Semakin Sering Ketemu Honda Kirana, Kok Jadi Menarik Untuk Di Koleksi Yah?

8
sumber foto : KLIK

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari belakangan selama MMBlog riding di Ibukota yang keras ini, selain Suzuki GSX-R150, MMBlog juga sering ketemu sama Honda Kirana. Honda Kirana adalah sepeda motor Honda yang bisa dibilang gak terlalu sukses di pasaran. Strategi “terjebak nostalgia” yang dibenamkan di desain Kirana tampaknya gak terlalu ngefek untuk mengangkat motor ini menjadi hebat di masa-nya, walaupun, kenyataannya, mesin Honda Kirana adalah mesin yang hebat, menarik dan bikin gemes, ini motor nampaknya layak dijadiin motor koleksi.

Sejarah MMBlog dengan Honda Kirana ada tapi enggak banyak. Dulu pas SMA ada temen baik yang menggunakan Honda Kirana sebagai armada hariannya. Hingga kuliah di kampus tercinta Universitas Indonesia, sahabat lama MMBlog itu juga sering membawa motornya dari Manggarai ke kampus. Waktu itu MMBlog masih menggunakan Kawasaki Eliminator 175, MMBlog suka konvoi bareng, temen MMBlog yang bawa Kirana itu bilang, “Van, ente kalau mau ngebut, ngebut aje, gak usah ditahan-tahan motor ente”.

Emang bukan omong kosong, mesin 125 CC Kirana adalah mesin yang mampu berakselerasi kencang dan punya top speed lumayan tinggi! Ngikutin motor dengan power weight rasio yang kurang oke kayak Eliminator 175 tentu bukan perkara susah, terlebih tahun 2004 jalanan belum se”gila” sekarang, masih enak buat riding agak kenceng. baca di forum-forumpun Kirana emang punya tenaga yang superb, CDI yang unlimited, dan bobot yang luar biasa enteng.

Selama MMBlog ketemu Kirana di jalanan, yang bawanya juga memacu Kirananya dengan kecepatan yang lumayan. Ini motor dari belakang gampang banget dikenalin, kemungilan dan kekurusannya mungkin hanya bisa ditandingi oleh tampilan visual Honda Win dari belakang, asli mungil banget! Unit yang MMBlog temui pun masih dalam kondisi fisik yang oke punya, segar, hmm, menarik juga nih motor untuk dikoleksi sepertinya. Tapi rem depannya maknyus juga yak, teromol euy, xixixi. Ngeremnya kudu ngocok nih!

Gimana Sob? mungkin temen-temen pembaca ada yang punya Honda Kirana atau pernah punya motor ini? Di jalanan semakin sering kelihatan ini motor. Oke deh, artikel intermezzo aja nih Sob, sekedar cerita pengalaman. Semoga berguna yah!

8 COMMENTS

  1. Kirana Kalo cuma buat ngejabanin nmp/byson mah enteng masbro
    Saya dah sering jakarta-solo pake kirana
    Mesinnya Memang ok masbro
    Kelihatan mungil tapi berat body sama dg supra 125
    Sayang punya ku pajak dah mati 2th

  2. motor pertama ane kirana, habis itu dibeliin suprax 125 (mata betmen) cuma bertahan 6 bulan habis itu tuker lagi sama si kirana, tarikannya lebih nampol daripada suprax 125 dan kharisma (jujur, keluarga FBH banget sih). sampek akhirnya oktober 2010 kecelakaan pake kirana dan nyari sparepart bodynya susah, terpaksa dimodif total ke suprax125 v1. mesin masih oke sampek sekarang meskipun jarang dipake karena tiap hari naiknya new megapro. hehehe

  3. Dulu bokap motor kesayangannya kirana motornya enak rajin lagi rawatnya pokoknya motornya kya baru trs kinclong bodynya… Sekarang motornya antah berantah… Sekarang sisa supra c100 ijo…

  4. Alhamdulillah, Honda Kirana 125 tahun 2003 milik saya masih ada utuh dan gak rewel mesinnya sampai sekarang.
    Setiap hari aku pakai kerja , dengan jarak tempuh -+ 42 Km PP.
    Dulu waktu masih baru top speed bisa sampai 120 Km/ jam
    POKONYA KIRANA 125 JOSS…..

  5. Pernah punya dua motor ini,tapi akhirnya yg satunya dijual karena sering kecelakaan,banyak yg mengakui kelebihan motor ini,cuma desainnya yg kurang diterima.

  6. Kirana ku (2004) sampe sekarang masih setia nih walau body udah ancur kanan kiri (top speed nya itu loh). Sebenarnya ada keinginan buat modif ke body yg lain, cuma masih ada rasa… Gimana gitu… Pengennya sih mau balikin ke tampilan orisinilnya… Cuma gimana lagi spare part buat body gak ada yg jual 😥😥😥
    Sampe sekarang masih awet banget mesinnya meski sering banget di geber >100kmph dimasa muda nya.
    Kirana Ai Lop yu pull.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here