Test Ride Singkat All New Honda Scoopy, Kelincahan Bertambah!

7

Sobat MMBlog sekalian, gak bertele-tele, di artikel ini MMBlog pengen cerita pengalaman MMBlog kemarin test ride All New Honda Scoopy 2017. Begitu tahu ada sesi test ride, tentunya MMBlog excited banget! Gimana enggak, MMBlog kan rider Scoopy udah 7 tahun sejak pertama kali Scoopy ada, nah gimana dengan update dari Scoopy baru ini kalau dipake jalan?

Lokasi test ride adalah area parkir Gandaria City yang dibelakang Piazza. Ada beberapa Set-Up jalan yang AHM berikan, seperti ada secaman gundukan polisi tidur, jalanan yang kelak-kelok, dan ada beberapa spot jalan berbelok. Memang, dirasa kurang komprehensif untuk sebuah review, tapi gak papa, toh muternya bisa banyak juga kok karena kesempatannya kemarin tersedia banyak.

Pertama untuk performa, mesin 110 CC ESP ini staternya kalem, jelas beda banget sama Scoopy milik MMBlog 😆 . di gas dikit, khas mesin ESP 100 CC yang digunakan di Honda Beat, responsif! Gak banyak jeda, gak butuh rpm tinggi, gak ngeden-ngeden, All New Honda Scoopy ESP ini bisa langsung ngacir! Ketika rolling di kecepatan 20 km/jam kemudian gasnya di hentak, respon mesin lumayan nampol terasa, nyuuuttt! Tentu untuk berkendara sehari-hari udah gak usah disangsikan lagi deh. Oia, mesinnya sama kayak mesin generasi sebelumnya yah Sob, So temen-temen pasti juga udah banyak yang tahu gimana performa-nya.

Handling? ini dia, MMBlog kasih banyak jempol untuk perkara ini. Kelincahan All New Honda Scoopy bisa dibilang semakin menjadi-jadi! Ini motor jadi gampang banget di tekuk ke kanan dan ke kiri. Ringan, enteng, dan mantap! ternyata menggunakan ban ring 12 inci memang menjadikan motor lebih lincah secara instant. Walaupun menurut penjelasan Bapak Sarwono Eddhie, total lingkar luar ban yang pelek 14 dan 12 ini gak terlalu jauh bedanya, karena ban ring 12 ini menggunakan ban yang profil-nya tebal. Kata Om Kobay, MMBlog kalau bawa Scoopy jadi kayak punya kepribadian lain, nah kayaknya pas pake Scoopy baru ini bisa punya kepribadian lagi juga deh.

Riding position? Khas Scoopy atau matik Honda lain, dek tempat kaki berpijak terkesan tinggi. Apalagi MMBlog belakangan ini jarang pake matik, ngopling melulu 😆 . jadi agak kagok pas mau naekin kaki. Nyaman? khas matik Honda yang kalau ditunggangin emang nyaman, apalagi Scoopy, wkwkwk, udah deh tinggi 167 cm berat 72 kg kayak MMBlog mah udah ngeblend banget sama motor. Terus yang concern MMBlog adalah suspensi nih, Scoopy lawas punya karakter suspensi yang bisa dibilang kagak empuk-empuk amat dan mentul-mentul. Nah, di Scoopy baru, hal ini sedikit terobati Sob, walaupun emang tetep gak bisa dibilang empuk yah, karena reboundnya cepat dan gejala mentul pas kena jalanan berundak tetep kerasa.

Untuk hari-hari mah oke banget! Ini motor enak dipakenya, responsif, lincah, remnya pakem! Cuma ya kalau kena lubang, kudu sigap karena rendamannya pasti gak sehebat motor-motor dengan pelek ring 17, wajar, Fashion Skutik! Oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah.

Kredit Foto : Sumarlin Putra

7 COMMENTS

  1. jadi penasaran apa sifat mesin Scoopy lawas (dan Beat eSP Series) kan di kecepatan 40-60 kpj ada sedikit jeda, kalo digas kedodoran masih ada ga di Scoopy yang baru ini 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here