Ganti Filter Oli Kawasaki ER6n Dengan Filter Oli Honda Jazz Astra Otopart, KLOP!

23

Sobat MMBlog sekalian, trip B si merah udah menunjukkan angka 2500 kilometer. Wah, berarti oli Federal Supreme XX Racing yang ada di mesin si Merah udah perlu dikuras dan diganti nih. Gak heran, suara mesin udah rame banget, agak kasar, tarikan juga udah kurang sip. Yaudah ganti lah, lihat-lihat oli nganggur, gak taunya ada Castrol Power 1, tapi sekalian ganti filter ah. Oke kalau filter kudu hunting.

Tadinya, pengen tetep ganti filter oli dengan Ori Kawasaki. Tapi kok rasanye males bener ngegas ke bengkel resmi sementara, itu Shop and Drive berdiri nyolot banget di depan komplek, wkwkwkwk. Yaudah, mampirlah, denger-denger, filter Oli Kawasaki ER6n bisa pake Honda Jazz. Cari aja deh disono, nanya-nanya, eeh ada ternyata! Harganya 46 ribu rupiah, warnanya merah pula, cocok banget sama si Merah nih.

Sampe rumah, langsung kuras oli, sampe oli abis, baru bongkar filter. Pake alat bantu khusus, akhirnya filterpun kelepas yang mengakibatkan header jadi ketumpahan oli, wkwkwkwk, bodo amat daaah 😆 . Oke coba instal filter Honda Jazz merah itu, dan ternyata emang klop, Plug and Play, terus tampilannya juga jadi lumayan keren, merah ketemu merah, prikitiuw!

Ya lumayan lah, harganya setengah dari Harga filter oli OEM, dan kinerjanya sepertinya sama aja. Selesai proses, langsung idupin, “greenngg”!!! Haluussss! Oke deh, motoran ala MMBlog banget ini, gak perlu mahal, simpel, tapi fungsional, hehe. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah. BTW, kalau ada yang mau share filter oli subtitusi buat moge atau motor lainnya monggo lho Sob. Berbagi itu indah!

23 COMMENTS

  1. Usul Om, bikin semacam artikel or data parts2 motor yang bisa saling substitusi, misal filter er6n = filter honda jazz, kampas rem depan KLX = kampas depan Thunder 125, dst2.

    Bisa buat data modifan khususnya motor2 antik yang dah diskontinue

    Makasih.

  2. Kalo buat filter sih yg peting mesh saringan olinya sama ga akan masalah. Btw buat cebeerdualimapuluherer subtitusinya apa ya? Menurut isu berhembus kan filter orinya tembus 300rebu. Bawah anr mungkin ada yg tau?

  3. ha ha, sip banget. memang terlihat keren.

    Tapi olinya kok sampai bikin mesin kasar begitu, padahal juga baru 2500km. harusnya oli motor bisa tahan dikocok. Apa kalau habis dipakai rpm tinggi suara mesin kasar ya? coba tambah 10% minyak goreng, banyak yang mesinnya jadi lebih senyap. Atau paling tidak pakai oli yang nggak bikin mesin berisik. sayang mesinnya.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/03/10/ini-alasan-mengapa-film-strength-jauh-lebih-penting-daripada-kadar-moly-atau-zddp/

  4. kalo punya saya si hulk/ninja fi saya pake filter oli nissan grand livina/xtrail,yang ori kisaran 50rebuan yang sakura 1823 itu 35rebuan saya pakai yg ori nissan rasanya lebih enteng di dompet,ngoahaha:::::::::

  5. Misalkan pengen ganti jenis oli, itu harus ganti filter juga ato engga? Dan oli yg selama ini dicoba, yg paling klop buat er6 apa mas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here