Test Ride Honda CRF250 Rally di Trek BMX Ancol, Wah Ini Motor Emang Demennya di Tanah!

4

Sobat MMBlog sekalian, sesuai janji MMBlog kemarin kalau MMBlog akan menyegerakan untuk merilis artikel test ride dan review motor baru Honda yakni Honda CRF 250 Rally. Nah, di beberapa paragraf berikut, temen-temen akan membaca review sederhana MMBlog akan motor ini yang udah MMBlog gas di trek BMX Ancol. Trek ini adalah trek yang bisa dibilang trek have-fun, bukan trek kompetisi. Untuk menguji kemampuan off-road motor tentu udah oke banget.

santai beneerrrr

Treknya adalah kombinasi antara jalanan tanah yang diberikan rumput-rumput kering, terus ada juga tanah lembeknya, lalu ada sedikit pasir, dan sedikit jalanan aspal. Gundukan-gundukan yang tinggi juga tersedia guna melihat gimana kinerja suspensi dan melihat, apakah ada senggolan antara bagian terendah motor dengan tanah. Tentu sirkuit ini berbeda dengan sirkuit tempat Yamaha WR250 dulu MMBlog test, di pondok cabe adalah trek cross yang memang sejatinya siap bikin motor rangsek, hanya spesial bike aja yang bisa jumping dan terbang disana, monggo diklik untuk artikelnya yah.

Oke, naikin Honda CRF250 Rally buat tinggi MMBlog yang 167 cm gak perlu ribet-ribet naik ke footstep duluan, MMBlog gak ada problem atau momok lagi kok sama motor yang jangkung, udah faham bener gimana cara naikinnya. Naikin, ini motor emang tinggi, tapi untungnya ringan. Nyalain, bruummm!! Tone suara mesin satu silindernya langsung berkicau dan berbicara dengan sopan, okelah, tarik tuas kopling, kasih gas, Rally-pun maju perlahan.

Dilintasan rumput, traksi ban dual purposenya amat sangat baik. Untuk menaiki gundukan setinggi 50 cm dapat dilakukan dengan mudah dan rileks. Perkara kaki-kaki no doubt lah, gak usah diragukan lagi, ini motor malah MMBlog bilang emang empuk suspensinya, redamannya maknyuusss! MMBlog dikasih dua putaran, sama sekali gak ada yang namanya riding kenceng atau wheelie-wheelie, wkwkwk, ya riding sopan aja. Untuk off-road ria mah udah oke banget, tuing-tuing doang istilahnya.

Ground clearance yang tinggi, profile ban yang depan ring 21, membuat semua lintasan berasa jadi bisa gitu buat dilewatin. Nambah seimbang, coba riding sambil berdiri, wih bener-bener jadi tambah enak! Jalanan tanah becek plus pasir gimana? Pastinya ban jadi kehilangan traksi sedikit, modal kocok gas motor udah langsung melejit lagi! Ya pokoknya kalau buat jalanan non-aspal, ini motor emang siap jalan!

Lalu gimana dengan jalanan aspal? Ya apalagi, eceesss! Posisi ridingnya nyaman, setang tinggi dan lebar, emang sih aspalnya gak jauh dan panjang, tapi ya okelah, sama sekali gak ada masalah untuk on-road riding. Mungkin kalau buat hari-hari, siap-siap aja adaptasi sama setangnya yang lebar itu. Sama kalau nemuin jalan rusak di jalan, gak perlu ngeles atau khawatir lagi, embat aja udah, wkwkwk, cocok deh buat jalanan tanah air yang unpredictable.

Performanya gimana? Gigi 1 dapat sentuh 50 km/jam PAS on speedo. Untuk mencapai kecepatan segitu, gak butuh trek yang panjang, hentak aja pasti langsung nyampe kecepatan segitu. Tarikannya berasa responsif dan torqy khas satu silinder, mau dipelintir kayak gimana juga Insya Allah tetep terprediksi lah Sob. kalau masbro pernah jajal Honda CBR250R Jomblo, nah, ini motor tenaga bawahnya sedikit lebih nampol dari CBR jomblo Sob. ada satu yang bikin tambah nikmat adalah getarnya, wkwkwkwk, lumayan berasa kalau rpm tinggi di area setang. Rem? Ini dia, berasa pakemnya pake banget!

Lalu gimana kesimpulannya? Honda CRF250 Rally emang bisa dibilang sebagai motor Enduro Trail yang siap dijadikan sebagai motor mainan. Yups, mainan, ini motor bener-bener bisa diajakin main terabas dan off-road, dan layaknya mainan, bisa juga dipamerin karena sosoknya emang unik, atraktif dan keren dengan warnanya yang mencolok. Dibandingkan dengan KLX 250 atau WR 250, Honda CRF 250 Rally mungkin gak selincah dan se-liar mereka, tapi motor ini lebih bisa dipakai untuk jarak jauh karena joknya nyaman untuk didudukin dan tingginya gak setinggi dua motor trail murni tersebut. Power dan torsi juga udah lebih dari cukup untuk menaklukan dan melewati berbagai kondisi jalan. Dengan har 62 jutaan, ini motor MMBlog rasa udah pas banget dah buat masbro yang pengen motor anti banjir, seneng off-road, bisa diajak mejeng, dan blusukan.

Komparasi dengan Versys 250 bakalan MMBlog bikin Sob. oke deh, semoga berguna yah!

Thanks to Om Kobayogas dan Mas Rama Otoborn yang udah motoin MMBlog

4 COMMENTS

  1. Biasa nyuruh orang nuntut tanggung jawab. Susah bila sdh kebiasaan jelek minta dimaklumi, ada artikel beli helm mahal motor mampu yg lainnya perhitungan 😂 beli motor mahal mampu pelihara kanpas rem kw, ya sudahlah klw celaka semoga ngak kena orang lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here