawa serpihan kulit kayu, serta senyum rider tua yang menjadi sahabatnya, disitu MMBlog melihat bahwa sepeda motor adalah kendaraan cinta. Yamaha V80, motor ini mungkin tidak sepopuler Honda C70 atau pispot lainnya, tapi eksistensinya, terlebih kisahnya menarik juga untuk diikuti.

Yamaha V80 adalah bebek keluaran Yamaha yang lahir pada tahun 1982 hingga tahun  1986. Usianya lebih tua ketimbang MMBlog, jelas banget Sob. motor ini adalah motor dengan mesin dua tak, CC 79, kompresinya 6,8 : 1, menggunakan karburator, dan voltase kelistrikannya 6 volt. Tampaknya, motor ini pada zamannya pengen dibenturin keras dengan Honda C800, secara desainnya memang satu nada satu selera yah Sob. MMBlog lumayan tercengang melihat iklan motor ini yang apa adanya dan jujur:

  1. tenaga yang lebih besar 7 – 8 PS pada 6500 rpm
  2. kemampuan mendaki yang mengagumkan.
  3. bahan bakar yang sanggup 72km/liter dengan kendaraan yang dipacu 30-40 di jalan datar.
  4. Oli samping yang hemat, 1200 km/liter
  5. Maksimum speed yang lebih tinggi (mungkin dibanding C800 kali yah).
  6. akselerasi yang lebih unggul (lagi-lagi, dibanding rivalnya mungkin nih C800)
  7. Tanpa aki masih bisa jalan.

Nah, itulah keunggulan-keunggulannya yang ditulis di Iklan, dan emang kalau perkara mesin, mesin motor ini gak usah diragukan lagi kualitasnya Sob. mesin motor Yamaha V80 yang ada di TPK Pogotan Madiun ini masih sangat halus, sekali engkol langsung hidup, dan bener-bener diandalkan oleh empunya yang juga sudah tidak muda lagi untuk mencari kulit kayu untuk memasak.

MMBlog pantau di situs jual beli online, ini motor ternyata ada juga yah yang jual di daerah Jawa Tengah/Jawa Timur. Harganya juga bagus, murah meriah euy, yang full body lengkap juga ada yang jual, bisa banget nih dijadiin motor koleksi. Oke deh, semoga berguna dan jangan lupa untuk selalu bersyukur yah Sob.

8 COMMENTS

  1. Dulu waktu sd diantar ke sekolah naik ini,pertama kali belajar motor jg pakai ini,setelah dijual sama yg beli katanya mau dibawa ke desa mungkin buat angkut gabah….

  2. Pilihannya cuma 2 , masuk musium barak koleksi, atau besi tua , oerasional selama masih jalan, termakan jaman , waktu terus bergerak umur bergerak tua begitu juga motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here