Adjuster Kopling, Sepele Tapi Fungsional

4

Sobat MMBlog sekalian, sepeda motor sekarang ini udah umum banget ada yang namanu adjuster di tuas rem. Biasanya sih di moge-moge, hampir di semua moge udah bisa disetel tuh jarak tuas remnya. Tapi untuk di tuas kopling, nah ini, masih belum umum di terapkan oleh pabrikan Sob. Padahal gak cuma rem yang penting dipasang beginian, tuas kopling juga perlu dan penting. Emang buat apa?

Ada kondisi di jalanan yang seringkali membuat MMBlog jadi pengen bikin tuas kopling di setel “jauh”. Yakni pas riding lagi enak-enaknya, riding pas jalanan lengang, riding pas touring, kenapa gitu? Karena shifting jadi lebih enak soalnya tuas kopling cukup ditarik sedikit, gak perlu banyak-banyak. Untuk dijalanan rusakpun, setelan tuas yang jauhpun memudahkan biker untuk menyeimbangkan motor. Gak perlu narim tuasnya dalem-dalem yang mana butuh empat jari, cukup dua jari udah ke kontrol. Setelan kopling ini kalau di ER6n ada di posisi No 1. Tuas kopling setelannya langsung jauh POL.

Ada juga kondisi dimana MMBlog pengen agar tuas kopling disetel lebih dekat. Yups, pas macet! Jadi lebih enak karena baru lepas kopling sedikit, motor udah jalan. Atau pas lagi riding biasa di perkotaan, setelan kopling ER6n bisa di posisikan di posisi 3 atau 2. Lagi-lagi tinggak muter yang bulet-bulet itu doang Sob. Di beberapa moge lain, setelan kopling juga udah ada yang praktis, macam di superbike yang tinggal puter mur-nya aja, atau ala Kopling Hidraulik BMW yang juga model tuas. Nyetel kopling jadi lebih gampang dah. Beberapa rekan yang punya motor nakedbike juga udah memgaplikasi tuas kopling ER6n di motornya, ya lumayan, dan emang gak terlalu mahal kok.

Oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah!

4 COMMENTS

  1. harga berapa om van???ntu bisa beli tuas nya doang ato mest beli sepaket sama yg di baut ke stang???sorry oot nih.

    eh mana artikel aspira premio sportivonya nih??? ane masih nahan2 g beli tu ban nunggu rview dari blog ini dlu hehehehe

  2. Saya pake fullset master kop hidrolik dan master remnya juga
    Dua duanya ada setelannya tapi jarang saya gonta ganti..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here