Suzuki GSX-R150 VS Honda CBR150, Komparasi Performa dan Polling

22

Sobat MMBlog sekalian, ngelanjutin artikel komparasi desain dan polling dua motor baru sport 150 CC DOHC Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150 (KLIK) sekarang MMBlog mau ngebahas mengenai performa keduanya. Nah! Ini motor boleh sama-sama menganut mahzab DOHC, tapi jelas sekali perbedaan kondisi pistonnya. Suzuki GSX-R150 adalah DOHC Overbore, sedangkan Honda CBR150R adalah DOHC Near Square (kalau enggak mau dibilang DOHC Overstroke). Lalu gimana bedanya Mas?

Sebelumnya, silahkan temen-temen baca link di bawah ini

Test Ride dan Review Honda All New CBR150R 2016, Sportbike Harian! Enak dan Bikin Ketagihan!

Dan juga

Test Ride Suzuki GSX-R150 & Review di Sirkuit Sentul, Truly and Definitly GSX-R! #1

Bukan apa-apa, hanya pengen ngerefresh kalau MMBlog udah pernah jajal kedua motor ini secara real dan nyata masbro, hehe. Pertama, MMBlog akan menguraikan performa dari Honda CBR150R. DOHC Near Square, nampaknya AHM pengen banget bikin DOHC yang mentul-mentul di putaran bawah menengah, karena kenyataannya memang begitu. Honda CBR150R punya power bawah dan menengah yang kuat, nampol, dan njengaattzz! Nyuuutt-nyuuttt-nyuuutt! Tendangan torsinya berasa sekali. Namun demikian, bukan berarti gak ada tapinya nih. ini motor cepet banget kecekik limiternya. Di rpm 10.500, motor udah berasa banget di cekik mesin jadi menderu β€œ

ngung… ngung… ngung… ngung” serta merta pula kecepatan berkurang. Napas per gigi juga standar masbro, tapi untuk meraih kecepatan dari 0-100 km/jam, udah okeh. Gigi 3-nya sampai 91 km/jam

Lalu gimana dengan Suzuki GSX-R150? Completely DOHC Overbore! Tarikan bawah memang gak semelenting Honda CBR150, tapi begitu rpm melewati angka 10.000, udah deh, untuk rolling speed dan berakselerasi, ini motor juaranya. Napasnya begitu panjang, limiter di adain dengan mau-mau enggak-enggak oleh suzuki di RPM 13.000 πŸ˜† , iya mulai kecekiknya di rpm segitu! Itupun kecekiknya kayak enggak kecekik, melainkan speednya aja yang udah enggak nambah. Gigi lima motor ini adalah gigi yang paling puanjaaang! Napasnya kayak enggak abis-abis, ini kondisi standar, gimana kalau dioprek lagi? Gigi 3-nya sampai 110 km/jam.

Kedua motor, punya karakteristiknya masing-masing masbro. Yang satu enak banget buat perkotaan yang macet, yang satu enak juga untuk tarik-tarikan sehingga dapat memuaskan dahaga speed freak! Lalu gimana menurutmu Sob? DOHC Near Square yang jengat di putaran bawah? Atau DOHC Overbore yang punya safe limit di 13 ribu RPM? Hmm, silahkan di klik aja pollingnya yah!

 

22 COMMENTS

  1. Yaa jelas gsx lah kang udahh power gausah diraguin handling?? Wahh yaa yg tau handling keluarga gsx pasti ga banyak bacot kaya fansboy wkwk
    Maap kate yee fbh πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. CBR ??, Harga terlampau mahal karena minim fitur, tapi after sales terjamin,
    GSX ??, Harga menggoda, kualitas suzuki udah ga diragukan, after sales nya bingung, dealer nya aja udah susah dicari,

    Bingung milihnya,

  3. Mau overstroke ato overbore sami mawon gan..
    Yg jelas tinggal kualitas pengendara.
    Lagian di jalan raya skrg padat banget arus lalin,jd kl mo nekat over limit ya monggo resiko tanggung sendiri. Wkkkk
    Ada lebih dan kurangnya adl wajar gan..,jadi tinggal selera.
    After sales yg punya sayap yg bisa terbang tinggi.
    Karakter mesin juga berbanding lurus dg strategi marketing.
    Suwun gan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here